Raba The Great Abundant

Raba The Great Abundant

Pdt. Petrus Agung :

1 Tawarikh 20:1-3
Apa yang ditulis disini nanti dilengkapi di kitab yang lain. Pada waktu israel lawan Amon, sedang mengepung kota raba. Arti Raba = Great / Abundant (Besar/Limpah).  Pada pergantian tahun, israel sedang mengepung kota yang artinya besar/limpah. Siapa yang ingin menikmati hal yang besar dan limpah dari Tuhan?
Pada waktu Yoab memerangi kota itu, sudah hampir runtu. Yoab panglima yang hebat, loyal kepada raja, cuma tidak mau kalah dengan orang lain tetapi juga bunuh pesaingnya.
Apa yang terjadi pada ayat 1 dan 2 ? Daud muncul dan memakai mahkota musuh.
2 Samuel 12:26-31 - Menjelang rubuhnya kota raba (menjelang great dan abundant direbut israel).
Siapa yang berperang, merebutnya sesuatu dan dia menang, orang itu menjadi nama orang tersebut. Yoab tau diri, Jika yoab melanjutkan peperangan langsung selesai maka kota raba menjadi kota yoab, dan dia tidak mau, harus menyebut Raja Daud, yang sedang berkubang dengan dosanya, yang seolah tidak peduli dengan tentaranya. Makanya yoab berkata ke daud, kumpulkanlah sisa tentara, kepung dan rebut kota itu. supaya jangan nama ku menjadi nama kota itu. 
Orang yang berperang, merebut sesuatu, dan menang, maka orang itulah yang mendapat reward.
Daud mempunyai panglima yang tau diri. apa jadinya yoab seperti absalom dan mencoba mencari popularitasnya.


 1. Jangan malas.
Hari-hari ini pergantian Tahun, jangan malas, sesuatu yang harus dikerjakan.

Lalu Daud mengumpulkan sisa pasukannya. karena pasukan utamanya dibawa Yoab dan memenangkan pertempuran. Mengumpulkan = satu-demi-satu dibawa/kumpulkan, dan dari sisa itu dia berperang dan menang. dengan sisa pasukan itu dia berperang dan menang.
Kemalasan membuat suatu yang besar menjadi tidak kita dapat. Tidak lagi anak Tuhan yang malas.
Pengusaha naikan target, hitung benar cost-mu berapa, penjualan berapa. Sering kali karena kita malas. Pada awal Tahun ada great dan abundant, tapi "raba"-mu tidak bisa didapatkan. Ambil dengan kuat raba-mu. Jangan biarkan kita hanya melihat orang lain diberkati. Suatu kemalasan tapi ditutupi kemalasan, bahaya sekali. Ada waktunya perlu melakukan profetis, tapi harus keluar dan nginjak bumi, rebut kota raba satu per satu (bekerja). Kalau kerjaanmu cuma menanti Tuhan diatas atap, yang datang kucing bukan TUHAN.
Berbahagialah hamba yang sedang melakukan pekerjaannya sewaktu Tuhan datang.
Ini waktunya tuntaskan pekerjaan kita.

2. Kesanggupan untuk mengubah/transformasi.
2 samuel 12:31
dipaksanya bekerja = to transform into (mengubahnya menjadi)
Apa yang menjadi ancaman diubah menjadi suatu potensi untuk kemakmurannya. 
Apa yang selama ini menjadi kemalangan jadi sesuatu untuk membangun umat Tuhan.
Pada awal/pergantian tahun ini : Tuhan memberikan kesanggupan untuk mentransform (kutuk jadi berkat, halangan jadi sumber-sumber keajaiban untuk memberkati kita)


3. Memberi Warisan / Legacy
1 Tawarikh 20:4-8
Apakah yang membunuh 3 raksasa itu adalah Daud? Yang membunuh bukan Daud tapi alkitab mengatakan yang membunuh adalah Daud dan orang-orangnya. Inilah yang dinamakan warisan (legacy). 
Warisan Daud sebagai pembunuh raksasa turun/transfer ke anak buahnya. 
Kita punya kewajiban untuk didik anak dan anak buah. Legacy-nya sampai ke bawah.

Komentar

Postingan Populer