Tirai Terbelah

TIRAI TERBELAH
Kotbah Pdt Petrus Agung & Ev Iin Tjipto

Markus 15 : 33-39
Pada jam dua belas, kegelapan meliputi seluruh daerah itu dan berlangsung sampai jam tiga. Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eloi, Eloi, lama sabakhtani?”, yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? Mendengar itu, beberapa orang yang berdiri di situ berkata: “Lihat, Ia memanggil Elia.” Maka datanglah seorang dengan bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta berkata: “Baiklah kita tunggu dan melihat apakah Elia datang untuk menurunkan Dia.” Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya. Ketika itu tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah. Waktu kepala pasukan yang berdiri berhadapan dengan Dia melihat mati-Nya demikian, berkatalah ia: “Sungguh, orang ini adalah Anak Allah!”
Kekristenan adalah “ Allah mencari manusia, Allah yang berinisiatif .”Tabir bait suci terbelah dari atas ke bawah, Tuhan turun kedunia mencari yang terhilang.
Ada TUJUAN yang luar biasa yang Tuhan lakukan dan GENAPI melalui hidup kita.
Tuhan mencari manusia dan menemukan kita , semua usaha manusia mencari Allah sia-sia,KESELAMATAN adalah ANUGERAH. 
Tirai terbelah berarti Tidak ada lagi yang dapatMEMISAHKAN HUBUNGAN umatNya dengan Allah.
Tuhan mau SEMUA TIRAI didalam hidup kita terbelah, hidup kitaTRANSPARAN dihadapan Allah, kita hidup BERSAMA-SAMA dengan Allah.
Setiap KETIDAKTAATAN, DOSA dan PEMBERONTAKAN menjadiSELUBUNG didalam hidup kita.
“Katakan kepada dosa, ketidaktaatan dan kesombongan, semuanyaSUDAH SELESAI!” 
Kesaksian ibu iin cipto : pada suatu kali ibu Iin mendapat penglihatan, Tuhan Yesus mendatangi dan berlutut dihadapan ibu Iin untuk mengenakan sebuah sepatu kepada ibu Iin, bu Iin menjadi sungkan dan bertanya kepada Tuhan, apa maksudnya?, Tuhan berkata ketika Ia hidup didunia 2000 tahun yang lalu, ia berkeliling melayani jiwa-jiwa, sekarang adalah waktunya kamu yang melakukan, Sepatu ini adalah SEPATU KERELAAN, “Hati yang rela melayani Tuhan dan Jiwa –jiwa.” 
Nikmati Tuhan dalam dimensi yang berbeda. Mengalir dan bergerak bersama Tuhan, buang konsep lama kita cara berpikir yang tidak sesuai dengan firman Tuhan!
Ibrani 9:3-5 
Di belakang tirai yang kedua terdapat suatu kemah lagi yang disebut tempat yang maha
kudus. Di situ terdapat mezbah pembakaran ukupan dari emas, dan tabut perjanjian,
yang seluruhnya disalut dengan emas; di dalam tabut perjanjian itu tersimpan buli-
buli emas berisi manna, tongkat Harun yang pernah bertunas dan loh-loh
batu yang bertuliskan perjanjian, dan di atasnya kedua kerub kemuliaan
yang menaungi tutup pendamaian.
Tetapi hal ini tidak dapat kita bicarakan
sekarang secara terperinci.

Terdapat tiga benda didalam tabut perjanjian : 
1. MANNA
Manna adalah firman Tuhan, sering kali kita umat Tuhan didalam hidup ini, tidak dapat menikmati firman Tuhan, Keintiman dan Kegerakan yang sedang berlangsung.
Jangan kita kehilangan HAK KESULUNGAN!, seperti Esau, Kehilangan yang TERBAIK yang TUHAN JANJIKAN dan sedang diGENAPI didalam hidup kita.
Bangsa Israel BOSAN denganMANNA dan memilih daging. 
Keluaran 16:11-13
Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Aku telah mendengar sungut-sungut orang Israel; katakanlah kepada mereka: Pada waktu senja kamu akan makan daging dan pada waktu pagi kamu akan kenyang makan roti; maka kamu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, Allahmu.” Pada waktu petang datanglah berduyun-duyun burung puyuh yang menutupi perkemahan itu; dan pada waktu pagi terletaklah embun sekeliling perkemahan itu.
Bukankah kita sering BOSAN dalam membaca, merenungkan firman Tuhan sambil menunggu penggenapan janji-janji Tuhan didalam hidup kita.
MANNA adalah roti dari surga 
Yohanes 6:31, Nenek moyang kami telah makan manna di padang gurun, seperti ada tertulis: Mereka diberi-Nya makan roti dari sorga.” 
“Bukankah kita sering BANGUN KESIANGAN dalam menantikanFirman Tuhan dipagi hari?”
Keluaran 16:13-15,
dan pada waktu pagi terletaklah embun sekeliling perkemahan itu. Ketika embun itu telah menguap, tampaklah pada permukaan padang gurun sesuatu yang halus, sesuatu yang seperti sisik, halus seperti embun beku di bumi. Ketika orang Israel melihatnya, berkatalah mereka seorang kepada yang lain: “Apakah ini?” Sebab mereka tidak tahu apa itu. Tetapi Musa berkata kepada mereka:“Inilah roti yang diberikan TUHAN kepadamu menjadi makananmu.
Firman Tuhan harus menjadiPRIORITAS UTAMA hidup kita
Keluaran 16:18-20,
Ketika mereka menakarnya dengan gomer, maka orang yang mengumpulkan banyak, tidak kelebihan dan orang yang mengumpulkan sedikit, tidak kekurangan. Tiap-tiap orang mengumpulkan menurut keperluannya. Musa berkata kepada mereka: “Seorangpun tidak boleh meninggalkan dari padanya sampai pagi.” Tetapi ada yang tidak mendengarkan Musa dan meninggalkan dari padanya sampai pagi, lalu berulat dan berbau busuk.Maka Musa menjadi marah kepada mereka.
Manna dapat Berulat dan berbau busuk, hal itu disebabkan bangsa Israel tidak segera memakannya dan meninggalkan sampai pagi.
Makna rohani dari Manna berulat adalah Setiap firman Tuhan yang bercampur dengan KETIDAKTAATAN,ambisi dan ego pribadi akan membuat Tuhan TIDAK BERKENAN.
KEGERAKAN TUHAN ada WAKTUNYAjangan sampai kita TERLEWATKANtanpa mengalami LAWATAN Tuhan!
Tabir pertama yang harus dikoyakan didalam hidup kita adalah KETIDAK MENGERTIAN kita akan KEHENDAK ALLAH, kesesatan dan kejahatan kita!
KERUB KEMULIAAN
Kerub adalah KENDARAAN TUHAN.Anda memiliki kesempatan untuk menjadi Kerub kemuliaan.
Pertanyaannya adalah “ Apakah anda bisa DIPERCAYA oleh Tuhan?”
Untuk dapat dipercaya milikilah HATI HAMBA dan KERENDAHAN HATI
“ Maukah anda di tunggangi Oleh Tuhan sebagai kendaraanNya? “
Izinkan Tuhan yang kendalikan hidup anda!

2. TONGKAT HARUN
Bertunas dan berbuah badam, buah badam di Israel dikenal sebagai The Wicker artinya : yang membangkitkan buah yang lain.
Untuk dapat mengalami hidup yang bertunas dan berbuah, kita harus senantiasa hidup didalam HADIRAT TUHAN dan MENYALIBKAN EGO kita.
Jika kita senantiasa MEMIKUL SALIBdan menyangkal diri, Tuhan akan menghasilkan PERCEPATAN didalam hidup kita untuk menggenapi semua rencanaNya.
SEKARANG adalah waktu“PERCEPATAN TUHAN“, tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!
Pikul salib Tuhan SETIAP HARI dan senantiasa hidup didalam HADIRAT TUHAN!

3. DUA LOH BATU
dual loh batu yang bertuliskan perjanjian Tuhan tersimpan didalam tabut. Dua loh batu adalah firman Tuhan.
Firman Tuhan memiliki KUASA jika DIHIDUPI oleh Roh Tuhan, tanpa Roh Kudus Firman Tuhan hanyalah huruf-huruf yang mati.
2Korintus 3:6,
Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan.
Firman Tuhan harus diperkatakan/ditabur didalam hadirat Tuhan.
Miliki gaya hidup yang senantiasa MENTAATI firman Tuhan

Komentar

Postingan Populer