Gihon : Terobosan

Gihon : Terobosan

Ev. Nany Susanty

Ark Of Christ, 4 April 2016

 


Apa yang sudah engkau mulai dari awal, pertahankan semuanya. Jangan merasa lelah, jangan merasa bosan, jangan merasa biasa. Tuhan sudah sediakan semuanya. Sudah waktunya kita masuk dan meraih semuanya, ini Yobel Besar. Ini awal yang sangat baik. Apa yang engkau lakukan saat ini menyenangkan hati Tuhan, menyentuh hati Tuhan. Jangan hanya sekali, tapi terus pertahankan, maka akan terjadi terobosan yang luar biasa. Terobosan itu sudah disediakan, tapi seringkali kita tidak mengerti bagaimana caranya masuk dan mengalami terobosan itu.

Gihon itu artinya terobosan, breakthrough. Tuhan sudah sediakan breakthrough untuk kita, tapi baru sedikit yang mengalami. Tuhan Yesus sudah mengalami breakthrough ketika Ia mengalahkan kematian. Kuasa kebangkitan adalah breakthrough.

Kejadian 2:8
8: Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu. 

Sebelum Tuhan menciptakan manusia, Tuhan sudah membuat Eden. Arti Eden itu adalah kenikmatan, dan daerah kenikmatan, daerah sukacita ini Tuhan tarun di dunia untuk manusia. Lalu di sebelah timur Eden ini Tuhan buat taman.

Kejadian 2:9
9: Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.

Tuhan sudah menyediakan semuanya sebelum manusia diciptakan. Sebelum terjadi semuanya, sebelum terjadi lawatan, Tuhan itu pasti sudah menyediakan tempat. Sebenarnya ketika engkau lahir, sebelum engkau lahir pun Tuhan sudah menyediakan segala sesuatu. Sebagaimana keluarga ketika akan memiliki anak, ayah ibu bahkan nenek atau kakeknya pun pasti sudah menyediakan semuanya untuk si bayi. Mereka yang di dunia saja menyediakan semuanya untuk menyongsong si bayi, apalagi Bapa di surga? Percaya Bapa kita yang di surga sudah menyediakan semuanya.

Kejadian 2:10
10: Ada suatu sungai mengalir dari Eden untuk membasahi taman itu, dan dari situ sungai itu terbagi menjadi empat cabang. 

Ada sungai mengalir dari Eden untuk membasahi taman itu, tanahnya sangat subur! Arti dari Gihon itu terobosan. Sebenarnya daerah kita, rumah kita, usaha kita, pelayanan kita itu sudah ada di taman itu dan salah satunya sudah ada sungai Gihon, dan artinya kita itu sudah pasti menerima aliran terobosan!

Kejadian 2:11-13
11: Yang pertama, namanya Pison, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Hawila, tempat emas ada.
12: Dan emas dari negeri itu baik; di sana ada damar bedolah dan batu krisopras.
13: Nama sungai yang kedua ialah Gihon, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Kush.

Kush sekarang itu adalah Ethiopia. Tapi justru yang terjadi sekarang di sana itu sangat miskin, gersang, rumahnya jelek, pakaiannya jelek. Ratu Syeba dari sini melakukan perbuatan yang tidak benar, dia mengambil tabut, sehingga bangsanya menjadi seperti sekarang. Jaga hidup kita, maka kita akan mengalami aliran Sungai Gihon. Sebenarnya Tuhan itu sudah menyediakan kenikmatan, terobosan, dan semuanya untuk kita, tapi kenapa sekarang hilang?

Tuhan sudah kembalikan semuanya dengan kematianNya di kayu salib, jadi tinggal kita menikmati, namun masih banyak yang belum bisa menikmati. Salah satunya kenapa tidak mengalami terobosan adalah karena kurang percaya. Kalau engkau punya iman sebesar biji sesawi saja bisa memindahkan gunung. Yang mustahil menjadi tidak mustahil! Sungai Gihon mengaliri taman.

Kurang percaya itu seperti apa?

Lukas 24:13
13: Pada hari itu juga dua orang dari murid-murid Yesus pergi ke sebuah kampung bernama Emaus, yang terletak kira-kira tujuh mil jauhnya dari Yerusalem,

Pada hari itu juga adalah pada hari kebangkitan. Ini murid Tuhan Yesus, tapi bukan rasul. Kemungkinan ini 2 dari 70 murid Tuhan, tapi statusnya sudah murid, bukan jemaat biasa. Murid ini levelnya sudah cukup tinggi, mereka sudah tahu dan mengerti tentang Tuhan, dari hidup sampai matinya mereka tahu, tapi kenapa mereka meninggalkan Yerusalem atau dalam kata lain meninggalkan kebangkitan? Ketika engkau sudah melihat semua yang ajaib, apa reaksi dan responmu? Apakah engkau meninggalkannya? Kenapa mereka meninggalkan Yerusalem padahal mereka tahu ada yang ajaib di Yerusalem?

Emaus itu artinya kolam susu atau kolam air hangat. Biasanya kalau orang capek, akan bisa pergi ke kolam susu spa, dan kedua murid ini artinya melepaskan kepenatan dengan kenikmatan daging.

Lukas 24:14
14: dan mereka bercakap-cakap tentang segala sesuatu yang telah terjadi.

Jangan hanya bercakap-cakap atau berdiskusi, tapi kejar, dan alami! Bina hidupmu keluar untuk menyampaikan sesuatu.

Lukas 24:15-16
15: Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar pikiran, datanglah Yesus sendiri mendekati mereka, lalu berjalan bersama-sama dengan mereka. 
16: Tetapi ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia. 

Kenapa kuasa kebangkitan, terobosan, breakthrough tidak bisa kita alami dengan full? Karena ada yang menjadi penghalang di mata kita, yaitu kurang percaya. Terlalu banyak teori. 

Lukas 24:17-19
17: Yesus berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu percakapkan sementara kamu berjalan?" Maka berhentilah mereka dengan muka muram. 
18: Seorang dari mereka, namanya Kleopas, menjawab-Nya: "Adakah Engkau satu-satunya orang asing di Yerusalem, yang tidak tahu apa yang terjadi di situ pada hari-hari belakangan ini?"
19: Kata-Nya kepada mereka: "Apakah itu?" Jawab mereka: "Apa yang terjadi dengan Yesus orang Nazaret. Dia adalah seorang nabi, yang berkuasa dalam pekerjaan dan perkataan di hadapan Allah dan di depan seluruh bangsa kami.

Mereka hanya mengenal Yesus sebagai seorang nabi.

Lukas 24:20-21
20: Tetapi imam-imam kepala dan pemimpin-pemimpin kami telah menyerahkan Dia untuk dihukum mati dan mereka telah menyalibkan-Nya. 
21: Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi.

Mengharapkan itu artinya tidak percaya. Mereka hanya mengenal Yesus sebagai nabi dan pembebas. Kalau engkau berkata Tuhan itu karena Tuhan menyembuhkan, lalu Tuhan membebaskan hutang, pengenalanmu kurang kepada Tuhan. Pengenalan yang kurang kepada Tuhan itu tidak akan bisa membawa terobosan.

Lukas 24:22-24
22: Tetapi beberapa perempuan dari kalangan kami telah mengejutkan kami: Pagi-pagi buta mereka telah pergi ke kubur, 
23: dan tidak menemukan mayat-Nya. Lalu mereka datang dengan berita, bahwa telah kelihatan kepada mereka malaikat-malaikat, yang mengatakan, bahwa Ia hidup. 
24: Dan beberapa teman kami telah pergi ke kubur itu dan mendapati, bahwa memang benar yang dikatakan perempuan-perempuan itu, tetapi Dia tidak mereka lihat."

Mereka sudah mendengar semuanya, tapi mereka tidak melihat. Pengenalan mereka sangat dangkal. Kita harus mendapatkan sesuatu yang lebih lagi! Sembah Dia karena semua all about You. Jangan mengenal Yesus sebagai yang menyembuhkan atau membebaskan hutang, tapi kenal Dia sampai engkau berkata all about You, Jesus.

Lukas 24:25
25: Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi!

Mereka hatinya lamban, artinya sangat lambat. Jangan lamban. Responi, kenal Tuhan sampai level all about You, dan itu yang akan membuatmu mengalami terobosan.

Lukas 24:26-27
26: Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?"
27: Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi.

Apa yang diceritakan Yesus? Pengenalan mereka terlalu lamban, karena mereka hanya mengenal Dia sebagai nabi dan pembebas, padahal Dia itu Mesias yang harus menebus dosa manusia, barulah mata mereka terbuka.

Lukas 24:28-29
28: Mereka mendekati kampung yang mereka tuju, lalu Ia berbuat seolah-olah hendak meneruskan perjalanan-Nya.
29: Tetapi mereka sangat mendesak-Nya, katanya: "Tinggallah bersama-sama dengan kami, sebab hari telah menjelang malam dan matahari hampir terbenam." Lalu masuklah Ia untuk tinggal bersama-sama dengan mereka.

Kenapa Tuhan Yesus mau tinggal dengan mereka? Karena hati mereka sudah tidak lamban lagi, mereka bertobat.

Lukas 24:30-31
30: Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka.
31: Ketika itu terbukalah mata mereka dan merekapun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka.

Ketika Tuhan sudah selesai bercerita dll, dan ketika mereka melihat Tuhan memecahkan roti, mereka ingat kalau itu adalah Yesus, dan saat itulah mata mereka terbuka. Saat engkau mengenal Tuhan yang sesungguhnya, saat itulah matamu terbuka dan engkau akan menerima terobosan.

Lukas 24:32-35
32: Kata mereka seorang kepada yang lain: "Bukankah hati kita berkobar-kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Suci kepada kita?"
33: Lalu bangunlah mereka dan terus kembali ke Yerusalem. Di situ mereka mendapati kesebelas murid itu. Mereka sedang berkumpul bersama-sama dengan teman-teman mereka. 
34: Kata mereka itu: "Sesungguhnya Tuhan telah bangkit dan telah menampakkan diri kepada Simon."
35: Lalu kedua orang itupun menceriterakan apa yang terjadi di tengah jalan dan bagaimana mereka mengenal Dia pada waktu Ia memecah-mecahkan roti.
Ketika mereka sudah mengalami Tuhan, mengenal Tuhan, dan berkata all about You, mereka tidak mengenal lelah atau capek, mereka kembali ke Yerusalem dan tidak jadi ke Emaus, tidak jadi menikmati kenikmatan daging, semua karena all about You, Jesus. Kalau engkau miliki hati ini, terobosan akan terjadi. Sungai Gihon sudah disediakan sebelum manusia diciptakan. Tuhan sudah sediakan terobosan.


By: Ev. Daniel Krestianto

Ini bukan sesuatu yang main-main. Salomo itu diurapi di Sungai Gihon, ditahbiskan jadi raja. Kenapa hidupnya penuh kelimpahan, karena dia diurapi di sana. Di sungai itu ada terobosan, kelimpahan. Bagi yang percaya, itu akan terjadi, tidak ada penundaan. Percaya! Karena sudah waktunya!

Ini memang hak kita, dan ini yang memang sudah Tuhan sediakan untuk kita, pasti terjadi! Mari kita benar-benar percaya. Biar ini terus naik, terus naik. Tuhan sudah menyediakan segala sesuatu untuk kita. Ingini dan kejar sampai dapat, ambil!


Komentar

Postingan Populer