Immanuel

Immanuel
Pdt. Petrus Agung Purnomo


Hasil gambar untuk Immanuel

Yesaya 7 :10-23
Pemberitaan mengenai Imanuel
7:10 TUHAN melanjutkan firman-Nya kepada Ahas, kata-Nya: 7:11 "Mintalah suatu pertanda a  dari TUHAN, Allahmu, biarlah itu sesuatu dari dunia orang mati yang paling bawah atau sesuatu dari tempat tertinggi b  yang di atas." 7:12 Tetapi Ahas menjawab: "Aku tidak mau meminta 4 , aku tidak mau mencobai c  TUHAN." 7:13 Lalu berkatalah nabi Yesaya: "Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! d  Belum cukupkah e  kamu melelahkan f  orang, sehingga kamu melelahkan Allahku g  juga? 7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: h  Sesungguhnya, seorang perempuan muda i  mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, j  dan ia akan menamakan Dia Imanuel 5 . k  7:15 Ia akan makan dadih l  dan madu m  sampai ia tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik, 7:16 sebab sebelum anak itu tahu n  menolak yang jahat dan memilih yang baik, o  maka negeri yang kedua rajanya engkau takuti akan ditinggalkan kosong. p  7:17 TUHAN akan mendatangkan atasmu dan atas rakyatmu dan atas kaum keluargamu hari-hari seperti yang belum pernah datang sejak Efraim menjauhkan diri q  dari Yehuda--yakni raja Asyur. r " 7:18 Pada hari itu s  akan terjadi: TUHAN bersuit t  memanggil lalat yang ada di ujung anak-anak sungai Nil, dan memanggil lebah yang ada di tanah Asyur. u  7:19 Dan semuanya akan datang hinggap di lembah-lembah yang terjal dan di celah-celah v  bukit-bukit batu, di segala pagar duri w  dan di segala tanah penggembalaan. 7:20 Pada hari itu x  dengan y  pisau cukur yang dipinjam dari seberang sungai Efrat, z  yakni raja Asyur, a  Tuhan akan mencukur kepala dan bulu paha, bahkan b  pisau itu akan melenyapkan janggut c  juga. 7:21 Pada hari itu d  setiap orang akan memiara seekor lembu betina yang muda dan dua ekor domba, e  7:22 dan karena banyaknya susu yang dihasilkan, mereka akan makan dadih; f  sungguh, dadih g  dan madu akan dimakan oleh setiap orang yang masih tinggal di dalam negeri. 7:23 Pada hari itu h  setiap tempat, di mana biasanya tumbuh seribu pohon anggur dan yang berharga seribu syikal perak, i  akan menjadi tempat puteri malu dan rumput. j  7:24 Orang pergi ke sana terpaksa membawa anak-anak panah dan busur, sebab puteri malu k  dan rumput belaka seluruh negeri itu. 7:25 Dan engkau tidak berani pergi ke segala lereng l  gunung yang biasanya dicangkul, karena takut akan puteri malu dan rumput; m  di situ hanya lembu dan domba akan berkeliaran. n 

Hari ini kita akan belajar mengenai Tuhan Beserta kita Immanuel, seperti yang dinyatakan lewat perantaraan Nabi Yesaya dalam Yesaya 7 :14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: h  Sesungguhnya, seorang perempuan muda i  mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, j  dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

Immanuel artinya God With Us, Allah Bersama dengan kita ! Maka Kelahiran Tuhan Yesus Kristus Menggenapi akan Janji itu. Rasul Yohanes berkata : ” Firman itu telah menjadi manusia 1 , u  dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, v  yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia w  dan kebenaran. x 

Kelahiran Tuhan Yesus ke dunia, membuka sebuah babakan baru dalam sejarah umat manusia. Kini bukan hanya Bait Suci di Yerusalem dan Tabut Perjanjian saja tempat Dia menyatakan dan memanifestasikan kehadiran dan kemuliaanNya. Alkitab berkata “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah 1  k  dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? l “  (1 Korintus 3:16)

Sejak Yesus datang ke dunia, Dia mati dan bangkit kembali, naik ke surga yang mulia, dan mengirimkan RohNya yang kudus kepada kita, maka setiap oramg yang percaya kepadaNya bisa berkata :, “Immanuel, God with us, Allah bersama dengan kita”.

Lewat Roh Kudusnya, hadirat dan kemuliaanNya kini menjadi bagian dari hidup kita yang tak terpisahkan. Didalam Perjanjian Baru, beberapa kali Alkitab mencatat, bahwa Hadirat Tuhan yang dinyatakan kepada jemaat sedemikian nyata, bahwa secara fisik dapat dirasakan. Lewat RohNya Allah melawat umatNya secara luar biasa.

Pertama-tama terjadi pada saat pencurahan Roh Kudus di Yerusalem pada hari raya Pentakosta : Kisah 2:1-4
Pentakosta
2:1 Ketika tiba hari Pentakosta 1 , t  semua orang percaya berkumpul u  di satu tempat. 2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; v  2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. 2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus 3 , w  lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain 4 , x  seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Hadirat Tuhan dimanifestasikan lewat seperti suatu bunyi tiupan angin keras dan lidah-lidah seperti nyala api !

Pengalaman kedua terjadi waktu jemaat sedang berdoa, “Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah j  tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus 1 , k  lalu mereka memberitakan firman Allah l  dengan berani 2 . m " Kisah 4 : 31. Alkitab menyatakan, tempat mereka berkumpul, bergoyang, ketika HadiratNya dinyatakan ! Bahkan Alkitab mencatat bagaimana bayang-bayang Petrus dipakai Tuhan untuk menyembuhkan orang-orang sakit. Demikian juga saputangan serta kain yang pernah dipakai Paulus, digunakan sebagai sarana untuk mendoakan yang sakit dan kerasukan setan ! Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah bagaimana muka Stefanus menjadi sama seperti muka seorang Malaikat ! Semuanya adalah bukti bagaimana Hadirat Tuhan yang dimanifestasikan didalam hidup anak-anakNya !

Alkitab menyatakan, “2 Corinthians 13:14

Amplified Bible (AMP)
14 The grace (favor and spiritual blessing) of the Lord Jesus Christ and the love of God and the presence and fellowship (the communion and sharing together, and participation) in the Holy Spirit be with you all. Amen (so be it).”

Hadirat dan Persekutuan didalam Roh Kudus ada bersama kita, kata Rasul Paulus !

Bukan hanya itu karena RohNya tinggal dalam hidup kita, Paulus menyatakan dengan lebih tegas lagi akan apa yang bisa kita terima dari Tuhan, yakni : “dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. l  Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi m  di dalam seluruh kepenuhan Allah. n    (Efesus 3:19) Kata kepenuhan Allah oleh Alkitab Versi Amplified Bible diterangkan sebagai : “May have the richest measure of the divine presence and become a body wholly filled and flooded with God Himself.”

“Yaitu : ukuran yang paling kaya dari Hadirat Ilahi dan dipenuhi serta dibanjiri oleh Allah sendiri ! Pada saat itu terjadi maka apa yang dinubuatkan pada kitab Nabi Yehezkiel akan tergenapi. Orang akan berkata : “Jehovah Shammah, Jehovah is there, Allah Jehovah Hadir disini, disitu, hadir didalam dan lewat kehidupan kita.”

Perjanjian Allah tentang KehadiranNya bukan hanya berupa simbol dan nama melainkan kehadiran yang nyata dan yang memiliki kuasa mengubah hidup kita.

Tidak berarti bahwa kehadiran itu harus berupa penampilan fisik seperti di Perjanjian Lama namun kehadiran dan lawatanNya atas hidup kita dan gerejaNya, seharusnya sedemikian nyata sehingga orang-orang berkata : Allah Hadir Disitu.

Mengapa realita Kehadiran Tuhan begitu penting dalam hidup kita ? Mengapa Simbol-Simbol KehadiranNya saja tidak Cukup ?
Jatiwangi, 9 April 2016
By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat S                                                                           

Komentar

Postingan Populer