Yesus Adalah Pokok Anggur (Tina Astari)



Ibadah Raya Pagi Via Streaming

JKI Injil Kerajaan
Minggu, 3 April 2016

Yesus Adalah Pokok Anggur

Ibu Tina Astari Purnomo

Bilangan 13 : 24 Tempat itu dinamai orang lembah Eskol, karena tandan buah anggur yang dipotong orang Israel di sana.

Kata Eskol dari Bahasa Ibraninya Tandan Buah Anggur. Eskol, Ibrani: אֶשְׁכֹּל - 'ESKOL, artinya: Tandan (Buah Anggur)
    Bilangan 13:24
    LAI TB, Tempat itu dinamai orang lembah Eskol, karena tandan buah anggur yang dipotong orang Israel di sana.
    KJV, The place was called the brook Eshcol, because of the cluster of grapes which the children of Israel cut down from thence.
    Hebrew,
    לַמָּקֹום הַהוּא קָרָא נַחַל אֶשְׁכֹּול עַל אֹדֹות הָאֶשְׁכֹּול אֲשֶׁר־כָּרְתוּ מִשָּׁם בְּנֵי יִשְׂרָאֵל׃
    Translit, LAMAQOM HAHU QARA NAKHAL 'ESH'KOL 'AL 'ODOT HA'ESH'KOL 'ASHER-KAR'TU MISYAM BENEY YISRA'EL

Dari lembah Eskol inilah mata-mata Israel membawa setandan besar buah anggur, dan kebun-kebun anggur di daerah ini masih terkenal karena buah anggurnya yang berkualitas tinggi (Bilangan 13:23-24; 32:9; Ulangan 1:24). Wadi itu mungkin dinamai demikian karena pengalaman mata-mata Israel ketika melewati daerah ini.

Menurut Ilmu Kesehatan Buah Anggur mempunyai Kadar Gula Yang Tinggi dan sebagai sumber Antioksidan yang sangat tinggi.

2 Tawarikh 11:11  Ia memperkokoh kota-kota kubu itu dan menempatkan di situ kepala-kepala pasukan dengan persediaan makanan, minyak dan anggur;

Anggur pada waktu dahulu kala di Israel sebagai LAMBANG berkat atau kemewahan atau "kehidupan baik" yang bersifat sementara. Ini dapat merujuk pada hal-hal yang dinilai tinggi oleh orang yang tidak percaya. Atau, bisa dianggap sebagai TIPE berkat-berkat dari masa Injil. Anggur didalam Perjanjian Baru melambangkan Tuhan Yesus sendiri sebagai Pokok Anggur yang benar.

Yohanes 15:1 "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. Tuhan Yesus memberikan contoh bahwa Dia adalah Pokok Anggur yang benar. Buah Anggur itu diperas untuk menghasilkan minuman, hasil air anggur ditentukan oleh hasil pemerasannya. Air Anggur itu manis atau asam. Demikian juga Firman Tuhan adalah Anggur yang kita minum, kita rasakan manis maka kita akan minum dan kalau air anggur itu rasanya asam akan kita buang.
Kita mendengar Firman Tuhan jangan kita melihat siapa yang menyampaikan kotbahnya. Kita harus minta Rhema dari Roh Kudus setiap kali kita mendengarkan Firman Tuhan. Rhema adalah Sepatah Kata dari Tuhan, jika Firman Tuhan itu berbicara kepada kita maka akan membuat perubahan di hidup kita.

Firman Tuhan yang kita dengar setiap hari minggu adalah bekal untuk kehidupan kita selama seminggu dan ditambah dengan pembacaan alkitab kita setiap hari.

Sebelum Pak Petrus Agung Meninggal, saya mengambil kuliah S2 saya berpikir sudah lama otak saya tidak dipakai, saya bertanya sama ibu Grace Karnadhi, jurusan apa dia menjawab S2 jurusan Theologia, saya berpikir saya mampu tidak ? Namun saya semakin bersemangat ketika Shasa mengambil kuliah juga, saya berpikir sambil menemanin Shasa Kuliah.

Kemarin sewaktu ada KKR Youth di Gelora Sritex, Solo saya ada kuliah, namun saya berangkat ke Solo untuk mengikuti acara KKR tersebut, saya melihat ribuan anak muda yang haus akan Firman Tuhan. Saya bersyukur sama Tuhan masih diberi kesempatan untuk melayani anak-anak muda. Gelora Sritex dipenuhi oleh jiwa-jiwa.

Amin

Jatiwangi, 3 April 2016
By His Grace
Joshua Ivan Sudrajat S


Komentar

Postingan Populer