Berkat Panggilan Imam



Berkat Panggilan Imam


Bahan Renungan :
Konteks
61:6 Tetapi kamu akan disebut imam
e  TUHAN dan akan dinamai pelayan Allah kita. Kamu akan menikmati kekayaan f  bangsa-bangsa dan akan memegahkan diri dengan segala harta benda mereka. 61:7 Sebagai ganti bahwa kamu mendapat malu g  dua kali lipat, h  dan sebagai ganti noda dan ludah yang menjadi bagianmu, kamu akan mendapat warisan i  dua kali lipat di negerimu dan sukacita j  abadi akan menjadi kepunyaanmu. (Yesaya 61 : 6-7)

Isaiah 61:6-7 New King James Version (NKJV)
But you shall be named the priests of the Lord,
They shall call you the servants of our God.
You shall eat the riches of the Gentiles,
And in their glory you shall boast.

Instead of your shame you shall have double honor,
And instead of confusion they shall rejoice in their portion.
Therefore in their land they shall possess double;
Everlasting joy shall be theirs.

Isaiah 61:6-7New International Version (NIV)
And you will be called priests of the Lord,
    you will be named ministers of our God.
You will feed on the wealth of nations,
    and in their riches you will boast.
Instead of your shame
    you will receive a double portion,
and instead of disgrace
    you will rejoice in your inheritance.
And so you will inherit a double portion in your land,
    and everlasting joy will be yours.

Isaiah 61:6-7 The Message
6 But you'll have the title "Priests of God," honored as ministers of our God. You'll feast on the bounty of nations, you'll bask in their glory. 7 Because you got a double dose of trouble and more than your share of contempt, Your inheritance in the land will be doubled and your joy go on forever.

Renungan :
Yesaya 61 : 6-7 Versi The Message 6 Tetapi Anda akan memiliki judul " Imam Allah , " dihormati sebagai menteri Allah kita . Anda akan berpesta karunia bangsa , Anda akan berjemur di kemuliaan mereka . 7 Karena Anda mendapat dosis ganda dari kesulitan dan lebih dari share dari penghinaan , warisan Anda di tanah akan dua kali lipat dan sukacita Anda berlangsung selamanya .

Yesaya 61 : 6-7 Versi New International Version ( NIV )
6 Dan Anda akan disebut imam TUHAN ,
    Anda akan diberi nama menteri dari Allah kita .
Anda akan memakan kekayaan negara ,
    dan dalam kekayaan mereka Anda akan membanggakan .
7 Bukannya malu Anda
    Anda akan menerima porsi ganda ,
dan bukannya aib
    Anda akan bersukacita dalam warisan Anda .
Dan sehingga Anda akan mewarisi dua bagian di negerimu ,
    dan sukacita abadi akan menjadi milik Anda .

Yesaya 61 : 6-7 New King James Version ( NKJV )
6 Tetapi kamu akan diberi nama imam TUHAN ,
Mereka akan menghubungi Anda hamba Allah kita .
Anda harus makan kekayaan bangsa-bangsa lain ,
Dan dalam kemuliaan mereka Anda akan membanggakan .

7 Daripada malu Anda, Anda akan memiliki kehormatan ganda ,
Dan bukannya kebingungan mereka akan bersukacita di bagian mereka .
Oleh karena itu di tanah mereka mereka akan memiliki ganda;
sukacita abadi akan menjadi milik mereka .

Entah kenapa hari ini Roh Kudus memberikan ayat dari Yesaya 61:6-7, saya membuka tiga versi yaitu The Message, NIV dan NKJV. Tuhan memanggil kita sebagai Imam Tuhan, panggilan imam disini adalah sebagai pengantara antara Allah dan manusia.
Secara prinsip, tugas dan fungsi Imam terbagi menjadi 4 bagian yaitu
1) Menyampaikan berkat kepada umat (Bil 6:24). Masih dilakukan oleh pemimpin spiritual umat Kristiani sampai dengan sekarang. Disampaikan dengan berbagai tata cara di akhir ibadah.
2) Mengajarkan hukum (Taurat). Karena itu seorang imam harus memahami betul tentang Tôrâ (Taurat). Tetapi rupanya hal ini berdampak negatif dalam zaman Perjanjian Baru. Terdapat perbedaan antara Imam dan Ahli Taurat yang bermaksud untuk memaksimalkan tugas masing-masing namun terjadi kesewenang-wenangan yang dilakukan para Ahli Taurat dengan menambahkan aturan-aturan mereka sendiri ke dalam hukum-hukum Yahudi.
3) Memelihara tradisi kultus bangsa Israel.  Bisa dikatakan Imam sebagai penjaga kesucian ritual umat Israel. Karena imamlah yang bertugas untuk membedakan antara suci dan yang sekular (Imamat 10:10). Perawatan Kemah Sembahyang, termasuk mengangkat barang-barangnya.
4) Berfungsi dalam sistem korban.  Kewajiban seorang Imam dalam sistem korban yang terpenting adalah untuk mengawasi penggunaan darah dalam tata cara pengorbanan. Darah dianggap sakral dan keramat sehingga biasanya darah dituangkan di depan mezbah. (PRAISE # 20 / Pis).

Saat ini kita sebagai orang-orang percaya yang dipanggil dalam panggilan imam mempunyai tugas yang sangat berat, apalagi ketika kita sedang mengalami proses pembentukan dari Tuhan. Seringkali kita merasa capai dan lelah dengan masalah yang kita hadapi.

Seakan tidak ada jalan keluar, kita menanggung beban berat sendirian dan kita tidak bisa melakukan apapun, semua jalan buntu, kita mendapatkan malu walaupun bukan kita yang melakukannya. Seringkali kita bertanya-tanya apa maksud dari Yesaya 61:6-7.

Tuhan menjanjikan kehormatan dua kali lipat dari apa yang sudah kita alami seperti hinaan, ejekan, cemoohan, sindiran dan sebagainya. Kita akan menikmati kekayaan yang ada didalam negara ini dan bahkan kekayaan bangsa-bangsa seperti dalam Yesaya 60:5 Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, v  engkau akan tercengang dan akan berbesar w  hati, sebab kelimpahan x  dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu.

Janji Tuhan buat orang-orang yang masuk dalam panggilan Imam adalah mendapat warisan dan warisan dari negeri yang kita diami dua kali lipat, kita akan dilingkupi dengan kemuliaan Tuhan, kita akan bersukacita dan bergembira karena kita akan menikmati kekayaan bangsa-bangsa.

Sejujurnya sudah beberapa kali saya mendapatkan ayat ini dan seorang teman saya juga mendapatkan ayat ini, secara manusia sudah banyak sekali dia mengalami hinaan, ejekan dan cercaan. Saya ditanya tentang ayat ini kapan kita akan mengalaminya saya juga tidak tahu.

Sejujurnya saya kadang bertanya sama Roh Kudus : “Tuhan kenapa ketika saya menjadi pendoa, saya mendoakan teman saya yang sedang mengalami masalah, menaikkan doa permohonan mereka, Tuhan menjawab segala doa mereka. Bahkan ada banyak kesaksian yang sudah saya terima.

Mereka bersyukur karena melihat pertolongan Tuhan atas hidup mereka, bahkan ada yang unik secara manusia saya sudah lupa permohonan dia yang saya naikkan pada saat acara Bahtera Great Awakening Desember 2015. Ada sekitar tujuh point doa yang dia naikkan, doa dia terjawab beberapa minggu yang lalu. Saya terkagum-kagum sama Tuhan. Karena doa yang sepertinya sepele tetapi Tuhan jawab.

Saat ini saya menyiapkan diri saya untuk acara bahtera bulan depan Higher Than Ever, jika Tuhan berkenan maka Tuhan akan menyiapkan semuanya dan saya bisa ke Semarang lagi.

Mari kita sama-sama pegang janji Tuhan ini supaya bisa menjadi daging dan kita terbang dengan sayap iman, kita menerima pengurapan imam dan raja supaya kita menikmati apa yang sudah Tuhan janjikan dalam kehidupan kita. Kita lakukan tugas dan panggilan kita sebagai Imam.

Semoga renungan ini bisa menjadi berkat buat kita semua. Tuhan Yesus Memberkati Kita Semua.

Jatiwangi, 12 Mei 2016
By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat





Komentar

Postingan Populer