SAYAP PERKENANAN

Sayap Perkenanan
Pdt. Petrus Agung Purnomo dan Ev. Iin Tjipto Wenas


Setelah Saul disingkirkan, o  Allah mengangkat Daud menjadi raja p  mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku q  dan yang melakukan segala kehendak-Ku r .(Kisah 13:22)

Tetapi Samuel yang muda itu, semakin besar s  dan semakin disukai, baik di hadapan TUHAN maupun di hadapan manusia. t (1 Samuel 2 : 26)

Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya 1  dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia. h (Lukas 2:52)

Saya ingat diawal-awal saya memulai pelayanan saya ke Amerika. Pada waktu itu merupakan tahap awal pertama kali saya naik pesawat Garuda. Tidak lama kemudian Pesawat Garuda tidak terbang lagi ke Amerika. Saya mencoba mencari pada waktu itu dan semua masih serba terbatas. Jika orang sudah terbatas biasa muncul kreatifitasnya. Saya cari pesawat yang kira-kira tidak terlalu mahal dan bisa menikmati banyak. Pilihan saya pada waktu itu jatuh ke North West. Mengapa ? Karena saya bisa tinggal semalam di Singapore dan itu cukup lumayan kemudian esok paginya berangkat pagi-pagi dari Singapore ke Tokyo (Bandara Narita) kemudian kami baru tiba di Los Angeles. Terakhir kali sebelum saya berhenti dengan North West, waktu itu saya melihat akan iklan atau slogan yang mereka katakan yaitu : “Some People Know how To Fly” Beberapa orang tahu bagaimanha caranya untuk terbang. Itu berarti, mereka yang naik pesawat North West tahu artinya bagaimana terbang. Itu sebabnya dia berkata : “Some People Know How To Fly” hanya beberapa orang yang tahu bagaimana caranya untuk bisa terbang. Tetapi terakhir ajaib sekali muncul sebuah perusahaan yang bernama Air Asia dan berkata : “Now Everybody Can Fly” Sekarang semua bisa terbang. Saya mau katakan kembali “The Future Belongs to Those Who Can Fly.” Masa Depan itu milik bagi mereka yang bisa terbang.

Saya mau membagikan kepada anda tentang apa yang sebenarnya hati Tuhan rindukan. Tuhan kita adalah yang mengenal yang namanya persahabatan (friendship). Dan jika Tuhan mengerti yang namanya persahabatan, artinya Dia mengenal benar yang namanya keintiman dan itu bukan sesuatu yang basa-basi tetapi Dia mengenal benar seseorang yang Dia kenali. Dia ingin membuka hati dan dirinya untuk kita juga dapat mengenali Dia semakin hari semakin dalam dan lebih luas lagi.

Jika anda mempelajari Firman Tuhan, ada seseorang yang bernama Maria Magdalena, suatu hari ia datang meratapi dikubur Yesus yang kosong karena ia berpikir mayat Tuhan Yesus sudah dicuri oerang. Lalu Tuhan datang menghampirinya, tetapi Maria tidak tahu bahwa itu adalah Tuhannya. Malah ia sempat menuduh Tuhan sebagai tersangka pencurian mayatNya sendiri. Pada waktu itu Tuhan bertanya : “Ibu, mengapa engkau menangis ?“ dia mendengar suara Tuhannya, tetapi dia tidak mengerti siapa dia. Sampai kemudian keluar tuduhan, dia berkata : “Kalau engkau mencuri kembalikan dan tunjukkan dimana engkau menaruh Dia.” Lalu Tuhan memberikan jawaban dan memanggil namanya. Tuhan berkata : “Maria” dan saat namanya dipanggil, dia mengenal cara panggilan itu dan itu tidak pernah sama dengan siapapun yang memanggil dia. Menurut saya mungkin dia pernah bertemu dengan banyak laki-laki, sebagian memanggilnya dengan “sini”, sebagian lagi memanggilnya dengan kasar, sebagian lagi memanggilnya dengan dingin dan beku, sebagian lagi memanggilnya dengan penghinaan atau sebagian memanggilnya tanpa arti, tetapi hanya ada satu Pribadi yang setiap kali menyebut namanya, dia tahu itu menggetarkan setiap sel dari hidupnya dan itu suara Tuhan yang dikasihinya.

16:1 Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah p  untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus. 16:2 Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur. 16:3 Mereka berkata seorang kepada yang lain: "Siapa yang akan menggulingkan batu itu bagi kita dari pintu kubur? q " 16:4 Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling. 16:5 Lalu mereka masuk ke dalam kubur dan mereka melihat seorang muda yang memakai jubah putih r  duduk di sebelah kanan. Merekapun sangat terkejut, 16:6 tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: "Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, s  yang disalibkan itu. Ia telah bangkit 1 . Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia. 16:7 Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, t  seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu. u " 16:8 Lalu mereka keluar dan lari meninggalkan kubur itu, sebab gentar dan dahsyat menimpa mereka. Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada siapapun juga karena takut. Dengan singkat mereka sampaikan semua pesan itu kepada Petrus dan teman-temannya. Sesudah itu Yesus sendiri dengan perantaraan murid-murid-Nya memberitakan dari Timur ke Barat berita yang kudus dan tak terbinasakan tentang keselamatan yang kekal itu. (Markus 16:1-8)

Sebenarnya Tuhan itu sangat ingin dekat dengan setiap kita. Dia pribadi yang ingin memanggil nama anda satu persatu. Tuhan berkata “I Call You by Name” Aku menyebut dan memanggil namamu satu persatu. Pernahkah anda mendengar namamu dipanggil Tuhan ? Atau jangan-jangan untuk beberapa orang Tuhan memanggil anda dengan “Pak mau kemana ?” Bu mau arisan ya ? “Dik mau belanja ya ?” Pernahkah anda mendengar Dia memanggil dan menyebut namamu. Dan Dia bukan sekedar menyebut namamu. Di saat itu anda tahu sekali bahwa Dia menyebut namamu dan Dia menyebut bukan sekedar karena Dia tahu nama anda. Dia menyebut anda dengan segala yang Dia tahu tentang hidupmu, kepedihanmu, lukamu, ketakutanmu, kegentaranmu, kesedihanmu, kekecewaanmu, kesakitanmu, keputusasaanmu, kebimbanganmu, kekecewaanmu tetapi juga impian-impianmu.

Tuhan tahu diantara begitu banyak orang yang punya hubungan dengan Dia, ada satu yang sangat spesial dihatiNya dan Dia adalah Daud.

Maka hamba-Ku Daud 1  k  akan menjadi rajanya, l  dan mereka semuanya akan mempunyai satu gembala. m  Mereka akan hidup menurut peraturan-peraturan-Ku dan melakukan ketetapan-ketetapan-Ku n  dengan setia. (Yehezkiel 37:24)

Jika anda melihat judul perikop dari kitab Yehezkiel 37 ini, maka dikatakan di ayat yang ke-15 bahwa ada nubuatan dimana Kerajaan Israel dan Yehuda akan disatukan kembali dan Tuhan berkata ini berbicara tentang masa. Tuhan berkata, “Maka hambaKu Daud akan menjadi rajanya, dan mereka semuanya akan mempunyai satu gembala. Mereka akan hidup menurut peraturan-peraturanKu dan melakukan ketetapan-ketetapanKu dengan setia.” Sepintas tidak ada yang aneh dari ayat ini sampai suatu hari saya mengerti Firman ini diucapkan 400 tahun setelah Daud meninggal. Bayangkan Tuhan berbicara  tentang : “The Future of Israel.” Dan ketika Dia berbicara tentang masa depan daripada Israel. Dan ketika Dia berbicara tentang masa depan, Dia berkata : “Satu kali Aku akan memberi mereka seorang Raja.” Dan yang dipilih oleh Tuhan adalah orang yang sudah 400 tahun meninggal. Ketika Tuhan berkata : “Dan Daud akan menjadi raja mereka.” Apakah anda tahu mengapa ? Itu karena, “The Future Belongs to Those Who Can Fly.” Anda akan melihat hidup Daud atau membaca akan surat cintanya kepada Tuhan, dan melihat akan ekspresi hati Tuhannya ketika Dia berkata : “A Man after My Own Heart.” Dan orang seperti ini adalah orang yang memiliki sayap. The Future belongs to Those who can fly” masa depan itu milik orang yang bisa terbang.

Tuhan ingin memberikan pemeteraian kepada hidup anda. Biarkan materai itu anda terima sambil berkata “Beri aku sayap Tuhan” sebab masa depan ini akan menjadi milik mereka yang bisa terbang. Sayap masa depan itu perlu untuk setiap kita. Jika anda memperhatikan Firman yang berkata : “Aku telah melihat akan batas kekuatan manusia, tetapi itupun tidak pernah mampu menampung akan perintah-perintahNya.” Mari anda dan saya terbang dengan Sayap Perkenanan Tuhan !

Jatiwangi, 12 Mei 2016
By His Grace
Joshua Ivan Sudrajat S

Sumber : Buku The Future Belongs To Those Who Can Fly
    

Komentar

Postingan Populer