Tugas Gereja Tuhan



Tugas Gereja Tuhan
Kamis, 12 Mei 2016


Bahan Renungan :
Lukas 10:33-35
10:33 Lalu datang seorang Samaria, w  yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. 10:34 Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. 10:35 Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.

Renungan :
Sebagai anak-anak Tuhan kita sering disibukkan dengan segala macam aktifitas yang menguras tenaga, waktu dan biaya. Tetapi sebenarnya apakah fokus dari segala aktifitas kita itu sudah benar seperti yang Tuhan mau atau tidak, ini masalahnya. Kita harus tahu apa yang Tuhan lakukan dan apa yang harus kita lakukan, yang sejalan dengan yang sudah Tuhan kerjakan tersebut.

Dalam Lukas 10:33-35 diceritakan seorang Samaria yang menolong korban perampokan, dia terluka dan tergeletak di jalanan. Orang Samaria adalah orang yang ditolak oleh orang-orang Yahudi dan perlu kita ketahui bahwa yang ditolong orang Samaria adalah orang Yahudi, tetapi dia datang menolong, dia curahkan minyak dan anggur, dia bebat luka orang tersebut. Lalu orang Yahudi ini dibawa ke tempat penginapan untuk dirawat. Mungkin kita berkata : “Saya, Pak.” Saya rasa tidak, memang Tuhan mau kita seperti orang Samaria ini. Jadi siapa sebetulnya orang Samaria ini ? Dia adalah Yesus, Yang Punya Tempat Penginapan adalah Gereja, yaitu anak-anak Tuhan. Dan Dia berkata : “Ini Aku sudah selamatkan, Aku lepaskan dia dari jalan dimana ia dirampok, lalu berikutnya ia perlu dirawat.”

Firman Tuhan berkata Dia datang bukan untuk orang benar tetapi untuk orang berdosa, bukan untuk orang sehat tetapi orang sakit. Jadi kalau di gereja banyak orang aneh, orang sakit, kita harus mengerti dan memaklumi bahwa masih perlu dirawat. Kalau semuanya baik, berarti tidak membutuhkan Yesus. Jadi kalau melihat orang-orang aneh didalam gereja, bersyukurlah karena mereka tidak tersesat dan datang ke tempat perawatan yang benar. Jangan marah dengan mereka.

Karena imam dan orang lewi tidak mau, Tuhan sendiri yang selamatkan mereka dan mengerjakan bagianNya, kita harus kerjakan bagian kita yaitu merawat mereka. Memang kerinduan Tuhan kita jadi seperti orang Samaria yang baik hati. Tetapi karena tidak bisa, Tuhan sendiri yang menjadi orang Samaria yang menolong. Harapan Tuhan kita, gereja Tuhan memiliki rumah penginapan yang menampung mereka yang membutuhkan uluran tangan kita. Dan membiarkan mereka masuk semua karena Tuhan sendiri yang memanggil mereka masuk. Amin (PAP)

Doa :
Tuhan Yesus ampuni kami karena ketidakpedulian kami Tuhan, Kami sadar banyak orang yang membutuhkan perawatan setelah Engkau diselamatkan. Kami mau Tuhan, menjadi seperti pemilik rumah penginapan, yang menampung dan mengobati mengobati orang yang membutuhkan dan menjadi uluran tanganMu, Tuhan. Didalam Nama Tuhan Yesus Kami Sudah berdoa. Amin

Dari Renungan Harian Bahtera Imamat Rajani – Ark Of Christ Bandung

Komentar

Postingan Populer