Masa Pembentukan Masa Promosi

Masa Pembentukan Masa Promosi
Steven Agustinus




Disaat kita mulai mengalami berbagai terobosan Ilahi, ada suatu momentum rohani yg dtg dlm hidup kita. Kita hrs memanfaatkan momentum tsb utk memposisikan kita mengalami proses pembentukan menjadi sosok pribadi spt yg Tuhan sdh rancangkan. Jika kita 'terjebak' utk hanya menikmati masa terobosan yg sdg terjadi, biasanya kita jadi kehilangan momentum utk memasuki masa pembentukan dan promosi yg dr sorga. Hal ini justru akan menyebabkan kita jd kehilangan kembali terobosan rohani yg sdh pernah kita alami....

1. Dg kita memberi diri utk memasuki masa pembentukan yg Roh Kudus lakukan, ada banyak penyingkapan firman yg bakal Roh Kudus berikan ttg jati diri kita yg baru didlm Kristus.
Bakal ada banyak penyingkapan firman/ janji-janji Tuhan yg Roh Kudus berikan scr spesifik.

Renungkan semua itu hingga menjadi dasar keyakinan yg kokoh bg kita. Pada fase ini, biasanya Roh Kudus memberikan firmsn tsb dlm bentuk benih ilahi - berupa pemikiran, pemahaman, ide yg Ia tanamkan dlm batin/ pikiran kita. Imajinasikan semua itu. Deklarasikan hingga terjadi gelora/ keantusiasan pd emosi kita.

2. Akan ada suatu masa dimana Tuhan bakal menguji dasar keyakinan yg kita miliki. Pastikan kita sdh membangun jati diri kita yg baru didlm Kristus melalui deklarasi & perenungan firman.

Terkadang kita hrs melakukan pembuktian dihadapan hadirat Tuhan, menegaskan bhw kita lebih memilih mengikuti arahan Roh dan mempercayai apa yg sdh Ia firmankan tentang keberadaan kita didlm Dia meski bakal ada banyak konsekwensi tidak enak yg hrs kita hadapi...

Yakinilah, bhw bagaimanapun jg Dia masih tetap Allah yg berdaulat dan sekaligus Bapa yg baik bg kita - anak-anakNya. Dia tdk pernah berniat 'mencelakai' kita ataupun mengkhianati diri kita (membiarkan kita menghadapi suatu permasalahan sendirian). Dia masih tetap Allah yg setia dan sanggup menggenapi firmanNya jadi jangan pernah meragukan Dia...

3. Bersamaan dg Tuhan melakukan ujian atas dasar keyakinan ttg jati diri kita di dlm Kristus, bakal ada dimensi anugerah yg bertumbuh dlm hidup kita.

Saya mendapati seringkali benih firman baru akan 'berubah' menjadi suatu anugerah dlm hidup kita saat ada suatu 'tekanan' yg sengaja Ia berikan dlm hidup kita. Dia adl Allah yg scr spesifik memiliki kesanggupan utk memunculkan semua hal terbaik yg ada didlm hidup kita melalui hal-hal buruk (tekanan) yg Ia ijinkan utk terjadi dlm hidup kita.
Batu permata memang sangat mahal & berharga, tp tahukah anda bhw batu permata sesungguhnya berasal dari karbon, tp krn tekanan dan panas bumi, karbon tsb berubah jadi sangat padat dan keras - menjadi batu permata! Itulah hal yg juga ingin Tuhan lakukan. Dia memanfaatkan segala bentuk tekanan hidup, masalah & tantangan yg menghadang hidup kita utk memunculkan semua yg terbaik dr dlm hidup kita...

4. Setelah kita melakukan apa yg jd bagian kita - membangun jati diri yg baru didlm Kristus, memposisikan diri utk memasuki proses pembentukan & ujian, akan datang masa promosi yg dr Tuhan.

Dia sendiri yg akan membukakan jalan & pintu-pintu kesempatan bg kita utk mulai memunculkan dampak maksimal dlm kehidupan sehari-hari.

Memang akan ada masa konfrontasi yg hrs kita hadapi - suka tdk suka, krn kita di tuntun Tuhan utk merepresentasikan kuasa Kerajaan sorga menghadapi kekuasaan kerajaan dunia ini, kekuatan ke-Aku-an dan berbagai tipu daya dr si Jahat. Tapi jangan pernah merasa lemah & tak berdaya dlm menghadapi semua itu krn Sang Panglima bala tentara Sorga ada bersama kita & Dialah yg akan berperang bg kita. Tugas kita hanyalah melangkah dlm ketaatan.

Selama kita taat, hidup kita menjadi 'pintu gerbang Sorga' yg akan menghentikan segala bentuk aktifitas pintu gerbang neraka...

(Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer