Arahan dan Tuntunan Roh Kudus

Arahan dan Tuntunan Roh Kudus

Pastor Steven Agustinus





Saya percaya, disaat Tuhan kembali mencurahkan RohNya atas kita - menciptakan terjadinya suatu momentum baru dlm kehidupan rohani kita, peranan Roh Kudus dlm memberi firman, menyingkapkan isi hati/ pikiran Tuhan dan memberi arahan-arahan dlm aktifitas kehidupan sehari-hari akan jd makin meningkat. Permasalahannya, seringkali kita sbg umat pilihanNya kurang bisa memahami saat Roh mulai berkata-kata/ membangun komunikasi dg kita sehingga kitapun jd mengabaikan suaraNya. 

Inilah beberapa cara yg sering di pakai oleh Roh Kudus utk berbicara kpd kita:


1. Suara hati nurani.


Hati hurani yg sdh ditebus dg Darah Kristus akan menolong kita utk terbebas dg segala perbuatan sia-sia (Ibr 9:14) Dg trs mengikuti tuntunan hati nurani, kita akan memiliki kehidupan sehari-hari yg memperkenan hati Bapa. Kebenaran didlm batin inilah yg akan menghubungkan kita dg dimensi kerajaanNya (Maz 51:6, Rom 14:17)


2. Suatu impresi/ perasaan rohani.

Munculnya suatu impresi rohani dlm batin kita adl merupakan suatu pekerjaan Roh Kudus yg sdg melatih mans roh kita. Tujuan Dia memunculkan impresi adl utk memberikan arahan/ tuntunan. Org yg belajar trs mengikuti tuntunan impresi dlm hidupnya akan mendapati meski sesekali ia bisa salah memahami/ menterjemahkan impresi yg ia terima tp melalui kesalahan yg ia lakukan dlm menterjemahkan impresi tsb, ia akan jd makin tajam/ akurat dlm menterjemahkan impresi rohani yg akan datang ke dlm hidupnya. 


3. Lewat ayat Alkitab yang tiba-tiba teringat.

Scr akurat dan spesifik, Roh Kudus akan mengingatkan kembali apa yg pernah kita dengar/ pelajari utk dot kita jadikan sbg pegangan dlm mengambil suatu keputusan. Walau seringkali di saat awal Roh mengingatkan suatu ayat, bg kita, ayat tsb akan terasa sangat 'umum' tp scr spesifik, Roh Kudus akan memberikan pemahaman yg mendetail berkaitan dg situasi/ keadaan yg sdg kita hadapi. Ambillah suatu keputusan utk melangkah sesuai dg arahan-arahanNya.


4. Ada suatu kata/ kalimat yg secara spesifik terus berbicara kuat dalam batin kita.

Kadangkala Roh Kudus akan mempergunakan suatu kata/ kalimat tertentu yg terus menerus Ia gemakan dlm pikiran/ hati kita. Renungkan kata/ kalimat tsb krn seringkali itulah yg menjadi kata kunci utk menemukan langkah kita yg selanjutnya dlm menggenapi agenda Tuhan. Mintalah utk Roh Kudus menjelaskan arti/ makna dr kata/ kalimat yg trs berkata-kata dlm pikran/ hati kita. Tanpa pemahaman yg akurat, seringkali kita jg jd menghadapi kendala utk menentukan langkah aplikatif yg kita butuhkan utk mengerjakan apa yg menjadi 'porsi' kita.


5. Adanya suatu 'penggalan peristiwa' yang terus muncul dalam pikiran/ ingatan kita.

Kadangkala Roh Kudus jg akan memanfaatkan ingatan atas penggalan suatu peristiwa/ situasi yg pernah kita hadapi utk mengkomunikasikan sesuatu kpd kita. Bawalah penggalan situasi/ peristiwa tsb dlm doa bhs roh kita. Semakin kita mendoakannya, Roh Kudus akan memberikan pemahaman yg akurat dan sekaligus arahan yg perlu kita lakukan utk meresponi yg sdg Ia ingin sampaikan kpd kita.


6. Melalui suatu mimpi

Disaat kita sdg tidur-pun Roh Kudus bisa berkomunikasi kpd kita. Seringkali mimpi yg akan kita terima berupa suatu bahasa simbol dan membutuhkan penterjemahan yg sesuai dg firman Tuhan.


7. Melalui penglihatan rohani

Perbedaan antara menerima pesan Tuhan melalui mimpi dg melalui penglihatan rohani adl, yg satu hrs kita terima dlm keadaan tidur, sdg yg satu lagi dlm keadaan terjaga. Tp kesamaan disntara keduanya adl, sumber pesan tsb hrs berasal dr Tuhan sendiri dan seringkali kita terima pd saat mans roh kita sdg aktif berinteraksi dg Roh Kudus.


8. Melalui suatu nubuatan

Roh Kudus bisa berbicara kpd kita melalui org-org tertentu yg Ia urapi dg karunia nubuatan. Melalui nubuatan, kita bisa menerima arahan Tuhan, mans roh kita bisa dibangun, di nasehati maupun dihiburkan.


9. Melalui fungsi Knowing

Yg dimaksud sbg fungsi Knowing adl merupakan salah satu fungsi dr mans roh kita yg berfungsi utk menerima pikiran/ hati Tuhan. Saat kita menerima pewahyuan ttg pikiran/ hati Tuhan dlm fungsi Knowing, kita akan scr tiba-tiba jadi mengetahui apa yg ingin di komunikasikan okeh Tuhan kpd kita.


10. Melalui peristiwa supernatural yg tdk lazim - kita mendengar suara Tuhan scr audible, mengalami kunjungan malaikat, roh kita dibawa ke alam roh dll

Tdk semua kita setiap hari akan menerima arahan Tuhan scr supernatural; bahkan kadangkala masih ada banyak dr antara kita yg blm pernah satu kalipun mengalami suatu pengalaman supernatural. Tp bkn berarti jika kita hanya menerima arahan Roh melalui suara hati nurani, maka artinya kita adl 'anak Tuhan yg kurang istimewa'...Tidak! Yg dibutuhkan dlm melangkah mengikuti tuntunan Roh adl keterbukaan & ketaatan kita. Bkn bgm arahan itu datang atas kita...tp bgm kita meresponi setiap arahan yg dtg dlm hidup kita.


Doa dan harapan saya, melalui perenungan di hari ini, kita akan jd lebih mudah berjalan bersama Tuhan dlm kehidupan sehari-hari kita. ‪#‎AkuCintaTuhan‬ (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer