Bersama Tuhan Menyelesaikan Semua Hutang

StevenAgustinus.com – Hutang adalah suatu kewajiban dan keharusan bagi orang yang berhutang untuk mengembalikan uang pinjaman tersebut. Jika kita merupakan salah satu orang yang berani melakukan hutang kepada pihak lain, maka kita pun juga harus berani bertanggung jawab untuk mengembalikan hutang tersebut.
Jika kita selalu memiliki berbagai alasan untuk membenarkan sikap kita dalam menunda-nunda pembayaran hutang kita tersebut. Justru hal itu akan membawa kita untuk terus memiliki kehidupan yang terlilit dengan hutang serta bergantung kepada hutang kepada orang lain. Karena prinsipnya, apabila kita bertekad untuk melunasinya maka anugerah Tuhan akan tercurah memampukan kita.
Ps Steven Agustinus membagikan beberapa langkah untuk kita bisa mengatasi segala hutang kita bersama Tuhan :

1.   Percayakan Hidup Kita Pada Seorang Hamba Tuhan Yang Terhubung Dengan Sorga

Hamba Tuhan yg Saleh - Ps Steven Agustinus
follow instagram : @stevenagustinus
Langkah yang pertama adalah membuka diri terhadap pekerjaan Roh Kudus melalui seorang hamba Tuhan yang terhubung dengan Sorga. Mempercayakan hidup bukan berarti menyerahkan masalah kita kepada si hamba Tuhan, namun bersedia membuka diri untuk pembentukan serta koreksian datang dalam hidup kita melalui si hamba Tuhan tersebut. Dengan tujuan agar kita mulai kembali terhubung dengan sorga.
Ul 8:18  Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.
Lalu apa maksudnya terhubung dengan sorga ? Maksudnya adalah memiliki persekutuan yang hidup dan sehat dengan Tuhan sehingga kita bisa menghadirkan realita hadirat Tuhan dalam diri kita ataupun jemaat yang ada dan membuat kita alami berbagai terobosan serta kemenangan hidup.
Ini yang harus kita ketahui, keterbukaan kita untuk alami firman mengoreksi hidup kita akan mendatangkan penyertaan Tuhan. Dan penyertaan Tuhan dalam hidup kita memegang peranan yang sangat penting dalam proses pelunasan hutang yang kita punya.

2.   Kenali Apa Yang Masih Ada Di Tangan Kita

Perkenanan Tuhan - Ps Steven Agustinus
follow instagram : @stevenagustinus
Tuhan akan melunasi setiap hutang kita melalui apa yang masih ada di tangan kita. Kalaupun sudah tidak apa-apa lagi yang tersisa pada kita, minimal kita masih memiliki tangan kita. Karena prinsipnya selalu ada cara dan anugerah jika kita mau berusaha.
Ini pola dan metode Tuhan : Jika tangan kita sendiri yang menjerumuskan kita dalam masalah, seringkali Tuhan justru akan menggunakan tangan yang sama untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Dengan kita memiliki hati yang lemah lembut, mau berubah dan mau diajar, maka Tuhan akan mulai membuat apapun yang kita kerjakan menjadi berhasil !

3.   Mulai Bangun Kembali Integritas Hidup Kita

Success Quote - Integritas
follow instagram : @indonesiaone.org_quote
Karena status kita adalah seseorang yang berhutang, jadikan pelunasan hutang sebagai prioritas utama dalam hidup kita. Tunjukkan itikad baik kita. Buang kebiasaan berbohong atau memberikan berbagai alasan hanya agar kita bisa mengulur-ulur waktu pelunasan hutang kita.
Pahami prinsip ini : Seringkali mukjizat Tuhan justru terjadi melalui integritas yang kita miliki. Seandainya jika janda (2Raja-raja 4) tidak meminjam bejana-bejana dalam jumlah yang banyak, maka minyak yang ia miliki hanya akan mengalir dalam jumlah yang terbatas. Terasa selalu kurang dan tidak memungkinkan untuk melunasi hutang atau biaya hidupnya sehari-hari.

4.   Pastikan Gaya Hidup Ilahi Sudah Menjadi Budaya Hidup Bagi Seluruh Anggota Keluarga Kita

Gaya Hidup Sederhana - Ps Steven Agustinus
follow instagram : @stevenagustinus
Milikilah gaya hidup yang ‘just enough’ atau hidup secukupnya. Artinya meski kita memiliki uang sedikit ataupun banyak, kita tidak akan pernah terpengaruh untuk menghambur-hamburkan uang untuk kebutuhan yang sesunggguhnya tidak kita perlukan saat itu atau karena gengsi semata. Jangan terlalu cepat menaikkan taraf hidup menjadi orang kaya karena justru itu hanya membuat kita akan makin terpuruk.!!!
Terus terapkan hikmat untuk mengelola keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, anggota keluarga yang ada juga harus terus dilatih untuk belajar menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan yang kita miliki. Ingat, JANGAN BESAR PENGELUARAN DARIPADA PENDAPATAN !!. Jika kita berkata, “tapi pengeluaran-pengeluaran saya memang tidak sebanding dengan pemasukan yang ada”. Pemikiran kita seperti ini sesungguhnya salah, mengapa ? Karena pada dasarnya Tuhan tidak pernah memberikan kepada anakNya kurang, minimal pasti cukup. Jika kita selalu merasa kekurangan, maka sesungguhnya ada yang salah dalam gaya hidup kita saat ini. Entah gaya hidup kita yang terlalu boros ataupun mungkin kita yang memiliki sifat malas sehingga selalu hidup dalam kekurangan.
Buang setiap pengeluaran yang tidak penting dan belajar untuk hidup sesederhana mungkin. Jangan pernah menggunakan kartu kredit, karena itu yang akan membuat kita memiliki hutang yang terus berbunga dan membengkak setiap harinya.
Kita juga harus belajar untuk membuang segala bentuk perasaan atau pemikiran manusiawi yang selalu membuat kita merasa lemas dan kasihan karena kondisi yang ada. Seperti kasihan kepada anak-anak, gengsi dengan tetangga, malu terhadap mertua ataupun alasan lainnya. Jika hal tersebut tidak ditanggulangi, maka justru akan berubah menjadi sebuah jerat dalam hidup kita. Jangan sampai kita jatuh ke dalam lubang yang sama untuk kedua kalinya.
Pada intinya untuk kita bisa melunasi hutang adalah tidak dengan sistem ‘sim-salabim’ yaitu menunggu uang dengan nominal yang sangat besar kemudian dengan sekali pukul melunasi hutang yang ada.
Jika seperti ini yang selalu kita andalkan, percayalah kita akan jatuh ke lubang hutang kedua kalinya bahkan lebih besar lagi dan pada akhirnya terus berputar-putar di dalam keterikatan pergumulan finansial.
Kita harus belajar membuka diri untuk menerapkan 4 cara dasar di atas, jika kita merindukan agar Tuhan bisa membantu kita untuk melunasi hutang-hutang kita. Karena prinsipnya, kita harus melakukan bagian kita dengan akurat dan Tuhan pasti akan melakukan bagian-Nya dengan tepat pada waktu-Nya.
Dan belajarlah untuk mengelola uang dengan baik meski pendapatan kita masih sangat kecil. Karena kita tidak akan berhasil dengan uang yang besar jika uang yang kecil saja kita belum bisa kelola dengan baik.
~ Ps Steven Agustinus ~

Komentar

Postingan Populer