Mengerti Panggilan Tuhan

Mengerti Panggilan Tuhan

PD Windu tgl 17 November 2012

Ev. Stephen Timothy Wenas



Bilangan 14: 8 " JIKA TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikan kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

Syaratnya adalah jika TUHAN ? Roma 9 : 11
 
" Sebab waktu ana-anak itu belum di lahirkan dan belum melakukan yang baik atau yang jahat, supaya rencana Allah tentang pemilihan-Nya diteguhkan, bukan berdasarkan perbuatan, tetapi berdasarkan panggilann-Nya.
Jadi bukan karena perbuatan kita tetapi karena penetapan atau pangillan Tuhan!

Di Alkitab kita menemukan 3 contoh orang yang mendapatkan pekenan Tuhan yaitu Abraham, Daud dan Solomo. Hal apa yang dimiliki mereka sehingga membuat Tuhan berkenan ?? Magnet apa yang membuat Tuhan berkenan kepada manusia ???

1. Abraham menyerahkan apa yang selama ini dia harapkan, ia mempersembahkan anaknya yang tunggal sebai korban seperti yang Tuhan minta.
2. Daud tahu bahwa diatas semuanya Tuhanlah yang tetap harus dipuji, ia menjadi seorang penyembah Allah yang tetap hidup di dalam pertobatan(Tahu diri)
 
3. Solomo memberikan persembahan yang gila-gilaan yang membuat Tuhan berkenan, ia bukan orang yang mementingkan diri sendiri.
 
Hal apa yang membuiat Tuhan berkenan atau tetrtarik kepada kita ???
 
Setiap orang harus mempunyai sesuatu yang membuat Tuhan suka kepada kita.
 
Apakah itu ketekunan kita membaca Alkitab, berdoa atau apapun . semuanya itu menjadi magnet yang menyedot perkenanan Tuhan. Cari tahu apa yang jadi daya pikat kita ? Daya pikat kita itulah panggilan kita.
I Samuel 17: 15 " tetapi Daud selalu pulang dari pada Saul untuk menggembalakan domba ayahnya di Betlehem." ( Setia dengan perkara kecil )
 
(34)Tetapi Daud berkata kepada Saul : " Hambamu ini BIASA menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang Singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya. ( Dia bertanggung jawab dengan pekerjaannya)
 
Kita harus menang dilingkungan sendiri tanpa ada orang yang melihat kita harus tetap melakukan tanggung jawab kita dengan sungguh-sungguh.
 
Siapkan diri kita kita mahir menggunakan semua kemampuan yang kita punya.
(38)....... kemudian ia menaggalkannya.
 
Jangan gunakan pakaian perang orang lain, jangan ikuti apa yang orang lain kerjakan lakukan saja apa yang jadi bagianmu!

5 Ciri orang yang mengerti panggilannya:

 
1. Tidak lagi membandingkan dirinya dengan orang lain kecuali ia mencontoh passion yang mereka miliki.
 
2. Bisa menyelesaikan masalah sendiri supaya dapat menolong orang lain menyeleaikan masalahnya.
 
3. Hidupnya berdampak untuk orang lain ( Tidak egois)
 
4. Berani membuat keputusan dan mengambil resiko.
 
5. Bisa selau bersyukur atas apapun yang kita miliki atau apaun yang kita alami.

Jadi bersikaplah positif, kerjakan bagian kita dengan penuh tanggung jawab dan sungguh genapi pangillan-Nya.

Komentar

Postingan Populer