Jaminan Untuk Mendengar dan Taat Melakukan Firman Tuhan

Jaminan Untuk Mendengar dan Taat Melakukan Firman Tuhan

Pastor Steven Agustinus

Foto Daily Devotional.

 


Sesungguhnya, kehidupan sehari-hari yg kita jalani terus kita isi dg berbagai pengambilan keputusan yg kita buat. Setiap keputusan yg kita buat memberi pengaruh scr langsung atas kehidupan kita - secara positif maupun negatif.
 

1. Kebanyakan org mengambil keputusan dlm hidup mrk berdasarkan gelora emosi yg mrk alami.
 

Gelora emosi memang memiliki daya dorong dan motivasi yg sanggup menggerakkan keberadaan seseorg. Sayangnya, kebanyakan org lebih sering menjadikan emosi negatif sbg daya dorong/ motivasi pengambilan keputusan dlm hidupnya. Saat seseorg menjadikan emosi negatif sbg acuan dlm pengambilan keputusan mrk, biasanya keputusan apapun yg org buat pada akhirnya hanya akan mrk sesali krn sama skl tdk mendatangkan kebaikan. Disatu sisi yg lain, pengambilan keputusan berdasar emosi yg positif seringkali tidak bisa bertahan lama krn memang emosi seseorg akan terus berfluktuasi - naik-turun, kuat-lemah...
Tapi ketika seseorg menerima suatu pengertian yg berasal dr Tuhan dan hal tsb menggerakkan emosi positif dlm dirinya, emosi positif yg ada dpt menjadi suatu daya dorong yg menggerakkan dirinya utk melakukan/ mengalami perubahan; dan bahkan stl emosi dlm dirinya kembali menjadi 'datar' perubahan yg ia alami akibat ledakan emosi positif tsb bisa tetap permanen krn adanya aspek pengertian/ penyingkapan pemahaman.


2. Ada org-org yg mengambil keputusan berdasarkan tanggung jawab dan rutinitas yg mrk miliki.


Keputusan yg didasari oleh rutinitas/ tanggung jawab belaka biasanya hanya akan membuat org ybs jadi merasa familiar -sehingga cenderung jadi sembrono, tdk ada passion/ asal-asalan, tdk ada spirit of excellent yg termanifestasi. Seseorg yg mengisi hidupnya (mengambil keputusan) berdasarkan rutinitas, akan jadi mudah merasa bosan, mandeg, kehilangan kreatifitas dan mudah merasa jenuh. Rutinitas dg mudah melahirkan kejenuhan; kejenuhan selalu menghambat kreatifitas & inovasi - membuat seseorg jd mandeg dan kemandegan adl merupakan langkah awal dr kemunduran dlm hidup seseorg...

Utk menjalani suatu aktifitas yg rutin, dibutuhkan org-org yg memiliki kemampuan utk trs memotivasi dan me-refresh dirinya scr terus menerus.


3. Saat seseorg melakukan pengambilan keputusan berdasarkan pertimbangan akal sehat, ia sdg membangun suatu kehidupan yg stabil

Meski akal sehat seseorg tetap hrs diselaraskan dg tuntunan Roh/ prinsip firman, tapi paling tidak, mengambil suatu keputusan berdasarkan akal sehat/ pertimbangan dari org-org lain yg memang lbh matang dr kita adl merupakan salah satu 'perahu penyelamat' yg kita butuhkan. 

Belajarlah utk membuka hidup kita dan mendengarkan 'perkataan hikmat' yg disampaikan oleh org-org yg lbh matang scr rohani, yg ada disekitar kita. Pastikan mrk adl org-org yg mengenal Tuhan dan telah membuktikan diri sdg trs berjalan di jalan-jalan Tuhan. Jgn sampai kita membuka telinga kita utk mendengarkan mrk yg hanya berjalan bersama Tuhan di masa lalu... Apapun pertimbangan akal sehat yg disampaikan oleh 'org-org senior' tsb, sama skl tdk boleh berseberangan dg tuntunan Roh maupun jalan-jalan Tuhan yg sdg Ia nyatakan kpd umatNya.


4. Seseorg perlu trs melatih dirinya utk mengambil keputusan hanya berdasarkan tuntunan Roh & pernyataan firman yg ia terima.

Hidup dlm tuntunan Roh membuat seseorg menikmati dinamika kehidupan. Ada banyak terobosan, hal-hal supernatural maupun pengalaman melangkah dlm iman yg bakal dinikmati oleh mrk yg selalu mengambil keputusan - mengisi hidupnya sesuai dg tuntunan Roh Kudus.

Apapun langkah ketaatan yg ia lakukan, bakal memposisikan dirinya utk selalu mengalami realita pekerjaan Roh, dikondisikan oleh Tuhan utk hidupnya berfungsi sbg BaitNya dibumi ini - kehidupan sehari-harinya jadi berdampak dan ada dlm fungsi sbg jawaban bg banyak org...


Melangkah mengikuti tuntunan Roh dan menjadikan setiap arahan Roh sbg 'material' utk mengisi hidup kita tidaklah sulit. Yg dibutuhkan hanya sikap hati mau dengar-dengaran dan taat kpdNya...


Deklarasikan kebenaran berikut hingga ada kobaran dlm batin kita...


AKU PERCAYA, KEMAMPUAN UNTUK LEBIH MENDENGAR DAN MERESPONI SUARA TUHAN SEDANG TERUS BERTUMBUH DALAM HIDUPKU. 


TUHAN MEMBERIKAN KEPADAKU TELINGA YANG MENDENGAR, MATA YANG MELIHAT DAN HATI YANG RESPONSIF TERHADAP APAPUN ARAHAN & TUNTUNAN TUHAN. AKU DIBERI KEMAMPUAN UNTUK MENDENGAR DAN TAAT...!


AKU MENYINGKIRKAN SEGALA BENTUK BENTENG KEANGKUHAN MANUSIA, KUBU-KUBU YANG MENENTANG PENGENALAN AKAN ALLAH... DIDALAM NAMA YESUS, SELURUH PENGHALANG/ PENGHAMBAT ITU AKU HANCURKAN.... AKU TARIK TURUN PEKERJAAN PARA MALAIKAT - ROH-ROH YANG MEMANG HARUS MELAYANI UMAT TEBUSAN - UNTUK BERMANIFESTASI. SETIAP UMAT TEBUSAN JADI MENERIMA ARAHAN DAN TUNTUNAN HIDUP YANG JELAS.... PARA MALAIKAT IKUT BERPERAN SERTA UNTUK MENUNTUN UMAT TEBUSAN MEMASUKI MUSIM ROHANI YANG BARU, MELATIH UMAT TEBUSAN MENJADI LEBIH KUAT DAN AKURAT DARI YANG SEBELUMNYA.... TERJADILAH..... Amin!

 #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer