Kondisi Hati Menentukan Pekerjaan Roh Kudus

Kondisi Hati Menentukan Pekerjaan Roh Kudus

Pastor Steven Agustinus


Dalam salah satu session doa, saya mendptkan satu penglihatan rohani dr Tuhan. Saya melihat adanya hati mans yang seperti banyak terisi pasir. Lalu saya juga melihat bgm dari sisi Tuhan, Dia trs mencurahkan air kehidupan dlm diri kita. Tp krn dr sisi kita, tidak ada tindakan apapun utk membuang pasir-pasir yg ada dlm hati, saat air kehidupan tsb di tuangkan, air tsb jadi terkotori dan meluber ke mana-mana krn keberadaan pasir tsb....
 

Melalui penglihatan rohani tsb, saya merasa Tuhan memberikan suatu message kpd kita semua: Jangan pernah menyia-nyiakan curahan air kehidupan yg Ia berikan. Pastikan hati kita trs dijagai dan dibersihkan dr berbagai 'pasir-pasir kemanusiawian/ keduniawian' yg trs coba dihembuskan masuk ke dlm hidup kita oleh roh-roh dunia. Dg masih adanya 'pasir-pasir kemanusiawian' dlm hati seseorg, setiapkali air kehidupan dicurahkan dr ruang tahta, air kehidupan yg sifatnya Ilahi tsb akan jadi mengalami 'perubahan nature' - seharusnya membuat kita jadi makin hidup dlm keilahianNya, tp justru jadi membuat kita trs memanifestasikan kemanusiawian... Kita hanya menjadi sosok individu yg dinilai oleh org banyak sbg sosok individu yang baik & berbudi luhur - itu saja, tidak lebih.... Penyebabnya tdk lain adl krn masih trs adanya 'pasir-pasir kemanusiawian' dlm hati kita.
 

Amsal 4:23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.
 

Saat hati seseorg tdk terjagai scr maksimal - masih mudah 'ditembus' oleh berbagai pemikiran, pertimbangan & logika berpikir yg sifatnya manswi, maka otomatis kehidupan sehari-hari yg akan bermanifestasi dlm kehidupannya jg jd manswi... Jenis kehidupan yg akan kita jalani sangat ditentukan oleh kondisi & keberadaan hati kita!
 

Pastikan kondisi hatimu trs terjagai dg segala kewaspadaan - saat hati kita trs membawa 'the right standing before God' - tidak ada tuduhan hati nurani, tidak ada beban yg memberatkan pikiran, tidak ada rasa bersalah/ rasa tidak layak; sebaliknya, dr hati kita trs meluap ucapan syukur, trs mengalir roh penyembahan, batin kita terasa ringan & riang gembira - dapat dipastikan, saat itulah kita akan menikmati kehidupan yg terbaik, yg memang sdh Tuhan sediakan bg anak-anakNya...
 

1. Kondisi hati yg kita bawa dlm kehidupan sehari-hari ikut menentukan sejauh mana pekerjaan Roh yg terjadi dlm hidup kita akan memberikan dampak Ilahi yg kuat dan permanen dlm hidup kita.
 

2. Sedari awal dr perjalanan prophetis yg kita jalani, Tuhan sdh memberikan kondisi hati yg membuat kita selalu menikmati realita ke-Ilahi-anNya scr nyata. Masalahnya, seringkali kita kurang berhati-hati dlm menjagai kondisi hati tsb. Pergaulan yg tdk akurat, interaksi yg sembrono dg banyak org seringkali tlh menyisakan banyak 'sampah rohani' dlm hati kita. Sampah-sampah rohani itulah yg menyebabkan pekerjaan Roh yg terjadi dlm hidup kita jadi seperti tidak meninggalkan dampak yg signifikan.


3. Kondisi hati yg ideal utk mengalami berbagai pekerjaan Roh yg berkesinambungan adl saat kita trs mengalami kondisi hati yg digerakkan oleh kehausan & kelaparan akan kebenaran serta realita keberadaanNya.


Mrk yg trs menikmati adanya hati yg haus dan lapar akan kebenaran dlm hidupnya, akan selalu mengalami realita bgm Tuhan trs menambahkan ke-Ilahi-anNya utk jd makin nyata dlm hidup org ybs.
 

4. Prinsip Kerajaan masih trs berlaku: "Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya." (Mat 13:12)


Pastikan trs terbangun komunikasi yg sehat dg Roh Kudus. Jika kita mulai menyadari, bhw kita memang 'tdk memiliki' kondisi hati yg haus-lapar akan Tuhan, segeralah meminta kpdNya. Kita tdk akan pernah bisa memiliki kehidupan yg memperkenan hatiNya tanpa kita menerima kehidupan tsb dr Dia. Bahkan dengan kita 'tidak memiliki' hati yg haus-lapar akan kebenaran, maka 'sisa kehidupan kita' yg lain-pun (maksudnya yg berpotensi utk bisa menyukakan hati Tuhan) akan jg 'terambil' dr diri kita - akan trs terjadi kemerosotan rohani dlm hidup kita sehingga akhirnya segala yg baik, yg Ilahi, yg pernah terbangun dlm hidup kita, akan tergerus habis oleh setiap kemanusiawian/ keduniawian yg yg tdk segera kita tanggulangi...
 

Deklarasikan prinsip berikut hingga mans roh kita berkobar-kobar:
 

AKU PERCAYA, MASA PERUBAHAN SUDAH TIBA. ROH KUDUS SEDANG TERUS MEMBENAHI HIDUPKU DAN MEMASTIKAN ADANYA HATI YANG SELALU HAUS-LAPAR AKAN KEBENARAN DAN REALITA KEBERADAANNYA DALAM HIDUPKU.
 

AKU RESPONI PEKERJAAN ROH YANG SEDANG TERJADI DALAM HIDUPKU DENGAN TERUS BERSERU-SERU KEPADANYA DAN MEMINTA ANUGERAH UNTUK HIDUP YANG MEMPERKENAN HATINYA...
 

DIDALAM NAMA YESUS, AKU MENERIMA PEKERJAAN ROH YANG MENGKONDISIKAN DIRIKU UNTUK MEMILIKI KEHIDUPAN SEHARI-HARI YANG BERSIFAT ILAHI, ADA KODRAT ILAHI YANG TERUS TUHAN TUMBUHKAN DALAM HIDUPKU. DAN AKU TERUS BERTUMBUH JADI SEMAKIN SERUPA DENGAN DIA...

DIDALAM NAMA YESUS, AKU TERIMA JATI DIRIKU YANG BARU DIDALAM DIA. DAN AKU JALANI KEHIDUPAN SEHARI-HARIKU SEBAGAI CIPTAAN BARU.... TERJADILAH ATASKU.... DIDALAM NAMA YESUS, AMIN! #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer