JOURNEY OR ADVENTURE

JOURNEY OR ADVENTURE

.

Rangkuman Ibadah 25 Sept 2016

JKI HIGHER THAN EVER - MG Setos - Semarang

Ps.Victor Kristijanto Purnomo

Jurnalis : Ezra Joza

. Ul 8:2
.
Di dlm hidup kita ada 2 macam perjalanan: journey yg kita persiapkan dgn baik, tetapi ada juga yg namanya petualangan / adventure, Kalau journey semua sudah diatur spt perjalanan yg biasa, tetapi Tuhan suka membawa kita pada petualangan yg kita tidak tau, dari petualangan ke petualangan yg lain sehingga membuat kita bergairah hidupnya.
.
Org israel tidak tau mau dibawa kemana keluar dari mesir ke tanah kanaan yg blm pernah mereka tau, spt hidup kita dibawa ke tempat yg blm pernah, itu masuk dlm kemuliaan dlm kemuliaan bersama Tuhan, lebih baik Tuhan bersama2 kita meskipun banyak tantangan & rintangan
.
3 target Tuhan saat membawa kita dlm perjalanan petualangan bersama Dia.
.
1. Merendahkan hati kita, krn semua kita punya kesombongan. Contoh bangsa israel bawa banyak emas & uang di padang gurun tetapi semua tidak bisa dipakai, shg mrk tidak bisa sombong, semua kesombongan mereka dihabisi Tuhan & Tuhan beri manna, 40 thn sepatu & baju mereka tetap awet, tidak perlu beli baju & sepatu.
.
Kita hidup bukan dari roti saja tetapi dari setiap firman yg Tuhan ucapkan, satu patah saja berbuah banyak dlm hidup kita.
.
Sama dgn abraham dihabisi dulu kekuatannya, direndahkan supaya belajar hineni, sara tidak mungkin melahirkan lagi, supaya org tau ini bukan pekerjaan manusia tetapi pekerjaan Tuhan.
.
Saya pernah ngalami kontrak rumah suatu saat hrs bayar kontrakan tinggal 2 bln blm ada uang. Saya tidak bisa tidur, Tuhan berkata: mengapa dipikir terus? Lalu ada org yg mau minjami saya rumah ndak bayar, jadi ternyata bukan uang yg perlu tapi Jalan keluar dari Tuhan.
.
Mengapa perlu kita direndahkan? supaya Tuhan bisa tinggikan kita, sebab kesombongan akan membunuh kita.
.
Contoh perwira yg tidak percaya saat elia berkata besok tepung terbaik berharga 1 syikal, padahal hari ini kepala keledai 80 syikal, perwira ini sombong & akhirnya mati diinjak2 org.
.
John lenon 1966 berkata kami lebih terkenal dari Tuhan Yesus, selesai konser dia mati ditembak penggemarnya sendiri, kesombongannya membunuh dia.
.
Presiden brasil pernah kampanye 500 ribu org pendukungnya, dia berkata bahwa Tuhanpun tidak bisa menghentikan saya jadi presiden, 1 hari sebelum dilantik, dia sakit & mati.
.
Marylin monroe didatangi Ps.Billy Graham dia hrs terima Tuhan Yesus, tetapi dia berkata maaf aku tidak perlu Yesusmu, seminggu kemudian dia mati overdosis.
.
Titanic dikatakan pembuatnya bahwa Tuhanpun tidak bisa menenggelamkan kapal ini, pada pelayaran pertama titanic nabrak gunung es & tenggelam.
.
2 Tuhan ingin menguji supaya mengerti apa yg di dlm hati kita.
.
Ratu syeba dengar tentang salomo & akhirnya datang & bertemu salomo & dia berkata hari ini aku tau siapa engkau sebenarnya (di dalamnya) bahwa engkau memang berhikmat.
.
Waktu daud dikejar2 saul, dia punya kesempatan 2x membunuh saul, dia tidak lakukan, Dia takut akan Tuhan, & disitulah hatinya sesungguhnya diketahui bahwa hatinya baik.
.
Saya suka mengetes hati saya sendiri, kemarin saya ketemu dgn saudara2 dari gereja lama saya, saya tetap tenang & tidak ada marah, jengkel, disitu saya ngerti hati saya dijagai & dibersihkan Tuhan.
.
Kalau di dlm kita ada yg kotor, kita nggak akan enak kalau ketemu org2 yg pernah nyakiti hati kita.
.
3. Untuk menguji ketaatan kita kepadaNya.
.
Saul pernah ditegur samuel, diuji hatinya masalah ketaatan, tapi dia gagal
.
Kami punya pelayanan Pasar murah, yg istri saya koodinir, semua barang dijual sangat murah, tetapi kami belajar menjaga hati, tidak pernah beli untuk diri sendiri barang2 itu krn murah, sekalipun sebenarnya tidak salah, tetapi km belajar tidak lakukan sebab semua itu dikhususnya untuk org tidak mampu. Kami diberkati untuk bisa membeli beras / barang2 dgn harga normal saja.
.
Tuhan juga pernah berkata saat saya di bali, jgn bawa oleh2 barang apapun. Ada org yg belikan saya barang bagus, terpaksa saya tinggal krn Tuhan sudah berkata, & saya hrs belajar taat.
.
Bil 33:5
Sukot, tempat persinggahan pertama saat keluar dari mesir.
Waktu Yakub sudah kaya di rumah laban, kemudian ingin pulang ke rumah ishak, tetapi esau ingin bunuh dia, tetapi Tuhan mendamaikan. Saat itu Yakub suruh esau jalan dulu & yakub buat persinggahan di sukot.
.
Tempat persinggahan ke- 2. Pihahiron, tempat alang2 dibuang, supaya muncul buah2 baru dari hidup kita, Tahun depan Ayin zayin adalah mata cangkul & mata kapak yg akan memotong semua yg buruk & mata cangkul yg akan membongkar , melembutkan hati kita & menanam benih baru dari Tuhan
.
3. Mara/ pahit, Tuhan mau cabut semua yg pahit & mengganti dgn kemanisan, pesan Tuhan: jgn bersungut2 sebab Dia sedang buat kemanisan bagi kita.
.
4 Elim / pohon korma, pohon yg bisa hidup di padang gurun, yg lain kering & mati saat mengalami yg berat/sukar, tetapi kita akan tetapi hidup & berbuah manis, jatah kita jadi saluran kehidupan & kemanisan, kemanapun Tuhan bawa bahkan tempat yg paling kering. Kita akan membawa aliran kehidupan kemanisan, itu sudah jatah & bagian kita, hidup kita bukan tergantung keadaan, tetapi kita yg mengubah lingkungan kita.
.
5. Rafidim/ rest place. Itu peperangan Yosua, tetapi bukan krn kekuatan Yosua, tetapi tergantung tongkat Allah yg diangkat tinggi yg akan membawa kemenangan. Itulah sebenarnya saat kita rest/ tenang, saat Tuhan diangkat / ditinggikan, kita masuk rest place, kemenangan Tuhan berikan bagi kita.
.
6. Kanaan / Low Land / to Humble yourself, Tuhan bawa kita keluar dgn Tujuan merendahkan hati, tanah kanaan hanya bisa dimasuki dgn humble heart. Rendah hati bukan artinya kita diinjak-injak, tetapi itu masalah di hati, kita bisa sangat kaya tetapi rendah hati.
.
Saya bersyukur kita diberi tempat parkir di Resto ayam penyet di sebelah, tapi dia minta tolong setengah 10 tolong dikosongkan ya pak, ini pemilik restoran yg rendah hati, walaupun bos tapi mau menolong kita.
.
Kami berdoa Tuhan berikan karunia Terobosan dlm segala hal dlm hidup kita & kita masuk tanah kanaan kita masing2 yg Tuhan sudah tentukan & sediakan bagi kita. Amin
.
Keep Moving on in adventure life with God.


Komentar

Postingan Populer