Lembah Raja

Lembah Raja
Higher Then Ever Church
Ibadah Raya Minggu Pagi
Minggu, 11 September 2016

Ps Victor Kristijanto Purnomo


Kejadian 23:1-9 Sara hidup seratus dua puluh tujuh tahun lamanya; itulah umur Sara.
Kemudian matilah Sara di Kiryat-Arba, yaitu Hebron, di tanah Kanaan, lalu Abraham datang meratapi dan menangisinya.
Sesudah itu Abraham bangkit dan meninggalkan isterinya yang mati itu, lalu berkata kepada bani Het:
"Aku ini orang asing dan pendatang di antara kamu; berikanlah kiranya kuburan milik kepadaku di tanah kamu ini, supaya kiranya aku dapat mengantarkan dan menguburkan isteriku yang mati itu."
Bani Het menjawab Abraham:
"Dengarlah kepada kami, tuanku. Tuanku ini seorang raja agung di tengah-tengah kami; jadi kuburkanlah isterimu yang mati itu dalam kuburan kami yang terpilih, tidak akan ada seorang pun dari kami yang menolak menyediakan kuburannya bagimu untuk menguburkan isterimu yang mati itu."
Kemudian bangunlah Abraham lalu sujud kepada bani Het, penduduk negeri itu,
serta berkata kepada mereka: "Jika kamu setuju, bahwa aku mengantarkan dan menguburkan isteriku yang mati itu, maka dengarkanlah aku dan tolonglah mintakan dengan sangat kepada Efron bin Zohar,
supaya ia memberikan kepadaku gua Makhpela miliknya itu, yang terletak di ujung ladangnya; baiklah itu diberikannya kepadaku dengan harga penuh untuk menjadi kuburan milikku di tengah-tengah kamu.

Abraham tdk perlu bilang dia ini raja,  tp org udh tau kalau dia raja. Seekor singa tidak perlu berkata dia singa tp org udh tau kalau itu singa. Kita tdk tergantung besar kecilnya kita tp seberapa impact yg kita buat bagi kota kita dan bangsa kita.

Raja agung = elohim
Abraham dikatakan elohim king o org org het.  Sbab ada Tuhan dlm diri abraham.
Seperti halnya hidup kita bila kita bisa berbuah dan buahnya itu dilihat org kita tdk perlu berkata aku ini siapa,  tp org sudah tau. Kalau Tuhan menyertai hidup kita itu yg membuat hidup kita diubah Tuhan. Sbab ada unsur Tuhan dlm hidup kita.

Co : motivator nick vujicic
Dia org yang  cacat tdk pny tgn dan kaki dia berkali kali mau bunuh diri suatu ketika dia bertemu dgn Tuhan, dan itu yg mengubah hidup nick. Nick sekarang jadi seseorang motivator yg luar biasa.

Kalau dlm kita ada Tuhan kita sedang menolong bny org yg tdk punya harapan.

Kejadian 14:13-16  Kemudian datanglah seorang pelarian dan menceritakan hal ini kepada Abram, orang Ibrani itu, yang tinggal dekat pohon-pohon tarbantin kepunyaan Mamre, orang Amori itu, saudara Eskol dan Aner, yakni teman-teman sekutu Abram.
Ketika Abram mendengar, bahwa anak saudaranya tertawan, maka dikerahkannyalah orang-orangnya yang terlatih, yakni mereka yang lahir di rumahnya, tiga ratus delapan belas orang banyaknya, lalu mengejar musuh sampai ke Dan.
Dan pada waktu malam berbagilah mereka, ia dan hamba-hambanya itu, untuk melawan musuh; mereka mengalahkan dan mengejar musuh sampai ke Hoba di sebelah utara Damsyik.
Dibawanyalah kembali segala harta benda itu; juga Lot, anak saudaranya itu, serta harta bendanya dibawanya kembali, demikian juga perempuan-perempuan dan orang-orangnya.

Kejadian 14:17-19 Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah raja Sodom menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja.
Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.
Lalu ia memberkati Abram, katanya: "Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi,

Abraham diperhadapkan dengan 4 kerajaan dan ketika dia menguatkan hati dan imannya maka kemenangan yang dari Tuhan mengikutinya. Abraham hanya membawa 318 pasukan sedangkan dia harus menghadapi 4 kerajaan dgn ribuan pasukan. Tapi Tuhan memberikan kemenangan yg mutlak.

Tuhan sedang buat masa percepatan dlm hidup kita.

Abraham mendapatkan lembah raja raja.
Tuhan memberikan 9 kerjaan dengan jarahannya. Hari itu abraham berkata kepada raja sodom ambil smuanya. Abraham tdk memilih harta dan kekayaan 9 kerajaan. Tp dia memilih roti dan anggur,  lalu raja melkisedekh memberkati dia.

Tuhan kalau lihat kita smart Dia akan buka jalan kluar buat hidup kita. Abraham hari itu dikuatkan Tuhan. jangan takut sbab abraham menentukan pilihan yang tepat.

Hari ini Tuhan memberikan pilihan dlm hidup kita, mari pilih yang tepat. Minta ke Tuhan supaya kita memilih di dlm ketepatan. Dan Tuhan akan berkata jangan takut Aku perisaiMu dan upahmu akan sangat besar. Abraham menikmati janji Tuhan dlm hidupnya. Kalau Tuhan sudah berjanji pasti digenapi.

Tuhan sanggup mengubah sesuatu dlm hidup abraham. Kalau hari itu abraham ambil kekayaan sodom mgkn dia tdk lagi ditulis dialkitab. Tp dia mengambil keputusan yang tepat.

Dan abraham diberkati Tuhan.

Minta ke Tuhan supaya dlm kehidupan kita mengambil langkah dengan tepat.

Tuhan memberkati.

Amin.

Copas Hendy F.

Komentar

Postingan Populer