Mahanaim

MAHANAIM


    * Kejadian 32:1-2
    32:1 LAI TB, Yakub melanjutkan perjalanannya, lalu bertemulah malaikat-malaikat Allah dengan dia.KJV, And Jacob went on his way, and the angels of God met him.
    Hebrew,
    וְיַעֲקֹב הָלַךְ לְדַרְכֹּו וַיִּפְגְּעוּ־בֹו מַלְאֲכֵי אֱלֹהִים׃
    Translit, VEYA'AQOV {dan yakub} HALAKH {dia berjalan} LEDAR'KO {pada perjalanannya} VAYIF'GE'U {dan mereka bertemu} -VO {kepadanya} MALAKHEY {malaikat2 dari} 'ELOHIM {Allah}
    32:2 LAI TB, Ketika Yakub melihat mereka, berkatalah ia: "Ini bala tentara Allah." Sebab itu dinamainyalah tempat itu Mahanaim.KJV, And when Jacob saw them, he said, This is God's host: and he called the name of that place Mahanaim. Hebrew,
    וַיֹּאמֶר יַעֲקֹב כַּאֲשֶׁר רָאָם מַחֲנֵה אֱלֹהִים זֶה וַיִּקְרָא שֵׁם־הַמָּקֹום הַהוּא מַחֲנָיִם׃ פ
    Translit, VAYOMER {dan dia berkata} YA'AQOV {yakub} KA'ASHER {seperti yang} RA'AM {dia telah mereka} MAKHANEH {bala tentara, kemah militer} 'ELOHIM {Allah} ZEH {ini} VAYIQ'RA {dan dia memanggil} SHEM {nama} -HAMAQOM {tempat itu} HAHU {ialah} MAKHANAYIM {mahanaim}

    Image

Mahanaim (Ibrani: מַֽחֲנַיִם - MAKHANAYIM, harfiah: dua tenda/ sepasang perkemahan. Kata ini berasal dari kata מַֽחֲנֶה - MAKHANEH, yang artinya: kemah/ tenda/ perkemahan; dalam konteks tertentu juga dapat bermakna "tentara/ pasukan tentara" (lihat penjelasan kata ini di exodus-laut-merah-terbelah-vt7560.html#p36711 ).

Mahanaim adalah suatu tempat di Gilead; di situ Yakub melihat malaikat-malaikat Allah ( מַלְאֲכֵי אֱלֹהִֽים - MAL'AKHEY 'ELOHIM), sebelum ia sampai ke Pniel dan berjumpa dengan Esau (Kejadian 32:2).

Mahanaim, ditentukan menjadi kota orang Lewi (Merari) di daerah suku Gad (Yosua 21:38; 1 Taw 6:80) dan letaknya di perbatasan Gad dengan Manasye di Gilead (Yosua 13:26, 30).

Mahanaim, sempat sebentar menjadi ibukota Isyboset, anakSaul (2 Samuel 2:8, 12, 29), dan kemudian tempat perlindungan Daud terhadap Absalom (2 Samuel 17:24, 27; 19:32; 1 Raj 2:8), kemudian menjadi kedudukan kepala daerah raja Salomo (1 Raja 4:14).

Image

Letak Mahanaim belum dapat dipastikan; bnd J. R Bartlett, POTT, hlm 252 catatan 47. Biasanya tempat itu ditentukan di tengah-tengah Gilead utara di Khirbet Mahneh, sebelah utara sungai Yabok. Tapi karena perbatasan Gad mengikuti aliran sungai Yabok, barangkali lebih baik menentukan letak Mahanaim kira-kira di tepi utara sungai Yabok.

Ada yang menganggap Mahanaim sedikit jauh dari sungai Yordan; menurut 2 Samuel 2:29, 'hampir sepanjang siang' dibutuhkan Abner untuk lari menuju ke timur dari Yordan ke Mahanaim. Ayat ini dapat diterjemahkan 'Abner mendaki melalui lembah sungai yg sempit'; terjemahan ini pun mendukung kesimpulan yg sama. Karena itu barangkali letak Mahanaim di daerah Yerasy, atau kr 10 km antara tenggara -- selatan dan tenggara dari Yerasy, yg menghadap ke tepi utara dari sungai Yabok.

Artikel terkait:

06-yakub-berjuang-untuk-berkat-allah-vt8139-20.html#p45296

http://www.sarapanpagi.org/mahanaim-vt8295.html

Komentar

Postingan Populer