Roh Takut Akan Tuhan

ROH TAKUT AKAN TUHAN

Ev. Iin Tjipto


Pada saat Roh Takut akan Tuhan ada dalam hidup saudara, maka saudara tidak akan dapat berbuat dosa. Bukan karena tidak ada kesempatan berbuat dosa, bukan karena ada orang yang terus mengawasi tetapi karena tiba-tiba ada rasa takut, takut untuk menyakiti hati Tuhan, takut kehilangan hubungan yang intim dengan Tuhan, takut kehilangan pengurapan, takut bahwa Tuhan sudah mempercayakan begitu banyak hal dan itu diambil dari hidup kita. Cukup saudara memiliki Roh Takut akan Tuhan maka itu akan membuat hidupmu, cara berbicara dan cara berpikir berbeda.

Saya memiliki seorang teman yang baik tapi tidak memiliki Roh Takut akan Tuhan, sehingga setiap kali dia kecewa dengan manusia, karena doanya tidak dijawab maka dengan mudah dia mulai bicara dengan teledor, seperti kalau memang Tuhan tidak suka dengan dirinya, biarlah dia pulang, terserah Tuhan, mau hancur ya hancur. Pada waktu saya dengar seperti itu, saya bertanya apa tidak takut bicara seperti itu. Saya berkata kepadanya bahwa saya ini sadar setiap tarikan nafas tergantung Tuhan. Kalau Tuhan membuat nafas saya sesak, saya akan sengsara. Tidak usah tarikan nafas, setiap kali kita ingin ke WC sepertinya mudah, tapi saya pernah bertemu seseorang yang tidak dapat buang air, perutnya kembung, kesakitan setengah mati dan saat saya melihat itu, saya berkata hidup ini bergantung sama Tuhan. Jadi saya tidak berani berkata kalau mau hancur ya hancurlah. Saya tidak berani mengeluh, tidak berani untuk  menghakimi orang. Sebab itu saya terus berkata kepada Tuhan, saya sangat memerlukan anugerahNya.

Mahanaim itu dibenci oleh banyak kalangan. Kalau satu hari saja Tudung Tuhan diambil dari kami, mungkin kami sudah rata dengan tanah. Kami tidak dapat hidup tanpa tudung Tuhan. Jika bukan karena Tuhan, kami ini sudah lama tidak ada. Sebab itu saya tidak berani untuk kebaktian biasa-biasa, tanpa doa syafaat, tanpa perang. Bukan karena kami adalah orang-orang yang sangat berani maka kami perang terus, tapi kami tidak mau ada iblis di sekitar kami, kami sapu bersih hingga dalam jarak 2 kilometer dari hidup kami dan dari pelayanan kami tidak ada iblis. Agar kami   tidak mudah disesatkan, tidak mudah dijebak, tidak mudah untuk terkena serangan iblis.

Orang bertanya mengapa perlu setiap hari deklarasi? Karena kami tidak mau ada banyak hal yang jika kami tidak klaim, tidak pegang dan kendalikan, maka dengan mudah daging kami atau keadaan akan menguntungkan si jahat. Tapi ujung dari semuanya, karena Takut akan Tuhan, tidak mau hidup mendukakan Dia, karena satu saja dari hidup kita disesatkan, itu melukai hatiNya dan merugikan Kerajaan Surga.

Saudara tahu ada perumpamaan tentang 5 gadis bijaksana dan 5 gadis bodoh. Tidak disebutkan 5 gadis jahat dan baik, tapi antara bodoh dan bijaksana. Yang gawat, orang Kristen tidak sadar bahwa bodoh dan bijaksana ini dalam segala hal. Orang yang bijaksana akan memakai hidupnya dengan benar, memakai uangnya dengan benar karena takut akan Tuhan. Yang bodoh akan memakai hidupnya, uangnya, dan apapun dengan sembarangan karena bodoh, hingga Tuhan berfirman ada orang kaya yang membangun lumbung, hidup dalam kemewahan dan Tuhan berkata orang kaya yang bodoh, hari ini engkau mati.
Roh Takut akan Tuhan akan membuat saudara mensyukuri segala hal yang Tuhan berikan dalam hidupmu, tidak menginginkan hidup seperti orang lain, yang ada hanya ucapan syukur. Karena tahu hidup yang Tuhan adalah yang terbaik dan kalau sampai berani mengeluh, itu namanya tidak tahu diri. Takut akan Tuhan juga membuat kita tidak tawar menawar dengan Tuhan, apapun yang Tuhan mau, kita berkata ya, sekalipun tampaknya tidak mungkin. Tapi ada banyak orang berani marah dengan Tuhan, berani kurang ajar dengan Tuhan, berani mengeluh ke Tuhan, berani seenaknya menjalani hidup yang Tuhan berikan. Mari belajar mengerti bahwa hidup ini hanyalah karena, untuk dan tentang Tuhan.
( Ev. Mikhael Indriati Tjipto)

---- Ketika Roh Takut akan Tuhan berjalan bersama saudara, maka saudara akan melihat keajaiban demi keajaiban dalam segala aspek, tiba-tiba saudara bersinar, saudara menyala kuat, saudara menjadi berkat, hidupmu akan terus naik dan tidak turun, menjadi pemenang bahkan lebih dari pemenang. Amin.

Komentar

Postingan Populer