Sejengkal Tanah Atau Seluruh Dunia

= SEJENGKAL TANAH ATAU SELURUH DUNIA =
Ps. Petrus Agung Purnomo



Ada satu tema yang saya ingin tanyakan dan Tuhan tanyakan buat kita, yaitu mana yang kita pilih : Setapak tanah, sejengkal tanah atau kita ingin terima seluruh dunia...?

Kisah Para Rasul 7 : 1-7
Stefanus yang penuh dengan Roh Kudus itu menceritakan panggilan Abraham.

The GOD of glory,  Allah Yang Maha Mulia bicara kepada Abraham dan menjanjikan kepada Abraham tanah Kanaan dan semua janji yang lain yang luar biasa, termasuk janji untuk memiliki dunia ini.

Siapakah The GOD of glory atau Allah Yang Maha Mulia ini....?? Buat orang Yahudi istilah The GOD of Glory adalah sebutan untuk Tuhan yang adalah " Mesias " bagi mereka. Orang Yahudi menantikan Mesias,  kemudian Tuhan datang sebagai Juru Selamat untuk menolong mereka.

Kita mengerti sekarang bahwa yang menampakkan diri kepada Abraham itu bukan Allah Bapa.. Bukan Roh Kudus tetapi Yesus sendiri. Yang memberikan janji kepada nya adalah Yesus sendiri.

Roma 4 : 13 Janji Tuhan kepada Abraham dan keturunan nya ialah mereka akan memiliki dunia akan tergenapi.

Kisah 7 : 5 Perhatikan kontras nya Waktu Abraham dan rombongan sampai di tanah Kanaan, sejengkal tanah pun tidak diberikan Tuhan kepada nya.

Saya bertanya : Tuhan, kenapa begitu? Sudah masuk Kanaan tapi setapak tanah pun tidak di beri... Tuhan mau berkata " Janjiku kepadamu bukan hanya setapak tanah, janji Ku kepadamu engkau juga akan memiliki dunia. "

Seringkali orang Kristen itu begitu, diajak membangun 30 tingkat kok pilih buka warteg,  dijanjikan seluruh dunia kok hanya mau setapak tanah.

Ini yang membuat tidak bisa nyambung bicara nya... Karena Tuhan bicara hal yang besar,  dia bicara soal jiwa2, dia bicara kegeraman rohani,  Revival....kita ini selalu bicara remah remah roti yang jatuh dari meja...begitu saja omongan nya,  bagaimana bisa selaras dengan hati Tuhan...??

Tuhan seringkali sedih melihat anak2 Nya tidak berkembang,  anak anaknya terbelakang. Terbelakang dalam kedewasaan,  terbelakang dalam iman dan terbelakang dalam pola pikir.

Abraham dan keturunan nya harus bisa melakukan beberapa hal
Yang pertama tidak ada pilihan lain..kita harus bayar sesuatu. Abraham ketika istrinya mati mau diberikan tanah gratisan oleh bani Het,  Abraham bersihkeras tetap mau membayar dengan harga penuh. Kenapa?? " Kalau aku tidak bayar, aku tidak punya hak legalitas atas tanah ini "

Kalau anda tahu peperangan rohani...kalau anda diperhadapkan dengan roh2 yang bawahan penampakan2, setan gundul,  setan gondrong, kuntilanak, pocong yang begitu begitu lah. Tetapi begitu engkau menghadapi yang makin tinggi pangkat nya itu peperangan bukan begitu lagi itu main nya Legal yang di pakai itu Firman begitu anda salah bicara, ia akan langsung menghadap Tuhan untuk menuntut saudara.

Kalau saudara baca di Alkitab , Tuhan berkata kepada Abraham " Tidak sekarang Nak,  bukan sekarang " karena yang tinggal di tanah Kanaan kebanyakan orang Amori.
Tuhan berkata " sebab kedurjanaan orang Amori belum genap"
Jadi Tuhan itu bukan Tuhan yang semena2 menggusur.. menyingkirkan!  Bukan tapi ada legalnya. Orang Amori sudah berabad2 tinggal di Kanaan,  maka untuk Tuhan menghapus mereka itu harus ada yang nama nya ukuran dosa,  ada takaran nya...ada hitungan nya.

Makanya kalau ada orang jahat..trus ada yang berkata jahat nya begitu kok tidak mati2...?? Itu kedurjanaan nya belum genap. Semua ada hitungan nya dan hitungan begini yang banyak orang Kristen yang tidak mengerti.

KALAU DALAM HATIMU MENGINGINKAN SUATU PELAYANAN TERTENTU,  BUATLAH SESUATU YANG LEGAL, BAYAR SESUATU

Katakan : Tuhan, kalau aku ingin punya ministry seperti ini, aku harus bagaimana...?? Itu anda harus mengerti.
Mis.  Anda mau buat pabrik disuatu daerah, berkati dulu orang2 ditempat itu, buat contoh pasar murah, pengobatan gratis,  katakanlah " Aku telah memberkati mereka, aku akan legal menjejakkan kakiku di tanah itu. Apapun yang anda kerjakan dan lakukan,  anda bayar harga nya, anda akan melihat hasil nya akan dahsyat, cara legal nya itu begitu dan tidak banyak orang Kristen yang mengerti.

Mungkin anda berkata : " Bapak bicara terlalu besar kalau seluruh dunia" Tidak.... Saya pernah cerita, hari ini hanya ada 22 orang yang benar2 mengendalikan ekonomi dunia dan semua sistemnya, dan ke 22 nya itu orang Yahudi keturunan Abraham.

Tuhan perlu membawa 75 orang Israel itu dipindah kan ke Mesir dulu, diberikan sepetak tanah yaitu Gosyen. Dan Gosyen tidak pernah lebih baik daripada tanah Kanaan, percayalah hanya dapat suburnya tapi bukan Promise Land.

Kenapa harus dikirim ke Mesir?  Sbab mereka harus beranak pinak dulu sampai menjadi hampir kira2 3 juta orang. Di samping itu ada aturan mainnya,  yaitu sampai kedurjanaan orang Amori itu genap,  biar mereka semakin durjana dulu sambil menanti orang Israel bertambah banyak.

Tahukah anda, bahwa semua itu ada hitungan Tuhan..?? Kalau anda mengerti hitungan Tuhan, anda akan cool.
Amsal berkata : " Orang yang berpengertian berkepala dingin" Punya cool spirit. Orang yang gampang emosian, gampang marah, gampang tersinggung, gampang nangis itu kurang cool,  karena kurang pengertian.

Cool bukan sesuatu yang bisa ditumpangi tangan langsung bisa cool begitu. Ini membutuhkan yang nama nya roh pengertian.
Roh pengertian datang nya dari mana?  Memang dari Tuhan. Tetapi wujudnya apa?  Menghitung, secara roh begitu. Jangan dikira saya tidak menghitung, saya menghitung,  mengalami apapun jangan bereaksi, hadapkan ke Tuhan dulu, minta Roh Kudus mengajari kita bagaimana hitungan nya.

Tuhan mengatakan begini : " Nak, kalau ada orang yang menyakiti kamu, ada orang menganiaya kamu, kamu harus mengerti hitungan nya. "

Kalau anda sedang mengalami serangan oleh siapa pun, diam saja,  nanti Allah akan berkata : ayo terus..terus..terus hanya terus dihitung saja. Orang yang emosi itu memukul, kalau yang dipukul diam saja, tidak bereaksi, biasanya dia tambah emosi,  dia akan terus memukul. Dihadapan Tuhan engkau yang menang,  karena itu adalah. " Penguasaan Diri ", lha itu perhitungan.

Jadi kalau anda menghadapi siapa pun mesti menghitung, karena Tuhan itu Tuhan yang menghitung.
Tuhan diam diam senyum senyum mengatakan : " Nanti aku hukum mereka nak, tetap ada hitungan nya.

Hari2 ini makin banyak diantara mereka yang mengikut Tuhan. Hati mereka gila gilaan buat Tuhan. Tapi ada orang Kristen yang sudah lama malah tidak punya api, sudah suam, sudah tidak ada rasa haus dan lapar lagi kepada Tuhan. Bahkan seringkali cari api asing kepada dunia.

Saya akan menunjukkan sesuatu yang luar biasa yang akan terjadi pada akhir zaman ini. Kalau kita hanya melihat tanda zaman dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, tidak banyak gunanya.

Di Yesaya 6 : 1 Dalam tahun matinya raja Uzia..

Raja Uzia adalah raja yang ditolong Tuhan dia menjadi kuat, lalu menjadi sombong dan melakukan hal yang merusak. Uzia nekat berani masuk ke Bait Allah untuk membakar ukupan, Padahal dia tidak punya hak untuk melakukan nya.
Lalu ada Imam Imam yang tegas dan berani mengkonfrontasi raja ini, tetapi dia marah..ketika dia marah dihinggapi kusta.
Dan Alkitab mengatakan,  pada tahun matinya raja uzia, terjadilah kegoncangan ketika pemimpin mati. Semua nya serba tidak jelas, walaupun untuk periode yang mungkin tidak terlalu lama..

Yesaya 6 : 1- 2 ...aku melihat Tuhan duduk diatas takhta yang tinggi dan menjulang, dan ujung jubah Nya memenuhi Bait Suci

Kata " Tuhan " disini digunakan kata : " Adonai " yang artinya Tuan, Master,  Lord.

Sekarang perhatikan siapakah yang dilihat Yesaya yang ada di sekitar takhta Nya
Yesaya 6 : 2 Para Serafim berdiri disebelah atas Nya, masing2 mempunyai 6 sayap,  dua sayap dipakai untuk menutupi muka mereka..dua sayap dipakai untuk menutupi kaki mereka dan dua sayap dipakai untuk melayang layang.

Siapakah Serafim ini,  kata " Serafim " itu dari kata " saraf " yang artinya " to burn ", untuk membakar.

Dihadapan Tuhan anda tidak boleh jadi orang yang suam, dan tidak boleh jadi orang yang beku. Anda lihat apa yang diambil,  dia mengambil bara api dari perbaraan mezbah Tuhan, karena dia malaikat yang tugas nya membakar ( Yesaya 6 : 3 )
Menariknya serafim ini tidak bicara kepada Tuhan, mereka saling berkata seorang kepada seorang " Kudus,  Kudus,  kuduslah Tuhan semesta alam, seluruh bumi penuh kemuliaan Nya "

Zaman ini akan muncul kelompok2 orang2 yang seperti Serafim yang tahu bagaimana membakar. Dia punya api Tuhan dan mereka saling bicara. Tetapi yang ajaib itu akan muncul sebuah generasi yang terdiri dari orang2 yang They Know How To Burn yang tahu bagaimana membakar. Mereka mengucapkan perkataan2 kekudusan, maka seluruh bumi akan penuh dengan kemuliaan Tuhan.

Saya berdoa,  Tuhan akan berbicara dengan kuat dalam hidup mu, karena Dia sesungguhnya sedang mencari orang2 yang dalam hatinya ada kobaran api Tuhan yang dahsyat membakar.

Seringkali kita biarkan mulut dan perkataan kita dalam kehabisan dan ada api asing,  karena tidak pernah bicara apa yang ada di hati Tuhan. Kita lebih sering bicara tentang kepahitan,  soal pendapat kita dan semua hal yang lain yang tidak masuk akal.. Yang tidak membawa kebaikan apapun dalam hidup kita.

Ke kristenan itu esensinya adalah relationship kita dengan Tuhan sendiri...bukan aturan demi aturan. Satu yang saya perhatikan setiap kali saya bertemu dengan orang2 yang pernah menjadi raksasa rohani di zaman nya...hati, roh dan jiwa mereka begitu tenang. Karena semakin kita bergaul dengan Tuhan ada kedamaian yang berbeda yang dialami. Tidak ada kegelisahan,  tidak banyak kekuatiran hidup.

Dengan Tuhan itu sama, kalau anda dan saya bisa terus berkata : "  Tuhan, aku ingin mengenal Engkau lebih lagi, " itu hubungan.

Banyak orang begitu GR berkata " O Tuhan dengan kita semua itu sama. " Menurut saya tidak sama. Sama bahwa engkau dicintai sampai matimu,  itu iya,  tetapi soal hubungan itu ternyata masing2 anda dengan Tuhan sendiri.

To GOD Be The Glory
Resume by Debora Novia

Komentar

Postingan Populer