Pergulatan Melawan Musuh

Paulus menegaskan bhw kehidupan sehari-hari yg kita jalani adl sebuah peperangan rohani; kita hrs menghadapi hari-hari yg jahat (Ef 5:16), masa yg sukar (2 Tim 3:1) dan tipu daya Iblis (Ef 6:11).

Wujud peperangan rohani yg hrs kita jalani di gambarkan oleh Paulus sbg sebuah pergulatan (...perjuangan kita... Ef 6:12) utk mengatasi berbagai jebakan, tipu daya maupun sistem dunia yg memang sdh berhasil di set up oleh musuh dg tujuan utk menghancurkan kehidupan Iman dlm diri kita. Dg kata lain, Roh Kudus tdk segera mengangkat kita utk masuk ke surga (yg diatas sana) dg tujuan agar kita dpt mengalahkan Musuh di 'rumahnya sendiri' - bumi ini, dan sekaligus merebut kembali 'rumah' yg selama ini sdh di acak-acak oleh Musuh utk menjadi semacam 'rumah dg banyak jebakan yg mematikan' krn sebetulnya 'rumah ini' - bumi ini adl milik dr Bapa kita...

1. Dlm suatu pergulatan, siapa yg lbh kuat adl pemenangnya.

Paulus menyebutkan bhw peperangan rohani yg hrs kita jalani dlm kehidupan sehari-hari sbg suatu pergulatan; sebuah pertarungan yg menuntut suatu kekuatan - dlm kasus kita sbg org percaya, bkn kekuatan fisik tp justru kekuatan mans rohani. Semakin kuat kondisi mans roh kita, semakin mudah utk kita menaklukkan 'hari yg jahat', 'masa yg sukar' maupun berbagai 'tipu daya Iblis' lainnya. Dg kata lain, jika kita trs bertumbuh didlm Dia maka scr otomatis kita akan menikmati kehidupan yg semakin mudah utk dijalani...

Permasalahannya, dunia rutinitas sehari-hari kita memang sdh di desain oleh musuh scr sedemikian rupa utk membuat kita trs mengalami pengalihan perhatian (dg cara membuat kita tdk bisa berfokus utk trs bertumbuh didlm Dia - menyibukkan kita dg berbagai kesibukan lahiriah) & berfokus pd hal-hal yg tdk penting lainnya.

Jika Tuhan sdh menegaskan bhw mans tdk bisa hidup tanpa firman (Mat 4:4) dan Dia menegaskan utk kita trs hidup didlm doa (1 Tes 5:17) artinya, itulah hal terpenting yg sehrsnya kita jdkan sbg fokus kehidupan kita; itulah yg dg sgl cara selalu diusahakan oleh musuh utk tdk kita lakukan....!

Didlm hidup kita, Tuhan sdh menaruh roh haus-lapar akan kebenaran & roh doa. Pergulatan kita dlm melawan roh-roh jahat adl utk bisa trs menjagai roh haus-lapar akan kebenaran & roh doa tsb agar tetap bertumbuh didlm diri kita. Saat kita dg konsisten trs membangun pertumbuhan mans roh kita sampai pd suatu titik tertentu, kehidupan sehari-hari kita pasti mengalami perubahan yg drastis & dramatis

2. Kehidupan sehari-hari maupun kehidupan berkeluarga yg akurat akan menolong mengkondisikan diri kita utk dpt trs bertumbuh didlm Dia (Ef 5:1-6:9)

a. Pastikan kita trs hidup dlm ketaatan (Ef 5:1)

b. Pastikan kita trs hidup didlm kasih (Ef 5:2)

c. Pastikan kita hidup dlm kekudusan - dlm pikiran, ucapan & tindakan (Ef 5:3-5)

d. Perhatikan siapa org yg trs mempengaruhi hidupmu (Ef 5:6-7)

e. Pastikan kehidupan sehari-hari kita trs memunculkan kebaikan, keadilan & kebenaran - trs mencari-cari, menjalani kehidupan yg memperkenan hati Tuhan (Ef 5:8-10)

f. Pastikan kita trs menularkan hati yg mencintai kebenaran & realita Tuhan ke sebanyak mungkin org (Ef 5:11-14)

g. Pastikan kita trs berfokus utk mengkondisikan diri selalu hidup dlm hikmat & kepenuhan Roh (Ef 5:15-18)

h. Pastikan trs ada roh yg bersyukur & penundukan diri satu sama lainnya (Ef 5:19-21)

i. Pastikan terbangun kehidupan suami-istri yg akurat (Ef 5:22-33)

j. Pastikan terbangun kehidupan berkeluarga (org tua - anak) yg akurat (Ef 6:1-4)

k. Pastikan terbangun kehidupan bersosial - majikan & hamba - yg akurat (Ef 6:5-9)
Membaca list diatas mungkin sebagian dr kita lgs berkata: "Mana mungkin itu semua bisa aku hidupi..." Tp yakinilah, semua yg 'sulit & berat' dr prinsip alkitab sdh dijalani oleh Kristus; dg satu tujuan agar kita semua dg mudah dpt menjalani setiap prinsip yg Tuhan berikan (Rom 8:3-4) Fokuskan pikiran pd pd penggenapan firman tsb, imajinasikan bgm kita menjalaninya, deklarasikan/ nubuatkan pd diri kita sendiri dan anda akan mendapati bgm kemampuan utk hidup didlm firman akan begitu saja muncul dr dlm batinmu.

Doa saya adl, biar anugerah utk hidup scr akurat didlm firmanNya tercurah didlm kehidupanmu sehari-hari...#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer