Kondisi Hati Yang Akurat

Ams 4:23  Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.
Yer 17:9-10  Betapa liciknya hati, lebih licik dari pada segala sesuatu, hatinya sudah membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya?
Aku, TUHAN, yang menyelidiki hati, yang menguji batin, untuk memberi balasan kepada setiap orang setimpal dengan tingkah langkahnya, setimpal dengan hasil perbuatannya."

Menjelang hari, jam & detik memasuki tahun yang baru, seringkali orang melakukan perenungan & eveluasi atas apa yang sudah ia lalui sepanjang tahun dengan harapan akan menikmati kehidupan yang lebih baik di tahun yang baru nanti.
Ayat diatas diberikan oleh Tuhan kepada saya untuk menjadi patokan perenungan bagi kita semua.

1. Kondisi hati yang akurat akan mengkondisikan untuk kita dapat menjalani hidup sebagai orang-orang benar.

Ada terlalu banyak janji yang dapat kita temukan dalam Alkitab tentang orang-orang benar. Semua berbicara tentang pembelaan Tuhan & promosi Ilahi yang akan Dia lakukan atas kehidupan orang-orang benar. Untuk mulai menjalani kehidupan sebagai orang-orang benar, yang pertama-tama harus dilakukan adalah memastikan untuk kita selalu menjagai kondisi hati kita.

Maz 18:23-26

(18-24) aku berlaku tidak bercela di hadapan-Nya, dan menjaga diri terhadap kesalahan.

(18-25) Karena itu TUHAN membalas kepadaku sesuai dengan kebenaranku, sesuai dengan kesucian tanganku di depan mata-Nya.

(18-26) Terhadap orang yang setia Engkau berlaku setia, terhadap orang yang tidak bercela Engkau berlaku tidak bercela,
(18-27) terhadap orang yang suci Engkau berlaku suci, tetapi terhadap orang yang bengkok Engkau berlaku belat-belit.
Pada saat kita memastikan motivasi hati, niat yang kita miliki selalu tulus dihadapan hadiratNya, otomatis Dia juga akan meluruskan jalan hidup kita! Masalahnya, seringkali saat kondisi hati kita mulai bergerak menjadi tidak akurat, kita tidak menyadarinya!

Teruslah lakukan pembedahan hati dihadapan hadiratNya & apapun yang menjadi teguran/ arahan Roh Kudus, responilah dengan roh yang lembut, mudah dibentuk, mau berubah - responi dengan hati yang bertobat!
Dengan kita menjalani hidup sebagai orang benar, Bapa menjanjikan bahwa Dia akan membuat kita menjadi seperti matahari yang bersinar dalam kerajaan Bapa (Mat 13:43)

2. Dengan kondisi hati yang akurat, Tuhan akan membangun kehidupan sehari-hari kita menjadi pola bagi banyak orang lain.
Apapun yang menjadi sepak terjang, tindakan & ucapan kita, sesungguhnya dipengaruhi oleh apa yang sudah 'tertanam & berakar' dalam kehidupan kita.

Permasalahannya, seringkali ada benih-benih ilalang yang berhasil ditaburkan oleh musuh disaat kita lengah (Mat 13:24-25 - dimalam hari, saat semua sedang tidur) Apapun yang musuh lakukan, selama itu hanya 'berupa benih', memang tidak membahayakan. Tapi bagaimanapun, itu adalah sama seperti bom waktu. Jika benih-benih tersebut mulai 'bertumbuh & memunculkan buah', maka 'kemunculan buah dari benih yang pernah ditabur musuh' tersebut bisa sangat merusak! Tidak ada alternatif lain. Dibutuhkan sikap hati yang akurat untuk kita menanggulangi berbagai manifestasi dari munculnya 'buah-buah dari benih yang ditabur musuh'. Gambarannya kurang lebih adalah sama seperti pasukan gegana yang baru bisa bertindak saat datang pelaporan tentang adanya bom disuatu tempat.

Selama tidak ada pelaporan, tidak ada tim gegana yang berkeliaran menyisir gedung demi gedung demi berharap menemukan adanya bom untuk dapat mereka jinakkan. Demikian pula dalam hidup kita. Adalah sulit untuk menemukan adanya manifestasi pekerjaan musuh dalam hidup seseorang selama itu hanya berupa sebuah 'benih'. Barulah saat benih itu mulai 'memunculkan dirinya' - bermanifestasi dalam kehidupan sehari-hari - baru dapat diambil suatu tindakan.

Dibutuhkan 2 jenis sikap hati untuk dapat menanggulangi manifestasi dari 'benih musuh':

a. Sikap hati yang selalu ingin menyenangkan hati Tuhan

b. Sikap hati yang selalu mengejar kebenaran & melakukan apa yang benar
Dengan kita meminta kepada Bapa agar memiliki ke dua jenis sikap hati ini, apapun manifestasi dari 'benih musuh' akan dapat kita redam setiapkali bermanifestasi.
Yesus berjanji: "Setiap tanaman yang tidak ditanam oleh Bapa-Ku yang di sorga akan dicabut dengan akar-akarnya..." (Mat 15:13)
Rindukan di tahun yang baru ini Tuhan terus membangun keIlahian & keakuratan dalam hidup kita. Rindukan untuk Tuhan mempromosikan hidup kita sebagai orang-orang benarNya di bangsa ini. Mari kita melangkah memasuki tahun yang baru dengan membawa roh yang berbeda - hasil pembentukan Tangan Tuhan sendiri; pastikan kita memasuki tahun yang baru dengan keakuratan & keIlahian yang dibangun oleh Roh Kudus ke dalam hidup kita.

Bersama dengan  seluruh kerabat kerja Renungan Harian Ps Steven Agustinus, saya mengucapkan selamat memasuki hari yang baru didalam tahun yg baru ini. HAPPY NEW YEAR...#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer