Ibadah Natal 25 Desember 2016

Natal 2016
JKI Higher Than Ever
Ps Victor
Domba dipadang Efrata
25 Desember 2016


Lukas 2:8-15 Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam.
Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.
Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:
Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.
Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan."
Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya:
"Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya."
Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita."

Kenapa gembala yg dipilih dan mendapatkan kbr kelahiran Yesus,  tapi hari itu Dia menentukan para gembala dipadang efrata. Tuhan punya maksud. Kelompok gembala org yg paling mengerti ttg kedatangan Tuhan. Para Gembala itu sedang mengembalakan domba domba korban yg khusus dibait Allah. Ada destiny yg ditetapkan u kawanan domba itu sbg korban. Domba yg tdk boleh ada cacat dan celah dibungkus dgn kain lampin. Dan suatu kali mjd korbab dibait Allah.

Kelompok yg paling dipilih Tuhan yaitu
1. Para Gembala

Karena kebanyakan org memakai domba sebagai korban,  tdk boleh ada yg cacat ketika akan dipersembahkan, tapi ahli ahli taurat malah menjualnya dgn sangat mahal. Domba khusus yg wajib di bawa dibait Allah.

Waktu malaikat dtg menjumpai para gembala itu merupakan hari pertama para gembala bertemu,  ketika pesan disampaikan oleh malaikat kpd para gembala bahwa ada tanda buat Mesias itu dibungkus kain lampin. Para grmbala tau penyelamat akan lahir dgn dibungkus lampin. Para gembala tau dan tdk bnyk pertanyaan dan itu juru slamat yg menyelamatkan dunia.

Mereka para gembala tau,
Kain lampin itu sign tanda domba domba untuk menjadi korban.
Gembala org yg mengerti ttg Tuhan. Dan mengasihi Tuhan.
Org yg kenal Tuhan. Org yg pertama kali Tuhan akan bicara ttg rencana dan hatiNya.

Yesaya 53:7  Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.

Org yg mengasihi dan mencintai Tuhan. Org yg dekat dgn Tuhan. Dan mengenal hatinya. Sesuatu yg besar sedang diberikan dlm hidup kita. Berjalan dgn kuat bersama dgn Tuhan. Th mendengar suaranya.

Ps. Hengky
Who is called by God

Kita ini pny yg namanya panggilan Tuhan.
Matius 2:1-16 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem
dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."
Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.
Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.
Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:
Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."
Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak.
Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: "Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya aku pun datang menyembah Dia."
Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.
Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.
Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.
Dan karena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain.
Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: "Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia."
Maka Yusuf pun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir,
dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku."
Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu.

Cerita org majus bertemu dgn bayi Yesus.
Pada saat kelahiran Yesus ada sesuatu yg sangat ironi sekali dan Dia dtg kepada umat yg dicintai dan dikasihi. Hati itu tdk ada pada seorang iman hanas dan kayafas. Seorang iman itu harus masuk ke bait Allah u membawa korban pendamaian. Dihari ulang tahun Yesus ahli taurat tidak diundang.
Apakah kita akan disapa Tuhan??
Tuhan tdk bisa menyapa iman hanas dan kayafas.

Lukas 3:2  pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Besar, datanglah firman Allah kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun.

Tuhan datang dng Firmannya menyapa yohanes pembaptis di padang gurun.
Gembala org yg lugu dan dipersiapkan u menyiapkan korban dibait Allah. Pertanyaannya apa kah kita akan disapa Tuhan bila Dia dtg yg kedua kali??
Tuhan dtg di kandang di palungan. Tuhan sedang cari hati yg percaya dan tdk berbantah. Keagamawian tdk bisa menyelamatkan kamu. Iman besar dan ahli taurat sangat kuat dgn keagamawiannya tp saat Yesus lahir mereka tdk disapa.

Org majus bukan org yahudi bahkan diperkirakan org arab atau org iran. Mereka percaya dan dgn untanya mereka berjalan jauh sampai mereka bertemu Yesus,  mereka dtg membawa hadiah buat Mesias, tanpa tgn kosong,  mereka tau ada seorang raja yg lahir. Walaupun jauh dan butuh waktu mereka akan berjalan dan mencari sampai ketemu.

Tuhan menyapa:
Gembala = org yg sederhana, hatinya mencintai Tuhan ( tulus)
Org majus = raja raja ( bangsawan), apapun harganya dia akan kejar walaupun sampai bertahun tahun dia harus bertemu dgn Mesias dan dia juga membawa korban persembahan saat bertemu Mesias.

Sampai raja herodes bertnya tnya. Sedang mencari siapa org majus yg bnyk ini. Hari itu org majus salah karena dikira Yesus lahir diistana.

Matius 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

Bagaimana dgn kita. Apakah kita akan disapa Tuhan waktu dia datang??

Org majus itu mengerti hal hal profetik mereka membawa emas kemenyan dan mur.
Emas = lambang kehormatan, tdk ternilai, mahal lambang kemurnian.
Kemenyan = tempat dupa = parfum =ukupan =lambang Yesus sbg imam besar
Mur = membalsam jenasah= antiseptik = kematian pendertiaan dan kesedihan.

Org majus mengerti dan mereka dtg kepada Yesus untuk menyembah.

Punyakah hati kita sprti itu kepada Tuhan??
Apapun kita kerjakan u Tuhan.
Apapun harganya menangkan jiwa.
Sampai kita disapa Tuhan saat Dia datang.

Amin.

Tuhan memberkati.

Hendy Ferdiantantama

Komentar

Postingan Populer