GLORIOUS TIME (MENGANDUNG VISI DARI TUHAN)

GLORIOUS TIME (MENGANDUNG VISI DARI TUHAN) 

 



TravellerS Phinisi, Holy Glory Church (HGC) Malembut

(18/12/2016)

Ps. Joseph Hendrik Gomulya.

Tahun ini Tuhan memberikan kepada kita di Bahtera tema Glorious Time, tahun kemuliaan Tuhan, waktu untuk anak-anak Tuhan dinyatakan sehingga untuk itu setiap kita harus bisa mempersiapkan diri untuk bekerja dengan iman yang timbul dari mendengarkan setiap Firman Tuhan yang berlaku sewaktu kita mengerti dan percaya setiap pewahyuan Tuhan.

Sewaktu kita berkata sorga menyentuh bumi, hal yang terjadi ketika Yesus lahir ke bumi, sewaktu anda dan saya mengaplikasikan kehendak sorga dan kehidupan yang ada di sorga dinyatakan kepada setiap kita anak-anak-Nya dan orang melihat sungguh-sungguh kemuliaan Tuhan yang berbeda dengan kemuliaan yang ada di bumi.

Berbicara tentang berkat Tuhan itu sangat kecil sekali dibandingkan dengan kemuliaan Tuhan. kemudian bagaimana untuk mengalami itu, apakah sebagai orang kristen maka secara otomatis mengalami kemuliaan Tuhan?

Ketika Yesus bisa datang ke bumi dalam kemuliaan-Nya maka tidak ada seorang pun yang bisa tahan untuk berdiri tetapi ketika kemuliaan Tuhan itu kemudian dimasukkan kedalam hidup Maria, kedalam tubuh manusia Maria dan kemuliaan Bapa itu tidak berkurang sedikitpun dalam tubuh Yesus sebagai manusia. Kemudian akan timbul pertanyaan kenapa Tuhan Yesus tidak memilih untuk datang ke bumi secara tiba-tiba saja? Kenapa Tuhan memilih membuat kisah kedatangan-Nya ke bumi melalui sebuah kisah yang sering kita baca dalam kisah natal? Kenapa Maria yang Tuhan pakai untuk mengandung dari Roh Kudus dan bukan yang lain? Setiap kita yaitu anda dan saya dipersiapkan Tuhan untuk masuk kedalam kemuliaan Tuhan.

Tema ini benar-benar powerful dan ini adalah kerinduan Tuhan yang terkoneksi dengan kemuliaan gereja-Nya. Ketika Tuhan memberi sesuatu itu pasti ada maksudnya dan mari kita bisa melihat ini sehingga kita sungguh-sungguh menghidupi, menerima dan hidup dalam kemuliaan Tuhan.

"Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” -- yang berarti: Allah menyertai kita. Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya, tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus." (Matius 1:18-25 TB)

Dari ayat diatas ada 3 kali Tuhan menulis kata mengandung atau kandungan ayat 18ayat 20,  dan ayat 23 bahkan di ayat 18 dikatakan mengandung dari Roh Kudus. Sewaktu Orang  mengandung dari Roh Kudus pasti akan mengetahui bahwa suatu waktu dia akan melahirkan suatu yang ilahi atau rohani sama seperti seorang wanita yang sedang mengandung anak akan mengetahui bahwa dirinya nanti akan melahirkan seorang anak. Sewaktu Maria mendengar pernyataan itu Maria meresponinya dengan berkata dalam Lukas 1:38 “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." jadi disini Maria sebenarnya bisa memilih apakah mau memilih untuk mengandung dari dari Roh Kudus atau menolaknya setelah menerima pernyataan itu. Ada banyak orang yang tidak percaya akan kemuliaan Tuhan, tidak percaya akan waktu dimana mereka akan mengalami kemuliaan Tuhan itu. Kepala atau pikiran kita memang tidak singkron atau tidak mampu menangkap kemuliaan-Nya tetapi iman anda percaya akan Firman Tuhan sehingga kemudian anda bisa merasakan dan mengalami kemuliaan Tuhan itu.

Dalam Lukas 1:27 ditulis bahwa Maria adalah seorang perawan. "kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria." Apabila anda ingin mengandung benih Ilahi di roh anda maka pastikan Tuhan melihat anda seperti seorang perawan yang dalam bahasa inggris kata perawan ini berarti pure atau murni. Tuhan sedang mencari di tengah-tengah dunia yang jahat ini, didunia yang orang-orangnya selalu mementingkan ego atau kepentingannya sendiri sehingga sudah pasti bukan Tuhan yang menjadi utama dalam hidupnya. Saat ini tidak banyak orang yang seperti Maria yang memiliki hati yang pure atau murni. Apabila anda menginginkan kandungan roh anda dibuahi maka anda harus selalu meminta Tuhan untuk mentahirkan hati anda untuk Tuhan dapati hati anda selalu murni dihadapan-Nya.

Sangat banyak orang ketika ingin melayani Tuhan atau ketika ingin dekat dengan Tuhan terkadang karena ada motivasi yang lain yaitu hanya untuk supaya diberkati dan diurapi yang memang itu sesuatu yang rohani dan kelihatannya baik, tetapi di level untuk mengandung benih Ilahi itu tidak diperbolehkan karena itu harus murni. Sebagai anak-anak Allah kita tidak lagi berada di level yang biasa, yang melayani bukan hanya untuk diberkati dan diurapi. Janji Tuhan dalam Firman-Nya memang berkata kita akan diberkati ketika kita melayani Tuhan dan menuai lipat kali ganda tetapi itu bukan hak kita karena Tuhan yang menumbuhkannya. Ketika diberkati dan diurapi itu yang menjadi motivasi anda di level mengandung ada waktu dimana ketika awal-awal anda bertobat berkat Tuhan akan mengikuti tetapi sewaktu anda dewasa, sewaktu hati anda semakin dimurnikan ketika anda melayani Tuhan dan menginginkan sesuatu maka keinginan itu akan semakin menjauh dari anda tetapi justru ketika tidak menginginkan itu lagi Tuhan malah memberikannya. Ini adalah tanda bahwa anda dibawa Tuhan untuk naik level, Tuhan sedang memurnikan yang didalam anda dan tidak menginginkan yang lain selain Tuhan.

Ketika setiap orang memperkatakan perkataan yang sama "tidak menginginkan yang lain selain Tuhan" tetapi Tuhan bisa membacanya berbeda. Bahkan ada orang yang bisa sampai menangis karena harus meninggalkan semua yang baik dan memilih untuk bersama Tuhan. Contoh yang sama dalam penyembahan, ketika menyanyikan lagu yang sama ada orang yang penyembahannya bisa menyentuh hati Tuhan karena penyembahannnya berbicara tentang hidupnya dan bukan hanya sebatas kata-kata yang bagus dan indah. Mari meminta untuk Tuhan terus memurnikan, ketika Tuhan belum menjawab doa kita dan kemudian ada permasalahan atau hal lain yang muncul kita tetap mengejar dan menginginkan Tuhan, tidak ada yang lain. Terkadang dalam proses pemurnian, orang yang sangat begitu kita harapkan justru mengecewakan, ini adalah bagian dari cara Tuhan memurnikan hati kita. Tuhan mempunyai banyak cara untuk memurnikan hati kita, tujuannya adalah supaya Dia menaruh benih Ilahi yaitu Roh Kudus didalam hidup kita. Roh Kudus akan memberi benih yaitu kehendak dan visi BAPA dan orang yang mempunyai visi atau mengandung dari Tuhan maka hidupnya akan bergairah. Ibu-ibu yang sedang mengandung mengetahui bagaimana melahirkan, orang yang mengandung mengetahui bahwa proses yang sedang dijalaninya itu butuh proses dan waktu, ada suatu keadaan yang tidak biasa bahkan seorang ibu yang sedang mengandung  mengetahui bagaimana menanti-nantikan dan bagaimana sakitnya ketika melahirkan tetapi dibalik itu ada sukacita.

Mengandung adalah sebuah proses dimana dua pribadi menjadi satu, pribadi Roh Allah dan pribadi Maria itu menjadi satu. Apakah Tuhan bisa menaruh benih Ilahi, kandungan dari Roh Kudus dan menaruh visi didalam roh anda dimana ini membutuhkan waktu untuk anda dengan Tuhan bersatu dalam sebuah hubungan keintiman (privasi) yang orang lain tidak ketahui. Proses untuk Maria dimurnikan bertahun-tahun untuk mempersiapkan dirinya untuk menjadi seorang yang murni hatinya untuk Tuhan menaruh kandungan Ilahi itu. Maria bukan wanita sembarangan, Dia mengetahui bagaimana kasih karunia Tuhan dan menjadi dewasa dalam kasih karunia itu.

Ada dua sisi kasih karunia dimana orang seringkali menganggap bahwa melalui kasih karunia Tuhan, orang bisa kembali berbuat dosa dan Tuhan akan mengampuni dirinya dan hatinya berbalik kembali kepada Tuhan dan merasakan kasih karunia Tuhan akan pengampunan dan perubahan hidup dari hari ke hari. Tetapi ada satu kasih karunia dimana pribadi  Tuhan yang Tuhan mampukan untuk dia mau sepadan dengan Tuhan ia menjadi dewasa. Ketika orang melakukan sesuatu dengan sembarangan, dia selalu menghitung. Ketika perempuan lain menajiskan diri dengan laki-laki lain, dia mengetahui bagaimana menjaga dan mengukur agar jangan sampai itu masuk, jangan untuk sampai menajiskan diri tetapi justru menjaga benar hatinya, ini adalah kasih karunia dalam bentuk yang lain.

Segala sesuatu ada hitungannya dari Tuhan, apabila anda mengetahui bagaimana anda menjaga diri anda, anda memilih mengikuti apa yang di hati Tuhan, kasih karunia-Nya yang akan membantu anda. Ada banyak pelayan Tuhan, melayani harus jatuh bangun karena tidak memilih untuk menjadi dewasa dalam kasih karunia-Nya dengan menghitung dan menjaga hati Tuhan, kemurnian itu.

Yusuf setelah menikah sebenarnya bisa tidur dengan Maria, tetapi Yusuf menghormati dan mengasihi Tuhan dengan tulus hati. Tulus hati berarti tidak ada yang lain, tidak ada motivasi yang lain hanya Tuhan. Jadi apabila anda ingin mengandung dan melahirkan, jagalah hati anda untuk selalu tulus. Ketika anda tulus sepertinya adalah sebuah kebodohan, seperti Yusuf yang sepertinya bodoh ketika harus menikahi Maria yang hamil yang bukan darinya. Sewaktu anda mengandung dari Tuhan, itu memang bodoh bagi dunia tetapi pilihlah untuk tulus sekalipun semua orang tidak mengerti karena anda mengetahui hati anda kepada siapa. Banyak orang didalam pelayanan di gereja tidak membuahkan hasil karena tidak mengetahui bagaimana mengandung dan justru mandul karena tidak pernah belajar untuk bersekutu dengan Tuhan, tetapi sebelum bersekutu dengan Tuhan anda harus menyiapkan hati anda karena sewaktu Roh Kudus membuahi itu tergantung Roh Kaneh-anehdalam proses menuju ke situ hati anda harus dimurnikan.

Sangat banyak orang yang masih kekanak-kanakan, selalu menggurutu dan motivasi hatinya yang aneh-aneh sehingga tidak pernah bisa mengandung. Ketika anda tidak punya apa-apa, tetapi anda tetap taat melayani dengan murni dan tulus, anda menjalani proses itu untuk dimurnikan dengan Tuhan, sekalipun itu kelihatannya bodoh. Sewaktu anda tulus dengan Tuhan maka anda akan merasa berbeda karena ketika anda tidak belajar untuk tulus maka anda akan menjadi orang kristen yang selalu sulit karena proses didikan Tuhan sebenarnya adalah untuk membuat anda belajar tulus dan murni dengan Tuhan.

Ketika hidup anda dipakai Tuhan apakah anda mau melayani atau taat melakukan apa yang Tuhan inginkan dengan passion sekalipun anda harus berjalan kaki, tidur ditempat yang tidak layak, atau anda memilih melayani orang-orang yang orang lain hindari seperti melayani orang miskin ditempat kumuh, melayani orang-orang dipenjara dan melayani orang-orang yang tertular HIV AIDS atau anda tetap memilih melayani sekalipun tidak ada persembahan yang diharapkan dan anda melakukan semua itu dengan tulus dan persiapan yang anda lakukan masih sama seperti dahulu. Kalau anda ingin mengandung yang besar anda harus belajar karena sesuatu yang besar ketika benih itu ditaruh harus murni dan tulus dimana yang selalu menjadi penghambat bukan orang lain tetapi keegoisan dan kepintaran diri kita sendiri yang membuat kita tidak bisa mengandung dan mengikut Tuhan. Kalau anda tidak belajar untuk bergantung atau tulus dengan Tuhan dan tidak bergantung kepada orang lain termasuk tidak mengutang kepada orang lain ketika tidak punya apa-apa, maka anda tidak akan pernah bisa mengandung benih yang besar, kemuliaan yang jauh lebih besar dan membawa kita ke pulau demi pulau sampai ke bangsa-bangsa.

Ketika gereja ini dibawa Tuhan ke pulau demi pulau bahkan kelak ke bangsa-bangsa, bisakah kita tetap percaya ketika dananya tidak ada dan tetap bergerak maju tanpa bergantung kepada donatur-donatur. Didikan Tuhan membuat kandungan anda itu tulus kepada-Nya, kasih Tuhan kepada setiap orang tetapi yang menjadi masalah adalah persiapan hidup kita, kedewasaan seseorang untuk mengandung benih ilahi karena tidak mungkin seorang anak-anak atau orang yang masih kekanak-kanakan bisa mengandung benih yang Ilahi. Hati kita bisa sangat menipu diri kita sendiri apabila hati kita tidak belajar untuk jujur dan murni dengan Tuhan untuk selalu belajar taat mulai dari hal yang terkecil, yang menguji hati kita maka kita bisa mengetahui bagaimana memurnikan hati kita. Kalau anda tidak mengambil waktu untuk berdiam ataukah mulai belajar mengenal isi hati Tuhan, kalau anda mempunyai hubungan yang intim dengan Tuhan kalau ada sesuatu yang tidak pas dihati Tuhan mungkin bagi orang lain itu tidak masalah tetapi kalau ada sesuatu yang tidak pas, anda bisa merasakan ada sesuatu yang janggal yang tidak sesuai dengan isi hati dan keinginan Tuhan, merasakan perasaan Roh Allah ketika melenceng dari ketetapan yang Dia inginkan.

Ketika kita melatih diri dan terus memurnikan hati kita, terus membuat hati kita tulus dengan Tuhan disaat sebenarnya  kita tidak mampu, tetapi disaat kita justru semakin mengejar Tuhan. Untuk masuk Glorious Time adalah kita tidak memasukinya dengan sifat kekanak-kanakan tetapi dengan kedewasaan dan sikap hati kita benar yang adalah kerinduan Tuhan. Mari meminta dan teriak kepada Tuhan, meminta anugerah, percepatan untuk Tuhan murnikan kandungan roh kita untuk masuk kedalam Glorious Time. Kalau Tuhan menaruh benih Ilahi maka rumah belajar yang awalnya hanya sedikit bisa menjadi ratusan dan ribuan diseluruh indonesia, kalau Tuhan menaruh benih ilahi maka anda dan saya akan Tuhan pakai untuk berkhotbah diseluruh indonesia bahkan bangsa-bangsa, ketika Tuhan menaruh benih Ilahi maka anda yang seorang pengusaha akan memiliki bermacam-macam usaha  yang meledak. Ketika anda masuk Glorious Time berarti ada sesuatu yang Ilahi.

Seringkali Tuhan menyuruh melakukan sesuatu seperti dengan menabur bukan disaat kita mampu atau disaat kita punya atau memiliki segalanya tetapi disaat kita tidak punya. Sewaktu anda sepakat dengan Tuhan melakukan apa yang diinginkannya jangan biasakan untuk anda melakukan itu semua dengan sebuah alasan tetapi belajar sepakat untuk melangkah dengan Tuhan dan percaya. Kalau hidup anda sendiri saja tidak belajar untuk melangkah dengan iman, bagaimana anda bisa membawa banyak orang kepada Tuhan. Proses yang lalu adalah proses untuk membuat anda murni dan hati anda bisa percaya serta radikal dengan Tuhan.

"Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus." (Matius 18:20 TB)

Apabila anda mengetahui bahwa kandungan benih yang anda terima itu dari Tuhan, anda tidak akan takut. Ketidakmengertian, ketidaktauan membuat Yusuf takut tetapi setelah mengetahui bahwa kandungan itu dari Roh Kudus, visi yang dari Tuhan maka anda tidak akan takut. Kandungan yang dari roh selalu iblis ingin cemarkan dengan yang dari daging. Pekerjaan rohani harus dikerjakan secara rohani, tantangan yang paling besar adalah selalu kita menginginkan kemanusian kita yang ambil bagian dalam menolong Tuhan, ambil bagian untuk menggenapi rencana-Nya. Tetapi Yusuf mengetahui dengan benar bahwa ini bukan bagiannya sehingga dia tidak menyentuh Maria. Sewaktu Tuhan memberi kandungan dalam roh anda, anda harus menjaga dan memastikan anda tidak menambahi atau menaruh benih yang lain.

Kalau hanya sekedar untuk mengumpulkan banyak orang dengan cara manusia, dengan cara duniawi dan memakai kekuatan sendiri itu sangat mudah tetapi itu bukan dari Tuhan karena yang kita inginkan adalah pekerjaan Roh-Nya yang bekerja ditengah-tengah kita.

"Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi" (Matius 1:21-22 TB)

Ada banyak nubuatan di akhir jaman dimana Tuhan sedang menantikan siapa yang akan menggenapi, siapa yang akan Dia nyatakan sebagai penggenapan dari nubuatan di akhir jaman itu. Kerinduan Tuhan dari setiap kita adalah berbicara tentang penggenapan janji dan nubuatan Tuhan di akhir jaman ini. Anda dan saya adalah cerita dari penggenapan Firman Tuhan yang disampaikan oleh nabi-nabi yang terdahulu. Tuhan sedang mencari dan ingin menaruh di hidup setiap kita sewaktu memilih untuk menjadi berbeda dan mengkhususkan diri, memurnikan diri untuk menjadi penggenapan dari setiap Firman Tuhan yang dahulu disampaikan melalui nabi-nabi-Nya.

"Dan mereka semua tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, sekalipun iman mereka telah memberikan kepada mereka suatu kesaksian yang baik. Sebab Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita; tanpa kita mereka tidak dapat sampai kepada kesempurnaan." (Ibrani 11:39-40 TB)

Yesus datang untuk menyelamatkan dunia setelah itu murid-murid yang meneruskannya. Sewaktu Yesus berada didunia, itu belum tergenapi bahkan murid-murid-Nya pun belum menggenapinya. Tuhan menginginkan melalui setiap kita ada banyak nubuatan, ada banyak rencana Tuhan dimana tanpa kita mereka tidak dapat sampai kepada kesempurnaan. Anda dan saya yang berada di penghujung akhir jaman ini memiliki kerinduan untuk Tuhan menjadikan hidup kita untuk menggenapi kesempurnaan-Nya atas rencana-Nya atas bumi ini.

Maria memiliki kerinduan untuk tidak lagi hidup untuk diri sendiri, untuk kesenangannya sendiri tetapi hidup untuk membawa tujuan Tuhan. Tidak mungkin orang yang berada didalam Tuhan tidak mengalami damai sejahtera, sukacita dan suasana sorgawi tetapi tujuan kita adalah untuk menggenapi setiap Firman-Nya.

Amin...

Written by Untung Bongga Karua. 

Komentar

Postingan Populer