Menanam Rose Of Sharon

Menanam Rose Of Sharon 



Bunga Kembang Sepatu dikenal juga dengan istilah ilmiah Hibiscus rosa-sinensis L. Ia merupakan tanaman semak yang digolongkan ke dalam suku Malvaceae. Konon bunga cantik ini berasal dari tanah Asia Timur. Sebagai tanaman hias, kita bisa menjumpai bunga kembang sepatu dalam berbagai warna, mulai dari merah muda hingga, ungu hingga merah tua.

Bunga Kembang Sepatu

Bunga tanaman ini terdiri atas daun kelopak juga kelopak tambahan atau epicalyx. Bagian mahkota bunganya sebanyak 5 lembar. Tangkai putiknya mirip dengan silinder yang memanjang dan dikelilingi oleh tangkai sari oval. Tanaman kembang sepatu ini bisa mencapai ketinggian 2 hingga 5 meter. Tak sekedar hiasan, tanaman dengan bunga serupa terompet ini juga ternyata ditanam sebagai herba obat.

Ciri Ciri Bunga Kembang Sepatu Sehat – Kembang sepatu merupakan salah satu jenis tanaman hias yang berbunga. Kembang sepatu telah muncul sejak puluhan tahun yang lalu. Walaupun termasuk tanaman hias yang telah lama, namun keberadaan kembang sepatu tetap menjadi primadona bagi sebagian orang yang ada diseluruh dunia ini. dari mana kembang sepatu ini berasal?
Mungkin sebagian dari Anda sedah tahu dari mana kembang sepatu ini berasal. Tanaman hias yang satu ini berasal dari benua Asia bagian timur. Pertama-tama suku Malvaceae lah yang menemukan tanaman hias kembang sepatu ini.
Suku Malvaceae ini berasal dari benua Asia Timur. Lama kelamaan kembang sepatu mulai menyebar kebeberapa wilayah di benua asia dan akhirnya menyebar keseluruh dunia termasuk Indonesia.Ciri Ciri Bunga Kembang Sepatu Sehat

Kembang sepatu ini hidup pada negara beriklim tropis dan sub tropis. Kembang sepatu tidak dapat ditemukan pada negara yang beriklim dingin karena itu bukan tempatnya. Dengan kata lain bahwa kembang sepatu tidak bisa ditemukan pada sembarangan negara.

Ciri-Ciri Bunga Kembang Sepatu Sehat

Hanya di negara yang beriklim tropis dan subtropis saja yang dapat ditemukan tanaman hias yang satu ini seperti di Indonesia.
Namun, di Indonesia tanam kembang sepatu sudah mudah dijumpai dimana-mana. Sebutan kembang sepatu di Indonesia adalah bunga raya. Mengapa dikatakan sebagai bunga raya? Karena bentuk dari bunganya yang sangat megah yang menyebabkan tanaman ini disebut sebagai bunga raya.

Kembang sepatu memiliki berbagai macam bentuk dan warna. Dari bentuk biasa hingga bentuk yang unik-unik. Kini, kembang sepatu telah muncul dengan bentuk yang baru. Bentuk yang baru ini menambah daftar panjang bentuk dan warna dari kembang sepatu.
Selain itu, para penghobi sangat senang dengan kehadiran kembang sepatu jenis baru tersebut. Lantas, apa-apa saja jenis dari kembang sepatu? Jenis dari kembang sepatu diantaranya adalah:

Ciri Fisik Bunga kembang Sepatu 

  1. Lemon.Ciri-cirinya yaitu memiliki warna engna kombinasi antara kuning lembut bercampur putih.
  2. Reva. Ciri-cirinya yaitu memiliki warna merah bercampur dengan orange. Memiliki kelopak yang besar dan tidak mudah rontok bunganya.
  3. Blue berry. Ciri-cirinya yaitu memiliki warna ungu seperti warna blue berry. Warna unggu pada blue berry ini termasuk warna ungu yang langka.
  4. Cute canyon. Ciri-cirinya yaitu memiliki warna merah muda yang lembut.
Itu tadi beberapa jenis dan bentuk dari tanaman hias kembang sepatu.
Bunga kembang sepatu ini memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya adalah dapat berbunga sepanjang tahun. Hal ini yang membuat sebagian orang tertarik pada bunga kembang sepatu. Selain itu, bunga ini juga mempunyai berbagai macam manfaat.
Diantaranya adalah dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Dapat dijadikan sebagai bahan obat-obatan tradisional.Dapat dijadikan sebagai bahan pewarna. Bahkan di India, bunga ini dijadikan sebagai bunga persembahan.

Tidak hanya itu, bahkan di Malaysia bunga ini sudah dijadikan sebagai bunga nasional Malaysia.Demikian sedikit penjelasan tentang Ciri-Ciri Bunga Kembang Sepatu Sehat semoga bisa berguna dan bermanfaat..salam..

Cara Menanam Bunga Kembang Sepatu

Tanaman bunga sepatu, biasanya ditanam pada lahan terbuka, karena biasanya tinggi bunga sepatu bisa mencapai 2 sampai 3 meter, dan bunga sepatu juga bisa ditanam sebagai tanaman merambat pada pagar halaman anda. Untuk penanaman bunga sepatu anda perlu menyiapkan tanah yang subur, dan anda perlu membersihkan lahan tanam dari bebatuan dan rumput liar, sehingga tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Setelah anda menanam tanaman tersebut pada media tanam yang sudah anda siapkan, maka anda perlumemberikan pupuk untuk penambah unsur hara pada tanaman. Untuk kedua tanaman ini bisa dengan menggunakan pupuk kandang seperti dengan memberikan kotoran kambing, sapi dan kuda, dan pupuk kandang akan dapat menyimpan air terutama saat musim kemarau. Anda juga bisa menggunakan pupuk kimia yang didalamnya mengandung unsur pertumbuhan terutama untuk anggrek yaitu nitrogen, fosfor, potasium dan kalium, kalsium, magnesium dan juga sulfur.

Selanjutnya adalah proses penyiraman, untuk tanaman bunga baik di lahan terbuka ataupun di dalam pot. Anda perlu melakukan penyiraman yang baik dan teratur, dan jangan terlalu berlebihan karena dapat merusak tanaman. Anda bisa menggunakan semprotan untuk menyiram, sehingga air yang keluar tidak berlebihan.

Selanjutnya adalah proses perawatan, yang harus anda perhatikan adalah penyiraman dan pembunuhan hama atau gulma dengan penyemprotan obat pada tanaman, sehingga tanaman bunga sepatu dan anggrek dapat tumbuh dengan indah dan segar.

Manfaat Kembang Sepatu

Menanam bunga kembang sepatu di pekarangan Anda merupakan pilihan bijak. Selain untuk menghias taman, ia juga bisa menjadi obat bagi keluarga. Tahukah kalian bahwa kembang sepatu bisa mengobati penyakit semacam batuk lendir dan berdarah, radang pada saluran pernafasan, demam karena malaria, keputihan, godongan, memperlancar haid hingga sariawan.

Bagian tanaman yang biasa digunakan adalah daun dan kelopak bunganya. Untuk penyakit sariawan misalnya, resep obat dari bunga kembang sepatu sebagai berikut:
  1. Ambil daun kembang sepatu sebanyak 30 gram.
  2. Pastikan Anda sudah mencucinya bersih.
  3. Kemudian seduhlah daun tersebut dengan air panas sebanyak 100 ml. Diamkan kurang lebih 15 menitan atau sampai dingin.
  4. Selanjutnya, saring dan ambillah airnya.
  5. Minum ramuan tadi, 3 kali dalam sehari hingga sariawan hilang.

Manfaat bunga kembang sepatu tak hanya sebagai obatan sesungguhnya. Di India misalnya, tanaman ini lazim dimanfaatkan bunganya sebagai semir sepatu juga bunga untuk sesajen. Adapun di Tiongkok, bunga kembang sepatu diolah dan digunakan sebagai pewarna alami. Di Jepang, bunga kembang sepatu lebih jauh lagi. Ia ditanam banyak di pemakaman sebab ia merupakan simbol kehidupan setelah kematian. Bunga sepatu, di Jepang dikenal dengan nama Gushonu Hana.

Komentar

Postingan Populer