IBADAH MINGGU IFGF PALEMBANG 25 DESEMBER 2016

IBADAH MINGGU IFGF PALEMBANG
25 DESEMBER 2016

By: Ps. Robert Lie
 

God has something great in your future, 2017.

Yeremia 29:11
11: Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Biar tahun 2017 jadi tahun yang luar biasa dalam hidup kita. Kita boleh merancangkan masa depan kita, tapi harus siap untuk setiap intervensi Tuhan, karena itu pasti menjadi rancangan yang lebih baik dari rancangan kita sendiri.

Kenapa kitab Rut itu istimewa?
- Hanya ada 2 buku di Alkitab yang menggunakan nama wanita, yaitu Ester dan Rut.
Kalau nama Ester ditulis, wajar karena dia adalah orang Yahudi dan dia menyelamatkan bangsanya, terjadi pembalikkan keadaan karena Ester.
- Bukan hanya Rut adalah wanita, tapi dia orang Moab, dan artinya dia seorang kafir (bukan umat pilihan Tuhan). Bukan hanya kafir, tapi juga dia bukan berasal dari umat Tuhan.
- Kitab Rut menceritakan seorang janda muda dan miskin.

Dia orang Moab, seorang janda, miskin lagi. Janda di Israel itu hilang status sosial dan politiknya. Kitab Rut menceritakan tentang janda miskin, tapi bukan hanya satu, tapi juga ada dua janda miskin, Rut dan Naomi.

Rut memulai "karir" dari titik terendah, tapi ketika engkau percaya Tuhan, engkau bisa mengalami pembalikkan keadaan, karena Tuhan adalah Master of Breakthrough.
Kenapa Rut bisa berubah dari janda miskin yang memelihara janda tua miskin dan bahkan kepahitan, tapi kehidupan mereka berubah menjadi kebaikan. Sekalipun engkau berada di titik terendah, jangan minder, terus maju.

Keberanian apa yang dimiliki Rut sehingga kehidupannya bisa berubah dan mencatat sejarah?

1. Rut memiliki keberanian untuk percaya pada Tuhan
Rut orang kafir, dia janda, dan dua hal ini bukan hal yang baik untuk dimiliki. Kisah Rut menceritakan banyak hal yang ajaib dari rekayasa yang dilakukan Tuhan.
Kronologis kisah Rut:
- Di Efrata Betlehem terjadi kelaparan
- Elimelekh pindah ke Moab
Kalau tidak terjadi kelaparan, tidak mungkin Elimelekh pindah ke Moab. Kalau Elimelekh tetap di Efrata, dia tidak akan bertemu dengan Rut. Tuhan mendesign kelaparan di Efrata sehingga Elimelekh pindah, karena tidak mungkin orang Israel pindah ke Moab atau sebaliknya.
- Kedua anaknya mati
- Efrata tidak ada kelaparan lagi

Kenapa Tuhan tidak berkati mereka sehingga mereka bisa bertahan? Tapi karena rencana Tuhan, Tuhan rekayasa agar mereka bertemu dengan Rut, dan akhirnya kembali ke Efrata untuk bertemu dengan Boas. Rut orang Moab asli, dia menikah dengan orang Israel (Mahlon), lalu Mahlon meninggal, tapi kenapa setelah itu Rut tidak kembali ke Moab dan mencari suami di Moab? Karena memang Tuhan sudah rancangkan hidup yang ajaib bagi Rut.

Rut tetap percaya bahwa Tuhan memegang kehidupannya, sekalipun di saat itu sepertinya tidak ada masa depan yang cerah.

Mazmur 139
Tuhan menulis hidup kita bahkan sebelum hari-hari yang terjadi. Kalau engkau nurut sesuai yang Tuhan tulis, hidupmu itu pasti akan membawa kemuliaan Tuhan.


2. Rut memiliki keberanian untuk membuat keputusan yang sulit
Pemimpin hebat bukan pemimpin yang banyak pengikut, tapi pemimpin yang bisa mengambil keputusan di masa-masa sulit. Rut berani membuat keputusan yang tepat di masa-masa sulit hidupnya. Keputusan Rut untuk kembali dengan Naomi adalah sebuah komitmen yang radikal.

Naomi saat itu memanggil kedua menantunya dan menjelaskan semua keadaan mereka. Pada awalnya mereka sama-sama tetap mau ikut Naomi. Tapi setelah itu dijelaskan lagi kalau Naomi itu tidak mungkin kawin lagi, kalaupun dia menikah, punya anak, belum tentu anaknya mau kawin dengan mereka berdua apalagi mereka sudah semakin tua. 

Rut 1:14-16
14: Menangis pula mereka dengan suara keras, lalu Orpa mencium mertuanya itu minta diri, tetapi Rut tetap berpaut padanya.
15: Berkatalah Naomi: "Telah pulang iparmu kepada bangsanya dan kepada para allahnya; pulanglah mengikuti iparmu itu."
16: Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam; bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku;

Hingga akhirnya Rut berkata, "For where you go, i will go". Ini sebuah keputusan yang ajaib, Rut adalah menantu yang sangat hebat karena respectnya pada mertuanya. Kalau engkau tidak hormat dengan orang tua atau mertuamu, jangan salahkan Tuhan kalau bisnismu turun, berkatmu turun. Jangan larang suami / istrimu untuk tetap memberikan uang pada orang tuanya. Sekalipun pelayananmu hebat tapi kalau engkau tidak respect dengan orang tuamu, percuma. Apa yang kamu tabur, itu akan engkau tuai. Kalau engkau tidak respect dengan orang tuamu, one day ketika engkau menjadi orang tua, engkau akan menuai hal itu bahkan lebih buruk dari yang pernah engkau lakukan pada orang tuamu.

Amsal 20:20
20: Siapa mengutuki ayah atau ibunya, pelitanya akan padam pada waktu gelap.

Kalau engkau mengumpat orang tuamu, pelitamu padam. Pelitamu padam, jalanmu gelap, berbahaya, habisss. Apa yang membuat Rut mengalami berkat yang ajaib? Karena dia sangat respect dan setia pada mertuanya. Kita bisa lihat bagaimana Rut tetap berpaut pada Naomi di tiga ayat di atas.

Elimelekh artinya may kingship come my way, My God is King
Naomi : pleasure, pleasant, joy
Mahlon : sickness (kesakitan), weakness (kelemahan)
Kilyon : pining (merana), wasting away (membuang-buang), one falling (seseorang jatuh)

Sebelum engkau bertemu dengan Boas, engkau harus buang kesakitan, kelemahanmu, kepahitanmu, semua itu harus mati.

Rut : friendship, associate, keeps accompany
Rut melakukan apa yang jadi destiny yang ada di namanya.
Orpa : back of the neck, become stubborn
Orpa adalah leher bagian belakang, dan ada sistem saraf tulang belakang di dalamnya, dan kalau ini diputuskan, manusia akan lumpuh.

Sebenarnya Orpa punya destiny yang sangat besar dalam hidupnya dengan Naomi, dan ada destiny besar dalam hidup Naomi yang akan dicapai kalau Orpa tetap berpaut padanya. Tapi Orpa memilih untuk memutuskan hubungannya dengan Naomi, artinya Naomi itu bisa lumpuh. Tapiiii untungnya masih ada Rut yang tetap berpaut dan tetap menemani Naomi hingga terjadi pembalikkan keadaan.

Boas : strength, quickness, pillar of the temple, swiftness
Sebelum Rut mendapatkan Boas, Rut harus mengalami kematian dari kesakitannya dan kelemahannya (Mahlon) hingga mengalami percepatan, kecepatan, dan kekuatan.

Apa yang dilakukan Rut? Bagi Rut, keputusannya untuk mengikuti Naomi berarti dia juga harus:
- Meninggalkan keluarga dan negerinya (Ketika Mahlon mati, Rut tetap memutuskan untuk meninggalkan keluarganya di Moab)
- Hidup sebagai janda miskin tanpa anak
- Tidak memiliki keturunan berarti tidak ada harapan
- Pindah ke negeri asing, dengan adat istiadat dan bahasa asing, dll


3. Rut memiliki keberanian untuk move on
Rut tidak minder ketika Naomi menyuruhnya kepada Boas.
Boas adalah orang yang kaya raya, karena dari beberapa terjemahan dikatakan kalau dia adalah:
- A man of standing (NIV)
- A worthy (ESV)
- A wealthy and influental man (NLT)
- A man of outstanding character (GWT)
Atau dalam bahasa Ibrani digunakan kata chayil yang artinya brave, strong, able, wealthy, strength, efficiency, army.

Rut 2:2-4,12
2: Maka Rut, perempuan Moab itu, berkata kepada Naomi: "Biarkanlah aku pergi ke ladang memungut bulir-bulir jelai di belakang orang yang murah hati kepadaku." Dan sahut Naomi kepadanya: "Pergilah, anakku."
3: Pergilah ia, lalu sampai di ladang dan memungut jelai di belakang penyabit-penyabit; kebetulan ia berada di tanah milik Boas, yang berasal dari kaum Elimelekh.
4: Lalu datanglah Boas dari Betlehem. Ia berkata kepada penyabit-penyabit itu: "TUHAN kiranya menyertai kamu." Jawab mereka kepadanya: "TUHAN kiranya memberkati tuan!"
12: TUHAN kiranya membalas perbuatanmu itu, dan kepadamu kiranya dikaruniakan upahmu sepenuhnya oleh TUHAN, Allah Israel, yang di bawah sayap-Nya engkau datang berlindung."

Kalau Rut tidak move on, dia akan terus meratapi kesialannya, nasibnya. Dia memiliki alasan untuk sedih, tapi dia tidak tinggal diam saja, dia terus move on dan melupakan hal yang lalu.

God gives us no reasons to dwell in the past mistakes, but He gives us all the reasons for us to have courage to move on.

Rut 2:2
2: Maka Rut, perempuan Moab itu, berkata kepada Naomi: "Biarkanlah aku pergi ke ladang memungut bulir-bulir jelai di belakang orang yang murah hati kepadaku." Dan sahut Naomi kepadanya: "Pergilah, anakku."

Rut 2:7
7: Tadi ia berkata: Izinkanlah kiranya aku memungut dan mengumpulkan jelai dari antara berkas-berkas jelai ini di belakang penyabit-penyabit. Begitulah ia datang dan terus sibuk dari pagi sampai sekarang dan seketikapun ia tidak berhenti."

Rut 2:17
17: Maka ia memungut di ladang sampai petang; lalu ia mengirik yang dipungutnya itu, dan ada kira-kira seefa jelai banyaknya.

Kalau misalnya mertuamu menjadi seperti Naomi, apakah engkau akan tetap seperti Rut? Rut bekerja dan memberi makan mertuanya. Kalau engkau bisa memberkati mertuamu, itu artinya anugrah dan kesempatan untuk melayani, jangan somboooong.

Kesimpulan:
Kalau engkau mau jadi orang yang diberkati, miliki:
- keberanian untuk percaya kepada Tuhan
- keberanian untuk mengambil keputusan di masa sulit
- keberanian untuk move on

For where you go, i will go.

5777 Tuhan akan pisahkan yang sungguh-sungguh dengan yang tidak. Akan ada perbedaan yang sangat signifikan antara orang yang melekat dengan Tuhan dan dengan yang tidak.

- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -

Komentar

Postingan Populer