Mahligai Raja

IBADAH MINGGU IFGF PALEMBANG

8 JANUARI 2017



By: Ps. Robert Lie



1. Definisi Mahligai
2. Apa itu Mahligai
3. Syarat Masuk ke Mahligai


1. Definisi Mahligai Mahligai
- Menurut KBBI adalah (ruang) tempat kediaman raja atau putri-putri raja (dalam lingkungan istana).
- Menurut Thesaurus (buku sinonim) adalah a room, usually private, in a house or apartment, especially bedroom.
- Dari Bahasa Ibrani Cheder, artinya bedroom, chamber, inner room, inner chamber, inner most, inside, room, south.
Contoh ruang tidurmu apakah semua orang bisa masuk ke sana? Tidak bisa, kecuali engkah punya hubungan yang sangat dekat dengan orang yang empunya kamar tersebut. Asal kata Ibrani cheder adalah chadar, artinya surrounds, enclose.
2. Apa itu Mahligai
A. Tempat Kebahagiaan
Kidung Agung 1:4 (TB) 
4: Tariklah aku di belakangmu, marilah kita cepat-cepat pergi! Sang raja telah membawa aku ke dalam maligai-maligainya (cheder). Kami akan bersorak-sorai dan bergembira karena engkau, kami akan memuji cintamu lebih dari pada anggur! Layaklah mereka cinta kepadamu!
Tuhan membuat mahligai, Tuhan mau menyatakan kalau Dia memberikan kebahagiaan kepada kekasih-kekasihNya hingga kita berkata seperti di Kidung Agung. Mujizat terjadi bukan karena iman kita, tapi karena iman Yesus. Tahun ini apapun yang engkau lakukan dengan tepat, akan terjadi percepatan! Dia angkat semua dukacita kita, kesusahan kita, lalu Dia bawa kita ke mahligaiNya, Dia ubah dukacita jadi kebahagiaan. Kebahagiaan tidak bisa dibeli, dan tidak selalu tentang uang. 
B. Tempat Keintiman 
Kidung Agung 3:4 (TB) 
4: Baru saja aku meninggalkan mereka, kutemui jantung hatiku; kupegang dan tak kulepaskan dia, sampai kubawa dia ke rumah ibuku, ke kamar (cheder) orang yang melahirkan aku. 
Kita tidak bisa sembarang membawa orang masuk ke kamar. Dibawa masuk ke rumah saja tidak sembarang, apalagi dibawa ke kamarnya. Ketika kita punya hubungan yang sangat dekat dengan seseorang, kita tidak hanya dibawa ke ruang tamu, tapi ke private room, inner room. 
C. Tempat Persembunyian / Perlindungan 
1 Raja-raja 20:30 (TB) 
30: Orang-orang yang masih tinggal melarikan diri ke Afek, ke dalam kota, tetapi temboknya roboh menimpa kedua puluh tujuh ribu orang yang masih tinggal itu. Sementara itu Benhadad melarikan diri dan masuk ke kota, dan bersembunyi dari satu kamar ke kamar yang lain. 

1 Raja-raja 22:25 (TB) 
25: Tetapi Mikha menjawab: "Sesungguhnya engkau akan melihatnya pada hari engkau lari dari satu kamar ke kamar yang lain untuk menyembunyikan diri." Ketika engkau masuk ke mahligai, tidak akan ada yang berani mengejar engkau ke sana karena di sana adalah ruangan raja. 
D. Tempat Kelimpahan 
Amsal 24:3-4 (TB) 
3: Dengan hikmat rumah didirikan, dengan kepandaian itu ditegakkan, 
4: dan dengan pengertian kamar-kamar (cheder) diisi dengan bermacam-macam harta benda yang berharga dan menarik. 
Contoh ketika engkau punya harta benda berharga, emas, permata, dokumen berharga dll, engkau taruh di ruang tamu atau di kamar? Pasti di dalam kamar. Tidak mungkin engkau taruh emasmu, permatamu di dapur, di ruang tamu, dll. Kalau Tuhan mencintai seseorang, sedang tidur pun Tuhan akan berkati. 
Harta benda kelimpahan itu di tangan kanan Tuhan, semua punya Tuhan kalau engkau cari Tuhan, Tuhan yang bisa memberkatimu asal engkau cari Tuhan dengan tulus, bukan karena mengejar berkat. Kalau engkau kejar uang, uang itu seperti punya sayap dan terbang daripadamu, tapi kalau engkau kejar Tuhan, Tuhan yang akan perintahkan uang itu mengejarmu. 
Kalau engkau mau diberkati, respect semua orang tua dan mertuamu, berkati mereka. Hal yang aneh kalau engkau mengalami kekurangan padahal di tempat ini Tuhan taruh tempat kelimpahan. Kalau hatimu tulus, ketika Tuhan berkati tempat ini, engkau itu juga pasti akan diberkati. 
E. Tempat Promosi / Pengangkatan (raja diurapi) 
2 Raja-raja 9:1-3 (TB) 
1: Kemudian nabi Elisa memanggil salah seorang dari rombongan nabi dan berkata kepadanya: "Ikatlah pinggangmu, bawalah buli-buli berisi minyak ini dan pergilah ke Ramot-Gilead. 
2: Apabila engkau sampai ke sana, carilah Yehu bin Yosafat bin Nimsi; masuklah, ajak dia bangkit dari tengah-tengah temannya dan bawalah dia ke ruang dalam. 
3: Kemudian ambillah buli-buli berisi minyak itu, lalu tuangkan isinya ke atas kepalanya dan katakan: Beginilah firman TUHAN: Telah Kuurapi engkau menjadi raja atas Israel! Sesudah itu bukalah pintu, larilah dan jangan berlambat-lambat." 
Ketika engkau dibawa masuk ke mahligai atau Tuhan taruh mahligai di tempat ini, artinya Tuhan sedang mempromosi tempat ini. Ketika engkau masuk mahligai, engkau bertemu Tuhan, diurapi, lalu pintu terbuka, engkau harus lari, masuk percepatan, jangan berlambat-lambat! 

3. Syarat Masuk Mahligai 
A. Harus dipanggil raja / dengan panggilan raja 
Ester 4:11 (TB) 
11: "Semua pegawai raja serta penduduk daerah-daerah kerajaan mengetahui bahwa bagi setiap laki-laki atau perempuan, yang menghadap raja di pelataran dalam dengan tiada dipanggil, hanya berlaku satu undang-undang, yakni hukuman mati. Hanya orang yang kepadanya raja mengulurkan tongkat emas, yang akan tetap hidup. Dan aku selama tiga puluh hari ini tidak dipanggil menghadap raja." Hormati Tuhan dengan perbuatanmu, bukan hanya perkataanmu. 
B. Mengenakan Pakaian Ratu 
Ester 5:1 (TB) 
1: Pada hari yang ketiga Ester mengenakan pakaian ratu, lalu berdirilah ia di pelataran dalam istana raja, tepat di depan istana raja. Raja bersemayam di atas takhta kerajaan di dalam istana, berhadapan dengan pintu istana itu. 
Apa itu pakaian ratu? Standar ratu seperti apa? 
Yehezkiel 16:13 (TB) 
13: Dengan demikian engkau menghias dirimu dengan emas dan perak, pakaianmu lenan halus dan sutera dan kain berwarna-warna; makananmu ialah tepung yang terbaik, madu dan minyak dan engkau menjadi sangat cantik, sehingga layak menjadi ratu. 
- Menghias diri dengan emas dan perak 
Emas : bejana yang terhormat, yang tersusun dari sifat ilahi 
2 Timotius 2:20-21 (TB) 
20: Dalam rumah yang besar bukan hanya terdapat perabot dari emas dan perak, melainkan juga dari kayu dan tanah; yang pertama dipakai untuk maksud yang mulia dan yang terakhir untuk maksud yang kurang mulia. 
21: Jika seorang menyucikan dirinya dari hal-hal yang jahat, ia akan menjadi perabot rumah untuk maksud yang mulia, ia dikuduskan, dipandang layak untuk dipakai tuannya dan disediakan untuk setiap pekerjaan yang mulia. 
Orang yang dipanggil ke mahligai tidak bisa sembarangan, yaitu orang yang dipanggil raja, punya standar ratu. Tidak mungkin raja memanggil sembarangan orang. 
Perak : sifat kita yang telah ditebus dan dilahirkan kembali 
Karakter dan hati yang termuni adalah Yesus sendiri, yang emas murni adalah Tuhan, karena itu kita hanya perak. Kenapa emas dan perak? Artinya kesepakatan antara karakter Tuhan dan karakter kita yang telah ditebus dan dilahirkan kembali dengan darah Yesus. Kayu dan tanah dipakai untuk maksud yang kurang mulia, artinya tentang sifat-sifat duniawi. 
- Mengenakan pakaian lenan halus, sutra, dan kain berwarna-warna 
Lenan Halus : perbuatan yang benar dari kehidupan kita 
Wahyu 19:8 (TB) 
8: Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" [Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.] 
Lenan halus bukan berbicara secara fisik menggunakan kain bagus, kain baru, jubah baru, tapi itu perbuatan benar - Menjadi sangat cantik Excellent, skillful, menjaga diri dari mencemaran dengan sungguh, memberi yang terbaik. Bukan cantik secara fisik, tapi excellent spirit, berikan semua yang terbaik. 
C. Mendapat Perkenanan Raja 
Ester 5:2 (TB) 
2: Ketika raja melihat Ester, sang ratu, berdiri di pelataran, berkenanlah raja kepadanya, sehingga raja mengulurkan tongkat emas yang di tangannya ke arah Ester, lalu mendekatlah Ester dan menyentuh ujung tongkat itu. 
Mahligai adalah tempat orang-orang yang diperkenan Tuhan. 
D. Belajar dari Abisag 
1 Raja-raja 1:15 (TB) 
15: Jadi masuklah Batsyeba menghadap raja ke dalam kamarnya. Waktu itu raja sudah sangat tua dan Abisag, gadis Sunem itu, melayani raja. 
Bahkan sebelum Batsyeba masuk, Abisag sudah ada di dalam bersama dengan raja. 
1 Raja-raja 1:3-4 (TB) 
3: Maka di seluruh daerah Israel dicarilah seorang gadis yang cantik, dan didapatlah Abisag, gadis Sunem, lalu dibawa kepada raja. 
4: Gadis itu amat cantik, dan ia menjadi perawat raja dan melayani dia, tetapi raja tidak bersetubuh dengan dia. 

1 Kings 1:3-4 (HRB) 
3: "And they sought out a beautiful young woman in all the border of Israel. And they found Abishag the Shunammite, and brought her in to the king." 
4: "And the young woman was exceedingly beautiful, and she was a nurse to the king and served him. But the king did not know her." 
Standar Abisag: 
- Beautiful young woman in all the border of Israel : excellent spirit, skillful, punya nilai jual yang tinggi 
- A nurse to the king : memperhatikan apa yang jadi keperluan dan keinginan raja 
- Served him : melayani raja dan memberikan semuanya dengan tepat 
- The king did not know her : punya ketulusan, sekalipun tidak dikenal, tapi dia tetap melayani raja 
- Tidak bersetubuh : mati kedagingan, nafsu, dll 
Dari 5x nama Abisag disebut, selalu dikatakan "Abisag, gadis Sunem". 
- Artinya adalah double resting place 
- Salah satu kota di Isakhar, di dekat pegunungan Gilboa dan pegunungan Karmel 
- Tempat perhentian yang disukai oleh Elisa, dimana ada perempuan Sunem yang melayani Elisa dan menyediakan kamar untuk Elisa menginap
- ALL  BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -

Komentar

Postingan Populer