Meruntuhkan Benteng

Meruntuhkan Benteng
Ps. Joseph Hendrik Gomulya.


Firman Tuhan ini mengajak setiap kita untuk merenungkan tentang pikiran-pikiran yang terkadang menghalangi langkah kita untuk melangkah yang didalam istilah Alkitab di sebut dengan “benteng-benteng yang harus bisa kita terobos dan runtuhkan dalam hidup kita.

"Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang." (2 Korintus 5:17 TB)

Sangat banyak rencana Tuhan yang ingin dilakukan-Nya dalam hidup setiap kita bahkan jauh dari apa yang pernah kita minta, pikirkan dan bayangkan. Jadi Tuhan ingin setiap kita jangan cepat berpuas diri dengan apa yang pernah kita buat atau terus terpuruk dalam kubangan kesalahan-kesalahan di masa lalu. Tuhan menginginkan setiap kita untuk mulai percaya akan hal-hal yang jauh lebih besar dan baik dan pemulihan akan segala kesalahan-kesalahan kita yang dulu. Apabila anda tidak berpikir bahwa segala impian-impian anda akan terwujud, maka akan terjadi seperti yang anda pikirkan atau apabila anda tidak berpikir bahwa sebenarnya Tuhan telah memberikan apa yang anda perlukan untuk bangkit dan menetapkan standar baru, maka itu tidak akan terjadi. Sumber dari masalah dan yang menjadi penghalangnya ada dalam pikiran anda yang disebut “benteng-benteng”.

"karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng." (2 Korintus 10:4 TB)

Selalu memperkatakan hal-hal yang negative adalah cara yang keliru yang akan selalu memenjarakan kita dalam kekalahan sehingga sangat penting bagi setiap kita untuk selalu memikirkan pikiran-pikiran yang positif dan memperkatakannya tentang pengharapan, iman dan kemenangan. Mungkin seseorang telah melontarkan kata-kata negatif dalam kehidupan anda atau mungkin ada orang-orang yang level atau  status sosial dan  pendidikannya lebih dari anda mengatakan bahwa anda tidak akan pernah berhasil, maka tolak setiap perkataan negative dan kebohongan itu dan selalu memperkatakan yang positif karena apabila Tuhan dipihak anda, siapa yang akan berani melawan?

Hal yang lain jika anda tidak berhasil menerobos penghalang “benteng-benteng” tersebut maka anda seperti sedang mengambil resiko untuk bekerja dalam kesia-sian, anda akan selalu berputar-putar terus di tempat dan keadaan yang sama seperti lingkaran setan. Contoh yang paling ril adalah ketika Tuhan memerintahkan Musa untuk memimpin bangsa Israel keluar dari perbudakan selama empat ratus tahun di Mesir dan langsung menuju ke tanah perjanjian yang sebenarnya dapat ditempuh selama sebelas hari berjalan kaki, tetapi karena pikiran-pikiran yang negatif, sungut-sungut, ketegar tengkukan, ketidak taatan, dan kurangnya iman dari bangsa  Israel maka mereka memerlukan empat puluh tahun untuk sampai disana, mereka berputar-putar mengelilingi padang gurun dan gunung yang sama berkali-kali dan tidak membuat kemajuan.

“Tuhan , Allah kita, telah berfirman kepada kita di Horeb, demikian: Telah cukup lama kamu tinggal di gunung ini." (Ulangan 1:6 TB)

Perkataan Tuhan ini akhirnya menyentakkan dan menyadarkan mereka untuk keluar dari rasa berpuas diri dan saya menyakini Tuhan sedang mengatakan hal yang sama kepada setiap kita. Apabila anda telah berkubang terlalu lama di tempat yang sama dimana anda sedang berada saat ini, anda selalu berputar-putar dan melakukan hal-hal yang sama dengan cara yang sama tahun demi tahun di tempat yang sama dan mengharapkan segala sesuatu berubah. Maka hari ini adalah saat yang tepat untuk anda maju, melepaskan segala kepahitan, kepedihan, sakit hati atau kegagalan-kegagalan di masa lalu, ini adalah saatnya untuk peningkatan, promosi dan merasakan kemurahan Tuhan, ini adalah saatnya bagi anda untuk mempercayai hal-hal yang lebih besar dan lebih baik.

Amin...

Untung Bongga Karua

Komentar

Postingan Populer