JANGAN MENOLEH KE BELAKANG

JANGAN MENOLEH KE BELAKANG

IBADAH MINGGU IFGF PALEMBANG
12 MARET 2017
By: Ps. Robert Lie
Jurnalis : Bobby Hartanto 

Yehezkiel 34:26
26:  Aku akan menjadikan mereka dan semua yang di sekitar gunung-Ku menjadi berkat; Aku akan menurunkan hujan pada waktunya; itu adalah hujan yang membawa berkat.
Ezekiel 34:26
26: I'm going to make them and everything that surrounds my hill a blessing. I'll send down the rain! At the appropriate time there will br a rainstorm of blessing!
Bagi sebagian orang badai itu menakutkan, tapi bagi sebagian orang badai itu menyenangkan, apalagi rainstorm of blessing, hujan badai berkat. Salah satu efek dari kemuliaan adalah berkat kekayaan. Tidak salah untuk menjadi kaya, yang salah ketika engkau jadi kaya dan engkau lupa dengan Tuhan. Tuhan yang kaya rela jadi miskin agar kita jadi kaya, dan Tuhan datang memberi hidup dan hidup dalam kelimpahan. Semua berkat dari Tuhan, Dia yang memberi kekuatan untuk mendapatkan kekayaan. Kalau kita bisa ada di sini, semua karena Tuhan. Akan ada berkat yang sangat ajaib!
Di ayat tadi dikatakan yang diberkati hanya yang berada di sekitar gunung Tuhan?
Mazmur 24:3-4
3: "Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?"
4: "Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu.
Kalau kita mau terima rainstorm of blessing, engkau harus ada di sekitar gunung Tuhan, karena bukannya badai itu yang datang ke hidup kita begitu saja. Setelah naik ke gunung Tuhan, apa yang harus dipersiapkan, dibawa, dan dilakukan?
Hagai 1:8
8: Jadi naiklah ke gunung, bawalah kayu dan bangunlah Rumah itu; maka Aku akan berkenan kepadanya dan akan menyatakan kemuliaan-Ku di situ, Firman TUHAN.
Bangun rumah, bangun hidupmu yang benar di hadapan Tuhan. Hanya orang yang sudah membangun rumahnya di tempat ini yang akan mengalami rainstorm of blessing untuk gereja ini. 
Matius 7:24
24:
Dalam bahasa Ibrani, mendirikan rumahnya menggunakan kata banah et betow.
Banah: membangun kembali / rebuild / build
Banah memiliki gematria 57. Dalam bahasa Ibrani, kata yang memiiki nilai gematria yang sama, memiliki hubungan satu sama lain.
57:
- Mezbah (mizbeach)
- Berlawanan / opposite to (neged)
- Kehancuran / destruction (abdan)
- Peningkatan, gandum / increase, grain (dagan)
- Gizi, sepenuhnya dikembangkan / nourished, fully developed (zan)
Dari semua itu, kita bisa tarik kesimpulan membangun (rumah) artinya membangun (kembali) mezbah dalam hidup kita dan memberikan perkembangan serta peningkatan, jika tidak kita akan berhadapan dengan kehancuran karena berlawanan dengan mezbah.

Amos 9:11-15
11: "Pada hari itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh; Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya; Aku akan membangunnya kembali seperti di zaman dahulu kala,
12: supaya mereka menguasai sisa-sisa bangsa Edom dan segala bangsa yang Kusebut milik-Ku," demikianlah firman TUHAN yang melakukan hal ini.
13: "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman TUHAN, "bahwa pembajak akan tepat menyusul penuai dan pengirik buah anggur penabur benih; gunung-gunung akan meniriskan anggur baru dan segala bukit akan kebanjiran.
14: Aku akan memulihkan kembali umat-Ku Israel: mereka akan membangun kota-kota yang licin tandas dan mendiaminya; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan minum anggurnya; mereka akan membuat kebun-kebun buah-buahan dan makan buahnya.
15: Maka Aku akan menanam mereka di tanah mereka, dan mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah yang telah Kuberikan kepada mereka," firman TUHAN, Allahmu.
- Mendirikan / memperbaiki kembali Pondok Daud
- Menguasai sisa-sisa Edom
- Penuaian besar-besaran
- Membangun kota
- Ditanam di tanah perjanjian
Amos 9:11 (AYT)
11: "Pada hari itu, Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang sudah roboh. Aku akan membangun dinding-dindingnya yang retak, dan membangun kembali reruntuhannya, Aku akan membangunnya kembali seperti pada zaman dahulu kala
Membangun (dinding): gadar
Gematrianya 207.
- Dipisahkan, memberi makan / to seperate, choose, to feed (barah)
- Raja Alam Semesta / The Master of Universe (Adon Olam)
- Sinar, menjadi terang / light, to be or become light (or)
- Tak terbatas, tidak ada batasan / infinite, no limitation (ein sof)
- Berlipatganda / multiply
Gadar atau membangun (dinding) artinya ketika kita dipisahkan oleh dan untuk Raja Alam Semesta untuk menjadi terang dan berlipatganda dengan tidak ada batasannya.
Gelap dan terang tidak bisa bersatu. Membangun tembok untuk dipisahkan, yang kudus semakin kudus, lalu yang benar dengan yang fasik. Apa yang dipisahkan? Hidup kita yang untuk Raja Alam Semesta, Yesus Kristus agar kita bisa jadi terang dan berlipatganda tanpa batas.
Semua berkat itu sudah ada di depan kita, tapi Tuhan berpesan:
1. JANGAN MENOLEH KE BELAKANG.
Kejadian 19:17
17: Sesudah kedua orang itu menuntun mereka sampai ke luar, berkatalah seorang: "Larilah, selamatkanlah nyawamu; janganlah menoleh ke belakang, dan janganlah berhenti di manapun juga di Lembah Yordan, larilah ke pegunungan, supaya engkau jangan mati lenyap."
Jangan menoleh ke belakang. Jangan berhenti di Lembah Yordan, LARILAH ke pegunungan. Kenapa jangan di lembah Yordan? Karena Yordan sendiri artinya the river of death. Istri Lot saat itu menoleh ke belakang, karena di Sodom terdapat banyak hal yang duniawi. Detik engkau menoleh ke belakang, engkau akan kehilangan blessing Tuhan.
Lukas 9:62
62: Tetapi Yesus berkata: "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah."
Menoleh ke belakang:
- Tidak dapat berkat, bahkan dikatakan tidak layak
- Jangan melihat kegagalan apalagi keberhasilan masa lalu
2. BERLARI!!
Filipi 3:16
16: Tetapi baiklah tingkat pengertian yang telah kita capai kita lanjutkan menurut jalan yang telah kita tempuh.
Filipi 3:16 (TSI)
16: Yang penting kita masing-masing tidak mundur dari tingkat kedewasaan rohani yang sudah kita capai. 
Jangan berhenti, apalagi mundur!
- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -

 

Komentar

Postingan Populer