MEZBAH DAN KORBAN

MEZBAH DAN KORBAN


IBADAH MINGGU IFGF PALEMBANG
19 MARET 2017

By: Ps. Robert Lie

Ada 3 hal yang harus diperhatikan hari-hari ini, dua yang pertama adalah bagian kita, yaitu Mezbah dan Korban. Korban tidak selalu uang, tapi juga waktu, tenaga, dll. Tuhan tidak melihat jumlah uang yang engkau berikan, yang dilihat Tuhan adalah kesungguhan hatimu, bagaimana caramu mempersembahkan korban.

Hal ketiga merupakan bagian Tuhan, yaitu api Tuhan. Api Tuhan merupakan tanda perkenanan ketika Dia menerima persembahan kita. Tidak ada api turun di atas mezbah kalau tidak ada korban yang yang ditaruh di atas mezbah.

Contoh di Alkitab:
1. Musa dan Harun
Imamat 9:24
24: Dan keluarlah api dari hadapan TUHAN, lalu menghanguskan korban bakaran dan segala lemak di atas mezbah. Tatkala seluruh bangsa itu melihatnya, bersorak-sorailah mereka, lalu sujud menyembah.

2. Daud
1 Tawarikh 21:28
28: Pada waktu itu juga Daud mempersembahkan korban di sana, ketika ia melihat, bahwa TUHAN telah menjawab dia di tempat pengirikan Ornan, orang Yebus itu.

3. Elia
1 Raja-Raja 18:38
38: Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya.

4. Salomo
2 Tawarikh 7:1
1: Setelah Salomo mengakhiri doanya, apipun turun dari langit memakan habis korban bakaran dan korban-korban sembelihan itu, dan kemuliaan TUHAN memenuhi rumah itu.

Semua diawali dengan memperbaiki mezbah, membangun mezbah, lalu mereka semua menaruh korban di atasnya.

Contoh lain Kain dan Habel sama-sama membangun mezbah, sama-sama menaruh korban, tapi korban Habel diterima, Kain tidak, lalu Kain menjadi iri dan mau membunuh Habel. Jangan iri ketika korban orang lain diterima dan korban kita tidak.

Engkau diberkati untuk memberkati, jadi berkat untuk orang lain. Tapi setiap apapun pengorbanan, kalau engkau lakukan dengan benar, akan ada api Tuhan turun dalam hidup kita. Kalau engkau hanya mau yang gratisan, tidak ada pengorbanan dalam hidupmu. Namun setiap pengorbanan yang engkau lakukan, Tuhan itu tidak pernah berhutang.

Salomo tidak pernah hitung-hitungan ketika memberikan korban, bahkan korban yang dipersembahkannya itu tidak terbilang dan tidak terhitung banyaknya.

Bagaimana cara mengalami kemuliaan? Persembahkan korban yang terbaik, yaitu hidupmu jadi living sacrifice.

Roma 12:1
1: Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Satu orang benar saja di rumah, Tuhan akan berkati rumah tersebut, dan juga Tuhan pasti cover rumah itu karena satu orang benar tersebut.

JANGAN BIARKAN MEZBAHMU KOSONG, TERUS BERKORBAN!
Ketika mezbahmu kosong, tidak akan ada api Tuhan dalam hidupmu. Ketika hanya seminggu sekali engkau letakkan korban, api Tuhan hanya datang seminggu sekali.

Tuhan adalah api.
Ulangan 4:24
24: Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Ibrani 12:29
29: Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan.


API DI DALAM ALKITAB:

1. Kehadiran Tuhan
Keluaran 3:2
2: Lalu Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. Lalu ia melihat, dan tampaklah: semak duri itu menyala, tetapi tidak dimakan api.

2. Firman Tuhan
Yeremia 23:29
29: Bukankah firman-Ku seperti api, demikianlah firman tuhan dan seperti palu yang menghancurkan bukit batu?
3. Perlindungan Tuhan
Zakharia 2:5
5: Dan Aku sendiri, demikianlah firman TUHAN, akan menjadi tembok berapi baginya di sekelilingnya, dan Aku akan menjadk kemuliaan di dalamnya."
Ketika ada tembok mengelilingimu, itu saja sudah ada perlindungan, apalagi kalau ada tembok berapi, tidak ada setan yang bisa menyentuhmu.
4. Penyertaan Tuhan
Keluaran 40:38
38: Sebab awan tuhan itu ada di atas Kemah Suci pada siang hari, dan pada malam hari ada api di dalamnya, di depan mata seluruh umat Israel pada setiap tempat mereka berkemah.
Saat itu di padang gurun tidak akan ada yang bisa bertahan dengan panas dan dinginnya, tapi Tuhan menyertai bangsa Israel dengan tiang awan pada siang hari agar mereka tidak kepanasan, dan tiang api di malam hari agar mereka tidak kedinginan.
5. Baptisan Roh Kudus (mengubah kehidupan dari dalam ke luar)
Matius 3:11
11: Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
Matthew 3:11 (The Message)
11: “I’m baptizing you here in the river, turning your old life in for a kingdom life. The real action comes next: The main character in this drama-compared to him I’m a mere stagehand-will ignite the kingdom life within you, a fire within you, the Holy Spirit within you, changing you from the inside out.
Sebelum Baptisan Roh Kudus, para rasul banyak yang ketakutan, Petrus menyangkal, ada yang kabur, dll. Tapi ketika ada api Tuhan dalam hidup mereka, mereka bahkan berani mati, berani habis-habisan demi nama Yesus.
6. Pemurnian
1 Petrus 1:7
7: Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu – yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api – sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.
Wahyu 3:18
18: maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.
7. Penghakiman Tuhan
Yesaya 66:15-16
15: Sebab sesungguhnya, TUHAN akan datang dengan api, dan kereta-kereta-Nya akan seperti puting beliung, untuk melampiaskan murka-Nya dengan kepanasan dan hardik-Nya dengan nyala api. 
16: Sebab TUHAN akan menghukum segala yang hidup dengan api dan dengan pedang-Nya, dan orang-orang yang mati terbunuh oleh TUHAN akan banyak jumlahnya.
2 Petrus 3:7
7: Tetapi oleh firman itu juga langit dan bumi yang sekarang terpelihara dari api dan disimpan untuk hari penghakiman dan kebinasaan orang-orang fasik.
Ketika hidupmu dibongkar Tuhan, jangan marah, karena itu untuk membersihkan kehidupanmu. Tapi kalau hidupmu sembarangan, api penghakiman Tuhan yang akan turun.
8. Api Roh Kudus
Kisah Para Rasul 2:2-4
2: Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk;
3: dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.
4: Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.
CARA / SYARAT MEMPEROLEH

1. Taat pada Tuhan, pemimpin, dan aturan yang ada
Imamat 9:6-8,16,21
6: Kata Musa: "Inilah firman yang diperintahkan TUHAN kamu perbuat, agar kemuliaan TUHAN tampak kepadamu.“
7: Kata Musa kepada Harun: "Datanglah mendekat kepada mezbah, olahlah korban penghapus dosa dan korban bakaranmu, dan adakanlah pendamaian bagimu sendiri dan bagi bangsa itu; sesudah itu olahlah persembahan bangsa itu dan adakanlah pendamaian bagi mereka, seperti yang diperintahkan TUHAN.“
8: Maka mendekatlah Harun kepada mezbah, dan disembelihnyalah anak lembu yang akan menjadi korban penghapus dosa baginya sendiri.
16: Kemudian dibawanyalah korban bakaran ke mezbah, dan diolahnyasesuai dengan peraturan.
21: Dada dan paha kanan itu dipersembahkan Harun sebagai persembahan unjukan di hadapan TUHAN, seperti yang diperintahkan Musa
2. Memberkati orang lain
Imamat 9:22-24
22: Harun mengangkat kedua tangannya atas bangsa itu, lalu memberkati mereka, kemudian turunlah ia, setelah mempersembahkan korban penghapus dosa, korban bakaran dan korban keselamatan.
23: Masuklah Musa dan Harun ke dalam Kemah Pertemuan. Setelah keluar, mereka memberkati bangsa itu, lalu tampaklah kemuliaan TUHAN kepada segenap bangsa itu.
24: Dan keluarlah api dari hadapan TUHAN, lalu menghanguskan korban bakaran dan segala lemak di atas mezbah. Tatkala seluruh bangsa itu melihatnya, bersorak-sorailah mereka, lalu sujud menyembah.
3. Memperbaiki mezbah
1 Raja-Raja 18:30-33
30: Kata Elia kepada seluruh rakyat itu: “Datanglah dekat kepadaku!” Maka mendekatlah seluruh rakyat itu kepadanya. Lalu ia memperbaiki mezbah TUHAN yang telah diruntuhkan itu.
31: Kemudian Elia mengambil dua belas batu, menurut jumlah suku keturunan Yakub. – Kepada Yakub ini telah datang firman TUHAN: “Engkau akan bernama Israel.” –
32: Ia mendirikan batu-batu itu menjadi mezbah demi nama TUHAN dan membuat suatu parit sekeliling mezbah itu yang dapat memuat dua sukat benih.
33:  Ia menyusun kayu api, memotong lembu itu dan menaruh potongan-potongannya di atas kayu api itu.

4. Memperbaiki korban / mempersiapkan korban yang benar
1 Raja-Raja 18:34-35
34: Sesudah itu ia berkata: "Penuhilah empat buyung dengan air, dan tuangkan ke atas korban bakaran dan ke atas kayu api itu!" Kemudian katanya: "Buatlah begitu untuk kedua kalinya!" Dan mereka berbuat begitu untuk kedua kalinya. Kemudian katanya: "Buatlah begitu untuk ketiga kalinya!" Dan mereka berbuat begitu untuk ketiga kalinya,
35: sehingga air mengalir sekeliling mezbah itu; bahkan parit itupun penuh dengan air.

5. Memiliki ketulusan hati / motivasi yang benar
1 Raja-Raja 18:36-37
36: Kemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan berkata: "Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hamba-Mu dan bahwa atas firman-Mulah aku melakukan segala perkara ini.
37: Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali."

6. Membayar dengan harga penuh / bukan mental gratisan
1 Tawarikh 21:23-24
23: Jawab Ornan kepada Daud: "Ambillah, dan baiklah tuanku raja melakukan apa yang dipandangnya baik. Lihatlah, aku berikan lembu ini untuk korban bakaran dan eretan-eretan pengirik ini untuk kayu bakar dan gandum untuk korban sajian, semuanya itu kuberikan.“
24:  Tetapi berkatalah raja Daud kepada Ornan: "Bukan begitu, melainkan aku mau membelinya dengan harga penuh, sebab aku tidak mau mengambil milikmu untuk TUHAN dan tidak mau mempersembahkan korban bakaran dengan tidak membayar apa-apa."

7. Memberikan yang terbaik
2 Tawarikh 5:6
6: Tetapi raja Salomo dan segenap umat Israel yang sudah berkumpul di hadapannya, berdiri di depan tabut itu, dan mempersembahkan kambing domba dan lembu sapi yang tidak terhitung dan tidak terbilang banyaknya.

8. Berdoa
2 Tawarikh 6:12-42

9. Mengerti mengenai perjanjian
2 Tawarikh 6:16,40-42
16: Maka sekarang, ya TUHAN, Allah Israel, peliharalah apa yang Kaujanjikan kepada hamba-Mu Daud, ayahku, dengan berkata: Keturunanmu takkan terputus di hadapan-Ku dan tetap akan duduk di atas takhta kerajaan Israel, asal anak-anakmu tetap hidup menurut hukum-Ku sama seperti engkau hidup di hadapan-Ku. 
40: Sebab itu, ya Allahku, kiranya mata-Mu terbuka dan telinga-Mu menaruh perhatian kepada doa yang dipanjatkan di tempat ini.
41: Dan sekarang, bangunlah ya TUHAN Allah, dan pergilah ke tempat perhentian-Mu, Engkau serta tabut kekuatan-Mu! Kiranya, ya TUHAN Allah, imam-imam-Mu berpakaian keselamatan, dan orang-orang yang Kaukasihi bersukacita karena kebaikan-Mu.
42: Ya TUHAN Allah, janganlah Engkau menolak orang yang telah Kauurapi, ingatlah akan segala kasih setia-Mu kepada Daud, hamba-Mu itu."
- ALL BY HIS GRACE - TO GOD BE THE GLORY -

Komentar

Postingan Populer