Tidak Ada Kata Mundur

Tidak Ada Kata Mundur


Kisah bangsa Israel dibebaskan dari perbudakan Mesir sampai berjalan menuju tanah Kanaan, sesungguhnya adalah gambaran dari kehidupan orang percaya saat ini (1 Kor 10 : 1-6, Ibr 12:18-29) Keluarnya mereka dari perbudakan Mesir sama halnya dengan keberadaan kita yang telah ditebus, dan dipindahkan dari gelap menuju terangnya yang ajaib.

Sedangkan perjalanan mereka dipadang gurun, sama halnya dengan kehidupan sehari - hari orang percaya. Tanah perjanjian, sama halnya dengan penggenapan janji firman Tuhan kepada kita.
Tuhan seperti berbisik di hati saya seperti ini ; berhentilah berfokus pada kesalahan dan keras kepalanya bangsa Israel sewaktu dituntun Tuhan. Perhatikan saja perbuatanKu yang ajaib yang menyertai mereka.

Apa yang Tuhan sampaikan tersebut membuat saya berpikir dan beroleh pengertian ; ternyata karena kita seringkali berfokus dan membicarakan kebebalan Israel, tanpa sadar akhirnya membuat kita menjadi sama dengan mereka dalam kehidupan kita sehari - hari. Oleh karena itu, Tuhan menghendaki mata kita fokus kepada  apa yang Tuhan lakukan pada Israel. Berhentilah melihat kelemahan, kekurangan, dan segala hal buruk yang terjadi atas kita.

Karena  hal itu akan membatasi konsep pikir kita terhadap Tuhan yang dahysat dan ajaib.
Saat ini banyak orang yang percaya Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat masih terus bergumul dalam hidupnya. Terutama soal kebutuhan sehari - hari. Tetapi berbeda dengan orang Israel. Mereka keluar dari Mesir justru alami pemeliharaan Tuhan yang luar biasa. Mereka tidak perlu bergumul soal makan, minum, dan apa yang dipakai, dan tempat mereka berteduh (tiang awan dan tiang api)

Semuanya telah disediakan oleh Tuhan. Padahal jika "ditimbang - timbang" pemberontakannya, bangsa Israel terbilang lebih berat dan bejat dari pada kita. Kita justru yang sudah "berupaya" hidup benar justru masih alami pergumulan kebutuhan sehari - hari.

Sebagai umat yang telah ditebus, sesungguhnya kita telah merdeka dari segala perhambaan, termasuk dari perhambaan roh kekurangan, roh kekuatiran, dan roh mamon (keluar dari Mesir) Jadi sebenarnya tidak pada tempatnya kita terus hidup dalam kekurangan akan kebutuhan hidup kita sehari - hari. Israel saja yang memberontak terhadap Tuhan tetap dipelihara sempurna oleh Tuhan, apalagi kita. Sudah seharusnya kita bangkit dalam Roh dan fokus melihat Tuhan kita yang besar dan hebat !! Ia ternyata tidak pernah mengijinkan kita kekurangan apalagi melarat !! Ia berkehendak memelihara kehidupan kita secara sempurna !!
Bahkan kita boleh dan harus memiliki takaran iman seturut dengan apa yang Tuhan lakukan pada bangsa Israel.

Bayangkan saja, 40 tahun mereka beroleh makan secara adikodrati. Baju yang mereka pakai tidak rusak dan mengikuti pertumbuhan tubuh mereka. Saat malam tiang api menghangatkan mereka. Saat siang tiang awan membuat mereka bisa menikmati suhu normal yang menyejukkan. Jika Ia bisa melakukannya pada bangsa Israel, maka Ia pun dapat melakukannya bagi kita. Jadi, pergumulan kebutuhan hidup sehari - hari ternyata disebabkan oleh pengenalan kita akan Tuhan yang tidak akurat. Masih adanya pola pikir yang menganggap bahwa Tuhan mengijinkan kehidupan yang berkekurangan. Tidak !! Tuhan tidak pernah berencana membuat kita kekurangan !! Ia Bapa yang memelihara hidup kita sempurna. Pertanyaannya, apakah kita percaya akan hal tersebut?

Untuk membawa kita mengalami penggenapan janji Tuhan ternyata juga tidaklah sulit bagi Tuhan. Jangan terus melihat kekurangan yang ada pada kita. Lihatlah Tuhan yang sanggup melakukan apa yang mustahil menjadi mungkin, dan apa yang tidak ada menjadi ada. Saya rasa, RohNya kembali berbicara dengan tegas dalam batin saya ; Berfokuslah kepadaKu !!

Berhentilah melihat kekurangan dan kelemahan yang masih ada padamu, karena itu semua akan tetap ada jika matamu tidak tertuju kepadaKu. Sebab Akulah Allah yang setia memanggil dan menuntunmu sampai pada penggenapan janjiKu. Teruslah mendeklarasikan apa yang engkau percaya  bisa Aku  lakukan bagimu. Dan alamilah bahwa Aku Allah yang hidup yang tidak pernah menyangkali firmanKu. Apa yang Kufirmankan itulah yang akan terjadi, sifatnya pasti !!! Dan tidak terbantahkan !!!

Ibrani 10:38  Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya."

Ibrani 10:39  Tetapi kita bukanlah orang-orang yang mengundurkan diri dan binasa, tetapi orang-orang yang percaya dan yang beroleh hidup.

Tidak ada kata mundur di dalam Tuhan !! Kita harus tetap maju menyelesaikan pertandingan iman kita !! Dan tidak ada cara lain menjalani kehidupan ini selain oleh iman. Dan tidak ada cara lain untuk menaklukkan dunia ini selain oleh Iman !! Saat kita percaya penuh kepadaNya, maka sesuatu yang besar akan terjadi atas kita !! Pemeliharaan Tuhan, penyertaan Tuhan, kuasa Tuhan, kedahsyatan Tuhan, dan perbuatan - perbuatannya yang ajaib pasti akan menjadi bagian hidup kita senantiasa !!! #AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer