Kebangkitan Anak Kerajaan III Volume 3

Sunday Celebration
Ps. Steven Agustinus
MINGGU, 26 Februari 2017


"KEBANGKITAN  ANAK  KERAJAAN III"

Lanjutan dari part 2

Ada orang yang gila-gilaan mengejar Tuhan tetapi tidak menjaga kepenuhan roh, sehingga mereka kecewa terhadap Tuhan sehingga tanah hati mereka menjadi lebih buruk dari sebelumnya.

Ada beberapa hal untuk mengetahui kepenuhhan Roh ada dalam kehidupan kita. Efesus 5 ayat 15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, 16. dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.17. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. 18. Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh.
Adalah kerinduan hati Tuhan setelah menanggulangi tanah hati yang tidak produktif dan menyediakan tanah hati yang terbaik dengan mendeklarasikan Firman. Setelah itu ada level kepenuhan roh yang harus terus ada dan terus terjaga dalam kehidupan kita.

Tanda/Karakteristik Terjadi Kepenuhan Roh:

1. Di setiap situasi yang kita alami, Selalu ada Firman di mulut kita.
Hal ini bukanlah seperti biarawan atau biarawati yang mengurung diri sehingga terpisah dari dunia. Kita masih melakukan profesi kita termasuk ibu rumah tangga yang masih akan mengalami berbagai tantangan.

Ada hal-hal yang terjadi di luar ekspetasi dan pastikan saat kita menghadapi semua tantangan, selalu ada Firman Tuhan yang diberikan dalam kehidupan kita. Firman inilah yang akan membuat kita meresponi secara berbeda. Firman inilah yang membuat kita menjadi kuat dalam menaklukan setiap pekerjaan musuh yang mengganggu kehidupan ktia sehingga kita siap memunculkan buah 60 kali lipat.

Dengan Firman Tuhan  yang diberikan, kita hanya perlu mendeklarasikan. Tantangan tidak akan membuat damai sejahtera kita hilang, tetapi tantangan justru menjadi batu pijakan untuk mengalami realita Tuhan dan membuat kita naik lebih tinggi. Kita akan menjadi lebih kuat. Harus selalu ada Firman dalam hidup kita. Dan kalau kita terus mengalami kepenuhan Kristus, begitu saja Firman Tuhan akan datang dalam kehidupan kita.

Di setiap waktu, dalam keadaan sesederhana apapun, selalu ada Firman yang tersedia untuk menjagai kita. Jagai level kepenuhan sedemikian rupa dengan membaca Firman, mengimajinasikan dan mendeklarasikan Firman. Hal ini akan  mengkondisikan siklus Firman Tuhan terus melingkupi hidup kita.

Kita hanya perlu konsisten dan siklus rohani tersebut akan terus menjagai damai sejahtera terus berkuasa dalam kehidupan kita dan setiap situasi dapat kita responi dengan Firman. Jadi kalau kita menghadapi sesuatu dan tiba-tiba merasa "blank" /kosong itu tanda bahwa kepenuhan Roh kita mulai berkurang. Kita harus melakukan segala cara agar kepenuhan Roh muncul kembali. Justru semakin kita semakin dibawa Tuhan naik, kita harus semakin menjaga level kepenuhan Roh.

2. Ada suatu "kesadaran diri" untuk meresponi sesuatu yang terjadi dengan Respon yang positif atau akurat.
Efesus 5:16.dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. 17. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.
Dalam terjemahan Firman Tuhan yang Hidup, dituliskan "Jadi berhati-hatilah dengan KELAKUAN kita. Perhatikanlah Tindak tanduk kita, masa ini adalah masa yang jahat, jangan "berlaku bodoh", tetapi jadilah bijaksana. PAKAILAH SETIAP KESEMPATAN YANG ADA untuk melakukan KEBAJIKAN.

Ini adalah penekanan yang dituliskan dalam terjemahan Firman Tuhan yang hidup. Artinya saat kita menjalani kehidupan yang buruk/negatif, jangan menjadi emosional. Dari ayat Firman Tuhan ini harus ada kesadaran untuk menguasai diri dan berhati-hati dengan kelakuan dan mempergunakan kesempatan untuk melakukan kebajikan.

Orang yang penuh dengan roh, tahu bahwa dirinya sedang dipancing oleh Iblis. Sama seperti ikan mengetahui bahwa umpan yang ada di kail, walaupun lapar, ikan tersebut tahu bahwa itu adalah perangkap. Akan tetapi kalau ikan tidak punya kesadaran  akan hal tersebut, maka ikan tersebut akan langsung makan umpan tersebut. Demikian juga dengan orang yang tidak penuh roh, akan memunculkan  reaksi terhadap umpan si jahat. Biarlah kepenuhan Roh selalu mencengkeram kehidupan kita.

3. Kehidupan sehari-hari memanifestasikan pola ilahi yang sudah Tuhan bangun melalui pewahyuan Firman yang terjadi secara konstan dan terus menerus dalam kehidupannya.
Efesus 5: 17. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. Roma 12 :1. Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. 2. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
Jangan membawa pola dari dunia ini. Walaupun perubahan yang terjadi terlihat lambat, tetapi perubahan tersebut sifatnya permanen. Dalam Alkitab Versi Mudah Dibaca, Roma 12:2 tertulis sebagai berikut: "Jangan mengubah diri kita menjadi seperti orang di dunia ini, tetapi biarlah Allah mengubah bagian dalam kita dengan cara berpikir yang baru. Lalu kamu akan mampu memutuskan dan menerima yang dikehendaki Allah bagimu. Kamu akan dapat mengerti yang baik, dan yang menyenangkan bagi-Nya, dan yang sempurna. Biarlah Allah mengubah bagian di dalam kita. Pola yang di dalam kita harus diubah Tuhan.

Sedangkan Roma 12:2 Versi Firman Allah yang hidup dikatakan :"Jangan meniru tingkah laku dan kebiasaan dunia ini, melainkan jadilah orang dengan kepribadian yang sama sekali baru dalam segala perbuatan dan pikiran, niscaya Saudara akan mengerti dari pengalaman sendiri bahwa jalan-jalan Allah itu sempurna dan sungguh-sungguh memuaskan Saudara. Tuhan menantang kita untuk memunculkan pola yang sama sekali baru dalam pemikiran dan perbuatan.

Efesus 5: 19 dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji- pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati.
Dalam versi  Alkitab Firman Allah yang Hidup, Efesus 5:19 tertulis Hendaklah Saudara banyak membicarakan Tuhan, mengutip mazmur serta puji-pujian, dan menyanyikan lagu-lagu rohani dengan tulus hati.

"Hendaklah saudara banyak membicarakan Tuhan"Jadi dalam kehidupan, seharusnya kita lebih banyak membicarakan tentang Tuhan daripada "film, sales, obral, kuliner, ataupun wisata makanan yang enak "di sini" dan "di sana". Kalau kita buat persentase apakah kita lebih banyak membicarakan kuliner daripada Tuhan? Jika iya artinya kita tidak sedang hidup dalam kepenuhan roh. Kita boleh membicarkan Bisnis, tetapi secara persentase kita harus lebih banyak membicarakan tentang Tuhan. Jangan berkata bahwa itu tidak realistis. Inilah yang justru menjadi kehidupan normal, kita lebih banyak membicarakan Tuhan.

Ada roh yang lembut, mau dibentuk dan roh doa yang menggerakan kita secara otomatis, sehingga kita dengan sendiri  ingin membicarakan Firman. Hendaklah kita banyak membicarakan Tuhan.

Kalimat selanjutnya mengutip tentang Mazmur/menyanyikan lagu-lagu rohani : "Hendaklah kita mengutip mazmur serta puji-pujian, dan menyanyikan lagu-lagu rohani dengan tulus hati. Pastikan ada lebih banyak nyanyian puji-pujian yang diperdengarkan dalam keluarga kita. Nyanyikan, perdengarkan lagu-lagu rohani, dan bicarakan tentang Tuhan. Inilah yang menjadi tanda bahwa kita sedang dalam kepenuhan roh.

Kita tidak lagi menceritakan betapa susah payah kita dalam menjalani kehidupan ini, tetapi kita lebih banyak membicarakan Firman. Ini waktunya, yang keluar dari mulut kita adalah Firman dan kidung pujian, prinsip Alkitab, kesaksian yang menyatakan kebaikan Tuhan, Firman Tuhan, hal-hal ilahi tentang Tuhan.

Ini adalah tanda kita sedang dipenuhi oleh kepenuhan Kristus. Kalau sampai hari ini kita jarang memperkatakan Firman, Disiplin hidup kita, untuk memperkatakan Firman Tuhan.



untuk memperoleh materi lengkap dalam format MP3, DVD silahkan hubungi bagian penjualan BCC, WA/Telegram/SMS di 089680888929, atau pin BB : 5D550DE1
GBU

Komentar

Postingan Populer