Rose Of Sharon



Rose Of Sharon
Joshua Ivan Sudrajat S

Menumbuhkan bunga sepatu bisa dilakukan dengan cara yang mudah apalagi bila daerah tanam yang Anda miliki masuk dalam kawasan daerah tropis. Bila Anda tahu cara bagaimana cara merawat tanaman bunga sepatu dengan benar, Anda bisa menikmati pemandangan bunga – bunga yang indah tersebut nanti disaat mereka sudah tumbuh mekar. Yuk cus kita simak beberapa langkah untuk menanam bunga sepatu berikut ini :
1. Menanam Bunga Sepatu Di Wadah

Banyak orang memilih menumbuhkan tanaman bunga sepatu di sebuah wadah misalkan pot atau sarana lain. Hal ini membuat orang – orang mudah untuk memindahkan tanaman bunga sepatu ke lokasi yang mereka inginkan. Tanaman bunga sepatu lebih cocok tumbuh ketika ditanam dalam sebuah wadah. Ini berarti bunga sepatu tersebut pada bagian akar harus diikat sedemikian rupa agar ketika suatu saat nanti Anda ingin memindahkan bunga sepatu dari satu pot ke pot yang lainnya, Anda tidak perlu memberikan bunga terlalu banyak ruang pada pot yang baru. Selalu pastikan setiap tanaman bunga sepatu Anda tumbuh dengan baik dan memiliki sistem drainase yang teratur.
2. Suhu Bunga Sepatu

Ketika Anda sudah masuk dalam fase merawat bunga sepatu, Anda harus ingat bahwa bunga bunga sepatu hanya cocok tumbuh di lingkaran suhu antara 15 sampai 32 Celcius dan tidak bisa mentolerir suhu di luar angka tersebut. Di area dengan suhu yang sangat panas misalnya, tanaman bunga sepatu Anda bisa saja dibiarkan tumbuh di luar ruangan seperti kebun dan pekarangan rumah namun saat suhu di daerah Anda mulai dingin maka sebaiknya Anda pindahkan tanaman bunga sepatu ke dalam ruangan untuk menjaga pertumbuhannya agar tidak layu dan mati. Bunga sepatu pertumbuhannya bisa disesuaikan dengan  musim tanam, pemangkasan rutin yang mengeliminasi bagian – bagian tanaman yang dirasa tidak tumbuh optimal dapat membuat bunga tumbuh lebih subur. Setiap cabang yang muncul dari bagian utama tanaman yang rutin di pangkas akan menghasilkan tunas baru dalam waktu dua atau empat bulan. Jika pemotongan tersebut dilakukan pada musim berikutnya, bagian dan tunas bunga sepatu akan muncul dari cabang – cabang yang dipotong.
3. Penyiraman Bunga Sepatu

Penyiraman adalah salah satu hal yang cukup krusial pada fase penanaman dan perawatan bunga. Ketika bunga sepatu berada dalam tahap mekar, mereka memerlukan air yang cukup banyak. Bunga sepatu Anda akan memerlukan penyiraman setiap hari dalam cuaca yang hangat. Tapi bila cuaca dirasa dingin, bunga sepatu Anda hanya membutuhkan sedikit air, malah bila diberi terlalu banyak air, bunga akan mudah layu dan mati. Di suhu daerah yang dingin, sirami bunga sepatu hanya saat tanah di bawahnya terlihat kering tidak sehat.
4. Pemupukan Bunga Sepatu

Tanaman bunga sepatu yang sedang tumbuh membutuhkan banyak nutrisi untuk mekar dengan baik. Pada cuaca yang panas, gunakan pupuk yang memiliki kandungan tinggi kalium. Anda bisa menggunakan produk pupuk cair yang diencerkan sebanyak satu minggu sekali, pupuk berjangka sebulan sekali atau Anda dapat menambahkan kompos yang mengandung zat tinggi kalium pada tanah. Di cuaca yang dingin, Anda tidak perlu untuk memberi pupuk terlalu sering. Ini adalah beberapa langlah dasar bagaiman cara untuk menanam serta merawat tanaman bunga sepatu di kebun atau pekarangan rumah Anda. Seperti yang Anda ketahui, perawatan bunga yang sempurna akan memperindah tampilan pekarangan rumah atau kebun Anda.

5. Penyerbukan Bunga Sepatu

Bunga sepatu memiliki cara penyerbukan yang unik. Bunga sepatu dapat melakukan penyerbukan sendiri. Dengan kata lain, serbuk sari dari bagian bungan jantan menyerbuki bagian betina yang mekar pada tanaman yang sama. Serbuk sari berkecambah pada benang sari yaitu bagian laki-laki dari tanaman. Dari benang sari, serbuk sari ditransfer ke bantalan stigma putik yaitu bagian perempuan tanaman. Dari putik, serbuk sari mencari jalan ke ovula ovarium. Jika bunga sudah mengalami penyerbukan, kelopak benih akan berkembang. Ovarium di dasar bunga juga tidak lama akan membengkak. Selama lima sampai lima belas minggu ke depan, secara alami biji bunga sepatu akan berkembang di dalamnya. Akhirnya kelopak bunga sepatu akan kering dan terbuka, menghasilkan sekitar 13 biji.



Komentar

Postingan Populer