Mengapa Perlu Peperangan Rohani

Mengapa Perlu Peperangan Rohani

Disalin dari buku RumahKu Harus Penuh
Pdt Petrus Agung Purnomo


Perlukah Peperangan rohani itu?

Mungkin banyak dr kita dan gereja Tuhan bertanya mengapa harus ada peperangan rohani? Ada jg yg mengklaim bahwa Yesus sdh menang atas golgota dan tdk perlu berperang lagi. Jadi perlukah peperangan rohani itu?

Disini dijelaskan ketika Yesus sdh bangkit dari antar org mati, Yesus berkata: " Dengan namaKu kamu akan mengusir setan setan"

Markus 16:17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,
mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”

Jika sudah tidak lagi berperang utk apa Yesus yg sudah bangkit berkata: kamu akan mengusir setan demi namaKu?

Mengapa rasul Paulus yg hidup sesudah jaman kebangkitan Tuhan berkata: " Peperangan kita bukan melawan darah dan daging ttp melawan pemerintah dan penguasa, penghulu dunia yg gelap, dan melawan roh roh jahat di udara (ef 6:12)

Pada kenyataanya alkitab mengajar hal itu, ttp hari2 ini gereja dicoba utk dilumpuhkan dgn berkata: kamu tdk perlu berperang. Padahal iblis bekerja menyusup sampai mempengaruhi jiwa dan pendapat serta keputusan manusia, dan kita diajari utk membiarkan itu semua.

Sebab yg kita hadapi bukan sekedar sesuatu yg manusiawi. Ada penyusupan, pengaruh dan kuasa lain yg berkata ini bukan saya. Yang mengatakan itu semua adalah salah satu tafsiran theologia paling bergengsi, yg menurut saya tdk terlalu kharismatik ttp mereka sudah mengakui bahwa ini ada sesuatu yg bukan manusia lagi yg bergerak.

Saya membaca dlm perjanjian baru ada kata dalam bahasa Yunani yaitu Kalepos. Kata ini dlm Perjanjian Baru dari Matius sampa Wahyu muncul hanya 2 kali.

Yg pertama dlm Matius 8:28, diceritakan datanglah 2 org yg kerasukan setan menemui Yesus, mereka sangat berbahaya.
Berbahaya dsini berasal dr bahasa Yunani, Kalepos, dan menariknya di PB hanya muncul 2 kali.

Yg kedua dlm 2 Tim 3:1-5
Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.
Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama,
tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik,
suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah.
Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!

Kata sukar disini berasal dr kata yg sama yaitu Kalepos. Anda harus memperhatikan mengapa sukar disini mengacu pada Matius 8:28, kata sukar disini karna pengaruh setan.
Masa yg sukar berarti masa dmana influence atau pengaruh dr setan itu akan muncul dgn kuat.
Apa yg menjadi ciri" masa yg sukar? Aneh sekali jika anda baca ayat" berikutnya, masa yg sukar dijelaskan oleh paulus isinya adalah tabuat, watak, karakter, perilaku manusia. Berarti semua perilaku manusia yg ada pada akhir zaman ini yg menolak Tuhan, mencoba menyingkirkan Tuhan dlm hidup mereka, bukan semata" manusiawi ttp di dalamnya ada pengaruh si jahat/ iblis.

Semakin kita diam dan tdk perang, maka kita akan semakin habis. Sementara itu setan akan terus memberikan pengaruhnya, dan kita semakin dilumpuhkan.

Seorang teman menulis sebuah buku dgn judul "No plan B", dlm buku tsb dituliskan bahwa Ecclesia sebenarnya adlh istilah militer.
Tuhan tidak membangun gerejaNya utk hanya sekedar kumpul" saja, ttp Dia mau membangun pasukan yg kuat di akhir jaman ini sampai kedatangan Dia yg kedua kalinya:
Saya percaya kalau kita adlh tentara Kristus maka pekerjaan kita adlh bertempur dan berperang, spy melepaskan org" dr cara berpikir yg keliru. Minta Tuhan utk membuka mata rohani kita dan menbungkam semua perkataan dr setan. Tidak menggunakan kekuatan manusia kita, sbb kita punya kekuatan dahsyat dlm nama Tuhan Yesus.
Amin

Komentar

Postingan Populer