Teladan Wanita Di Alkitab

Teladan Wanita Di Alkitab
Joshua Ivan Sudrajat


Ada beberapa Tokoh Wanita Di Alkitab yang bisa kita teladani.

RAHAB

Yosua 2:14-18, 21 (TB)  Lalu jawab kedua orang itu kepadanya: "Nyawa kamilah jaminan bagi kamu, asal jangan kaukabarkan perkara kami ini; apabila TUHAN nanti memberikan negeri ini kepada kami, maka kami akan menunjukkan terima kasih dan setia kami kepadamu."
Kemudian perempuan itu menurunkan mereka dengan tali melalui jendela, sebab rumahnya itu letaknya pada tembok kota, jadi pada tembok itulah ia diam.
Berkatalah ia kepada mereka: "Pergilah ke pegunungan, supaya pengejar-pengejar itu jangan menemui kamu, dan bersembunyilah di sana tiga hari lamanya, sampai pengejar-pengejar itu pulang; kemudian bolehlah kamu melanjutkan perjalananmu."
Kedua orang itu berkata kepadanya: "Kami akan bebas dari sumpah kami ini kepadamu, yang telah kausuruh kami ikrarkan --
sesungguhnya, apabila kami memasuki negeri ini, haruslah tali dari benang kirmizi ini kauikatkan pada jendela tempat engkau menurunkan kami, dan ayahmu serta ibumu, saudara-saudaramu serta seluruh kaum keluargamu kaukumpulkan di rumahmu.
Perempuan itu pun berkata: "Seperti yang telah kamu katakan, demikianlah akan terjadi." Sesudah itu dilepasnyalah orang-orang itu pergi, maka berangkatlah mereka. Kemudian perempuan itu mengikatkan tali kirmizi itu pada jendela.

Rahab adalah seorang perempuan sundal yang menolong kedua pengintai dari Israel, Ia menyelamatkan mereka dan melindungi dari Raja Yerikho.

Setelah Yerikho dikalahkan, Rahab dan seisi rumahnya selamat. Ia diselamatkan karena jasanya melindungi dua pengintai.

Kemudian Rahab masuk dalam Silsilah Tuhan Yesus.

Matius 1:5, 13 (TB)  Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai,
Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor,

http://www.bibleforandroid.com/v/8c85612c94b4

Dari seorang keturunan asing dan perempuan yang tidak berasal dari Israel, Ia masuk dengan melahirkan Boas dari Salmon.

Kesetiaan Rahab dan Setia Memegang janjinya maka Tuhan melihat apa yang dilakukannya.

RUT

Rut 1:1, 16-17 (TB)  Pada zaman para hakim memerintah ada kelaparan di tanah Israel. Lalu pergilah seorang dari Betlehem-Yehuda beserta isterinya dan kedua anaknya laki-laki ke daerah Moab untuk menetap di sana sebagai orang asing.
Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku;
di mana engkau mati, aku pun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan. Beginilah kiranya TUHAN menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jikalau sesuatu apa pun memisahkan aku dari engkau, selain dari pada maut!"

http://www.bibleforandroid.com/v/e7fdd4581677

Rut adalah orang Moab, dia menikah dengan anak Naomi, namun anak Naomi meninggal seharusnya ia berhak meninggalkan Naomi dan kembali ke bangsanya.

Namun Rut tidak meninggalkan Naomi dan ia ikut pulang bersama dengan Naomi. Ia meninggalkan bangsanya dan ikut Naomi serta Rut PERCAYA kepada Allah yang disembah Naomi.

Kesetiaan Rut merawat Naomi, ia mencari makan di kebun Jelai, Ia dipertemukan dengan Boas. Kemudian Boas yang menjadi penebus buat Rut dan Naomi.

Tuhan mengangkat Kehidupan Rut dan Rut juga dimasukkan kedalam Silsilah Yesus, Ia memperanakan Obed dari Boas.

Di Hari Kartini ini kita belajar dari Dua Perempuan yang bukan dari Israel namun karena KESETIAAN dan Mereka PERCAYA kepada Allah Jehovah, yang disembah oleh Abraham, Ishak dan Yakub.

Mereka menjadi teladan kita untuk terus mencari Tuhan. Bangkit dan Jadi Terang Wanita-wanita Indonesia, jadilah Ruth, Rahab, Naomi, Ester, Hana, Debora, Dorkas, Tabitha, Lidya.

Selamat Hari Kartini

By His Grace

Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer