Nama Yesus

Nama Yesus



Message berikut adalah lanjutan dari message kemarin.

2. Ketika Yesus dipermuliakan di hadirat BapaNya - duduk di sebelah kanan Bapa - Bapa di surga sebagai Pencipta dan sekaligus Raja segala raja, memberikan suatu 'bonus' kepada Yesus, yaitu suatu 'Nama di atas segala nama' supaya di dalam nama Yesus, semua yang di langit, yang di bumi dan di bawah bumi harus tunduk di dalam Nama itu (Fil 2:8-11)

Ingat selalu, semua pemahaman ini harus kita cerna dari sudut pandang Kerajaan dan bukan konsep pikir demokrasi yang membutuhkan persetujuan orang banyak. Dalam dimensi Kerajaan, saat sang Raja memberikan ketetapanNya, Ia tidak mencari tahu apa yang menjadi 'opini orang banyak'. Ia mengambil keputusan dari 'pertimbanganNya sendiri' - walau tetap ada orang-orang atau kelompok yang disebut sebagai penasehat Raja; yaitu orang-orang yang sering diajak berdiskusi oleh sang Raja - tapi bagaimanapun, sang Raja-lah yang berwenang memberikan keputusan.

Saat sang Raja - Bapa sendiri, sang Pencipta & Pemilik seluruh alam semesta - memutuskan untuk memberikan 'tambahan favour' kepada Yesus, bukan hanya mempermuliakan Dia dengan 'mendudukkanNya di sebelah kananNya, tapi juga memberikan 'Nama di atas segala nama' - yang ada dalam pikiran sang Bapa adalah GerejaNya!

Saat sang Anak ada di bumi ini, baik Bapa, Roh Kudus dan Anak bekerja sama  secara harmonis untuk mempersiapkan datangnya Kerajaan Sorga di bumi ini. Tapi sekarang sang Anak ada di sebelah kanan Bapa, ada di sorga, maka di bumi ini ada 'kekosongan/absennya satu partner Tuhan'. Gerejalah yang di tetapkan oleh Bapa untuk menggantikan posisi & keberadaan sang Anak di bumi ini sebagai Partner kerjaNya (1 Kor 3:9) Demi untuk mengkondisikan Gereja menjadi Partner kerjaNya yang efektif di bumi ini, Bapa memberikan 'nama Yesus' kepada Gereja. Supaya sama seperti Yesus terus hidup dalam hirarki Kerajaan - itu sebabnya sakit penyakit, Iblis, roh-roh Jahat, badai, gelombang laut, dan lain-lain semua mentaati Dia - Bapa membuat Gereja mewarisi urutan hirarki yang sama - menempati hirarki yang tertinggi dari segala sesuatu yang ada di bumi ini (Ef 1:19-23) sehingga seluruh semesta - setiap unsur-unsur alam, makhluk ciptaan - yang terlihat ataupun yang tidak terlihat, berbagai efek dosa - sakit penyakit, kuasa kutukan, bahkan Iblis sendiri dengan segala roh-roh Jahatnya harus tunduk kepada Gereja yang membawa/mewarisi nama Yesus!

Yang harus diperhatikan adalah, nama Yesus akan Bapa berikan hanya kepada orang-orang percaya yang berani 'menjual segalanya' demi mendapatkan Yesus (Mat 13:44-46) Hanya orang-orang yang rela mati dari keinginan & cinta akan diri sendiri, cinta akan dunia serta cinta akan uang - mereka yang mencintai Yesus sepenuhnya (Fil 3:7-11) sehingga dianggap sebagai mempelai wanita yang kudus, yang tak bercela, layak untuk 'diambil' oleh Bapa dan 'dikawinkan' dengan AnakNya yang sudah Ia permuliakan - terjadi suatu ikatan janji - hanya gereja seperti itulah yang layak mewarisi 'namaNya' dan bakal berfungsi efektif menjadi baitNya di bumi ini (Ef 5:32, 2:19-22)

#AkuCintaTuhan (Ps. Steven Agustinus)

Message ini akan berlanjut besok.....

Komentar

Postingan Populer