COOL SPIRIT

= COOL SPIRIT =

Belajar dari kehidupan ISHAK.
Pdt. Petrus Agung Purnomo


Kebanyakan orang suka ayat yang berkata " Maka Ishak makin lama makin kaya, jadi kian kaya dan sangat kaya. "

Tapi sebetulnya setelah mempelajari kisah hidup Ishak, saya menemukan ada pilar atau kekuatan yang dimiliki Ishak..salah satunya adalah :

COOL SPIRIT

Orang yang berpengetahuan menahan perkataannya,orang yang berpengertian berkepala dingin. Amsal 17:27

Amsal mengatakan orang yang berpengertian itu mempunyai cool spirit.
Cool Spirit artinya : orang yang tidak mudah terpancing emosi, orang yang tidak mudah bereaksi dan meledak yang mengerikan. Tetapi orang tersebut memiliki penguasaan diri yang luar biasa.

Didalam hidup Ishak sebetulnya, sepanjang hidupnya banyak mengalami hal2 yang tidak lazim. Contoh peristiwa :

a. Ketika Ishak masih kecil ibunya Sarah melihat Ismail anak Hagar sedang bermain dengan Ishak. Kata bermain didalam terjemahan lain sebetulnya adalah seperti seorang anak yang besar menjadikan anak kecil itu objek kesenangan nya. Jadi ada faktor dihina,bukan bermain tetapi dijadikan permainan.
Tetapi dari kecil tidak pernah kita melihat Ishak menangis dan lapor kepada ibunya.

b. Ishak dibawa Bapaknya Abraham naik ke gunung Moria,disuruh membawa kayu bakar kemudian berdua naik keatas gunung. Saat bapaknya mengangkat pisau akan menyembelih Ishak, tidak ada satu patah katapun keluar dari mulutnya.

Ishak memiliki self control yang luar biasa. Menghadapi pisau yang hampir mengambil nyawanya..bahkan berteriakpun tidak..berontak pun juga tidak..protes tidak..tidak bersuara sama sekali. Persis seperti Tuhan Yesus,dikatakan Dia domba yang kelu. Banyak diantara kita ' domba yang cerewet ' bukan domba yang kelu. Domba yang kelu tidak pernah memamerkan kekeluannya.
Minta kesanggupan Tuhan untuk mengendalikan sesuatu.

c. Ishak dicarikan istri oleh Abraham. Bayangkan istripun dia tidak memilih. Ingat Abraham tidak hidup sendiri,tetapi Abraham memiliki kumpulan ratusan orang bersama2 dengan dia dan dianggap seorang raja agung oleh bangsa2 disekitarnya. Ishak bisa memilih siapapun yang dia mau. tetapi Alkita mengatakan yang mencarikan jodoh bapaknya dan Ishak tidak protes.

d. Saat terjadi kelaparan dan Ishak akan ke Mesir, Tuhan berkata " Jangan,kamu ke tempat orang Filistin saja ". dan Ishak menurut apa yang dikatakan Tuhan.

Ishak memiliki self control yang luar biasa, tidak ada sesuatupun yang meletup letup,yang menimbulkan akan kehebohan atas apapun yang dialami..baik itu hal yang baik atau tidak baik. Ini bagian dari Buah roh.

Begitu menghadapi segala sesuatu..begitu spirit kita tenang semua akan ter kontrol dengan baik..kita akan punya tembok perlindungan.

Menghadapi apapun diam dan tenang.

Kenapa ada banyak orang tidak bahagia, kalau ada orang lain yang berhasil..?? Karena kalau ada orang yang berhasil yang lain kelihatan gagal.
Orang tidak mau direndahkan oleh karena peninggian seseorang.

Didik diri kita untuk punya self-control yang luar biasa
Miliki cool spirit
Perkataan kita dikendalikan
Emosi kita dikendalikan
Reaksi perbuatan tindakan semua terkendali.

Ini menolong kita terhindar dari kejatuhan yang tidak perlu.

Pilih mau jadi Ishak atau Ismail...???

Ismail gampang marah dan gampang emosi..semaunya seperti keledai liar. Tapi kalau mau jadi Ishak harus punya cool spirit.

Kalau kita sedang disalahkan orang..lagi bergesekan dengan orang lain..ingatkan dirimu saya bukan Ismail..saya bukan keledai liar.
Saya..Ishak yang punya cool spirit,saya akan naik dan tidak akan turun,jadi kepala dan bukan ekor, diatas dan bukan dibawah.

Itu destiny kita.…itu jatah kita.
Sumber Facebook : D Novia Tov

Komentar

Postingan Populer