HIKMAT ILAHI UNTUK KEBERHASILAN

HIKMAT ILAHI UNTUK KEBERHASILAN

Ps Joseph Hendrik Gomulya




Setiap orang ingin meraih keberhasilan dimana itu juga merupakan kerinduan Tuhan untuk anak-anak-Nya menjadi berhasil yang adalah salah satu tujuan Yesus disalibkan untuk Tuhan dapat melimpahkan segala berkat-Nya dan setiap kita hidup dalam kelimpahan.

"supaya hati mereka terhibur dan mereka bersatu dalam kasih, sehingga mereka memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian, dan mengenal rahasia Allah, yaitu Kristus, sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan." (Kolose 2 : 2 - 3 TB)

Di dalam Yesus tersembunyi segala harta, hikmat dan pengetahuan. Sewaktu hidup anda berada di dalam Yesus anda yang mungkin dulunya bodoh tiba-tiba karena anda menerima Yesus maka hikmat itu semakin hari semakin bertambah. Dahulu mungkin anda tidak pandai berkata-kata dan sulit untuk menolong orang lain tetapi ketika anda berada di dalam Yesus, hidup anda berubah dan anda menjadi berkat bagi banyak orang.

Ps Hendrik mempunyai seorang teman yang dulunya dianggap bodoh, tidak mungkin mempunyai masa depan, ketika berbicara agak gagap, bahkan seringkali takut ketika menghadapi orang lain tetapi ketika dirinya menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya hidupnya kemudian berubah dan menjadi orang yang berhasil dengan memimpin beberapa perusahaan bahkan dia bisa memotivasi dan mengubah banyak orang.

Perubahan terjadi karena ada didalam Yesus, didalam Yesus segala hikmat itu diberikan. Sewaktu anda menghadapi masalah anda tidak sendirian karena Dia memberikan segala hikmat-Nya untuk anda bisa mengatasi permasalahan anda.

"lalu berkata kepada Yesus: “Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zinah. Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?” Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah."  (Yohanes 8 : 4 - 6 TB)

Yesus diperhadapkan kepada sebuah masalah dimana ahli-ahli Taurat dan orang-orang farisi memperhadapkan kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berzinah dimana dalam hukum Taurat Musa  dosa seperti itu akan dirajam dengan batu sampai mati.

Yesus tidak pernah keluar dari hikmat, Dia selalu dipenuhi dengan hikmat, mari melihat apa yang Yesus katakan di ayat selanjutnya.

"Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Ia pun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.” Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah. Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya." (Yohanes 8 : 7 - 9 TB)

Mereka ingin menjebak Yesus dengan pertanyaan seandainya Yesus berkata bahwa perempuan itu harus dirajam dengan batu seperti menurut hukum Musa sehingga berarti Yesus tidak memiliki kasih atau  seandainya Yesus berkata bahwa perempuan itu tidak bersalah sehingga berarti Yesus melanggar hukum Musa. Tetapi Hikmat Allah yang membuat Yesus berkata “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu” sehingga satu persatu ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi itu pergi meninggalkan Yesus.

Dengan hikmat-Nya Yesus juga berkata kepada perempuan itu di ayat 10

"Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: “Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?” Jawabnya: “Tidak ada, Tuhan.” Lalu kata Yesus: “Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.” (Yohanes 8 : 10 - 11 TB)

Hikmat ilahi membawa pengampunan dan bukannya membawa penghakiman. Banyak orang berpikir bahwa ketika dirinya sedang dipenuhi hikmat maka dia akan menghakimi dan melihat segala kekurangan orang lain. Mari mencontoh kehidupan Yesus yang tidak pernah menghakimi orang lain tetapi sebaliknya hikmat Yesus memberi pengampunan dan memberkati setiap orang.

Ketika anda mengetahui bahwa anda tidak di hukum oleh Tuhan maka anda layak untuk menerima berkat-Nya. Kita juga melihat bahwa hidup perempuan ini berubaholeh karena Yesus menolong dan mengampuni dosa-Nya.

Ketika anda merasa berdosa dan bersalah jangan pernah merasa bahwa Tuhan tidak akan mengampuni anda tetapi percayalah seperti perempuan yang kedapatan berzinah ini, Tuhan tidak akan menghukum anda karena pengampunan Tuhan selalu terjadi atas hidup anda. Semoga ini bisa memberkati anda dan merubah hidup anda karena anda memiliki Yesus yang luar biasa yang selalu mengampuni anda dan kekuatan pengampunan Tuhan merubah anda untuk bangkit berdiri dan menjadi orang yang diberkati Tuhan.



Amin, Tuhan Yesus memberkati
Untung Bongga Karua T

Komentar

Postingan Populer