KARAKTERMU MASA DEPANMU 1

KARAKTERMU ... MASA DEPANMU
(Bagian 1)
By: Ev. Mikhael Iin Tjipto Purnomo Wenas
@lannygabriella - 27062017


WASPADA :
1. Waspada di roh
2. Waspada di jiwa
3. Waspada di tubuh

MEMPERHATIKAN YANG TERJADI DI SEKITAR KITA, SEHINGGA DAPAT MENANGGAPI DENGAN BENAR.

Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar. Sebab mereka yang tidur, tidur waktu malam dan mereka yang mabuk, mabuk waktu malam. Tetapi kita, yang adalah orang-orang siang, baiklah kita sadar, berbajuzirahkan iman dan kasih, dan berketopongkan pengharapan keselamatan.  1 Tesalonika 5:6-8.

Ada begitu banyak tugas dan tanggung jawab yang kita terima dari Tuhan, dari pimpinan ataupun dari orang orang disekitar kita. Kita memiliki begitu banyak pekerjaan yang harus dikerjakan/diselesaikan. Kita harus berjaga-jaga dan tetap waspada.

Kadangkala pekerjaan2 membuat kita letih dan menjadi malas untuk waspada, akibatnya terjadi hal hal yang tidak kita ingini, karena tidak waspada. Oleh sebab itu, tetaplah waspada dan amati  kondisi dan sekeliling kita, yang meliputi seluruh aspek dalam hidup kita, yakni roh, jiwa, tubuh.

1. WASPADA DI ROH
Waspada akan kondisi roh kita. Seperti apa kondisi roh kita, bisa diketahui dengan hal mudah. Contohnya, dengan bahasa roh, jika kondisi roh letih, maka bahasa roh itu hanya bisa dilakukan 1 menit, sedangkan Tuhan meminta 5 menit. Itu tandanya ada keletihan di roh. Begitu pula jika kita mendengar Firman Tuhan sampai masuk kedalam hati, tidak bisa menangkap makna dan mencerna Firman, atau jika kotbah itu tidak bisa berbicara didalam hati, maka sebenarnya yang terjadi di roh adalah kondisi roh sudah mulai melemah.

Check roh (seperti check darah), apakah dengan berbahasa roh 5 menit atau menyembah itu mudah atau susah?
Jika susah, maka roh tersebut sudah menjadi lemah dan harus bertobat.

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya  1Petrus 5:8

Iblis tidak pernah tertidur untuk membuat setiap manusia jatuh kedalam dosa! Waspadalah dari si jahat. Untuk mengetahui si iblis sedang meniupkan sesuatu, apakah ada yang negatif sedang mendekati? Lewat mimpi, pikiran atau pandangan terhadap sesama. Kenali kehadiran dan waspadai setiap jebakan yang dibuat oleh si jelek/iblis!

2. WASPADA DI JIWA
Jiwa berbicara tentang bagaimana kita bisa mengenali kondisi di jiwa kita. Seringkali jiwa ini bisa terjangkit 4 penyakit jiwa:
- Penyakit emosi sampah (iri hati, mellow, tersinggung, dsbnya)
- Impotent to love and to be love (tidak merasakan kasih dan tidak bisa mengasihi);
- Uncontrol life (Kehidupan yang tidak terkontrol), serta tidak pernah puas dengan apa yang Tuhan sudah berikan. Contohnya: Saul, menjadi raja Israel dan ia tidak waspada akan jiwanya, sehingga ia bisa dirasuk oleh roh jahat yang membuat hati dan pikirannya menjadi gusar dan hampir membunuh Daud.
- Bisa juga dalam kondisi lain, saat ada perasaan tersinggung, karena merasa tidak diperdulikan atau tidak lagi bisa membagikan kasih dan merasakan kasih dari orang orang di lingkungan kita.

Waspada dengan apa yang jiwa dapat rasakan, jangan pernah biarkan ada penyakit emosi yang dapat merasuk dalam jiwa kita, sehingga bisa menghentikan tugas pekerjaan2 besar yang ada didepan kita.

3. WASPADA DI TUBUH
Ini berbicara tentang apa yang dihasilkan oleh kita. Bagaimana kita berjaga-jaga dalam hal yang harus kita kerjakan. Cara berjaga-jaga terhadap apa yang kita kerjakan adalah dengan mengukur seberapa buah yang kita terima dari apa yang telah kita kerjakan.

Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak  1Korintus 9:27

Ayat tersebut diatas berbicara bahwa Paulus dengan sengaja melatih tubuhnya sedemikian rupa, sehingga Paulus bersikap waspada akan hal hal didepannya yang akan terjadi.
Demikian pula dengan kita dan tugas tugas yang Tuhan berikan, baik itu pelayanan, pekerjaan dan tanggung jawab yang sudah Tuhan berikan percayakan dalam hidup kita.

Amin.
Tuhan Yesus memberkati

Komentar

Postingan Populer