Menunda Hidup Dalam Keakuratan

Menunda Hidup Dalam Keakuratan


Membangun kehidupan sehari-hari yang akurat seringkali meninggalkan kesan sesuatu yang sulit untuk diwujudkan, membutuhkan suatu proses pendisiplinan yang sangat ketat dan nyaris mustahil untuk diterapkan oleh kebanyakan orang. Padahal pada kenyataannya, hidup dalam keakuratan adalah sesuatu yang memang harus dijalani oleh setiap orang percaya; artinya, sesulit apapun, semustahil apapun, Tuhan sudah memberikan anugerah bagi mereka yang memang mau hidup dalam keakuratan.

1. Kuasa firman & Roh akan selalu tersedia untuk bekerja & memampukan hidup orang percaya yang berketetapan hidup dalam keakuratan.

Adalah merupakan kerinduan hati Tuhan untuk membawa setiap orang percaya hidup dalam keakuratan; Tuhan berkehendak untuk membongkar & menyingkirkan setiap pola dunia yang selama ini sudah tercetak dalam hidup orang percaya dengan menggunakan firman & Roh yang Ia curahkan!

Seringkali sumber permasalahannya justru ada pada sisi sang jemaat; justru jemaatlah yang seringkali 'menolak'/ 'menyingkirkan' pekerjaan firman & Roh dalam hidup mereka sehingga rencana Bapa yang berkehendak untuk membangun kehidupan akurat dalam hidup kita jadi terhambat/ terus terganggu. Tuhan tidak pernah memaksakan kehendakNya meskipun itu untuk kebaikan umatNya sendiri.

Tanpa dari sisi jemaat membuat ketetapan hati untuk mengijinkan bekerjanya firman & Roh untuk membangun keakuratan dalam hidup mereka, Tuhan tidak pernah memaksa jemaat untuk mereka hidup akurat.

Dia hanya akan terus 'membujuk' jemaat melalui RohNya, penyingkapan firmanNya maupun melalui hamba-hambaNya dengan tujuan membuat dari sisi jemaat sendiri muncul suatu kerinduan/ dorongan untuk berubah, membongkar pola dunia yang selama ini ada & mulai membangun pola Ilahi, kehidupan sehari-hari yang akurat dalam kehidupan mereka.

Di saat jemaat/ orang percaya membuka hidup mereka, mengambil keputusan/ tekad untuk hidup dalam keakuratan, di saat itulah pekerjaan firman & Roh akan memampukan dirinya untuk betul-betul hidup dalam keakuratan.

2. Ketetapan hati/ tekad & pengambilan keputusan untuk hidup akurat, akan mengaktivasi bekerjanya kuasa anugerah yang memampukan jemaat untuk menanggulangi segala penghalang, hambatan untuk hidup akurat.

Seringkali jemaat mengalami berbagai hambatan/ halangan untuk hidup akurat disebabkan karena saat harus mengambil keputusan tertentu guna memposisikan diri dapat hidup secara akurat, ada berbagai pertimbangan/ pemikiran yang memberatkan, membuat kuatir/ takut yang harus mereka taklukkan terlebih dahulu. Pertimbangan/ pemikiran yang memberatkan inilah yang seringkali membuat jemaat menunda-nunda dalam mengambil keputusan; terkadang, saking lamanya jemaat menunda dalam mereka mengambil keputusan, kesempatan & anugerah yang tersedia untuk memampukan mereka menjadi pelaku firman jadi berlalu begitu saja. Jika itu yang terjadi atas mereka, seringkali dibutuhkan suatu moment, musim rohani yang baru lagi untuk jemaat bisa menikmati adanya kesempatan/ anugerah yang kembali akan memampukan mereka dapat membenahi hidup mereka jadi akurat.

Saya percaya, inilah yang Tuhan ingin sampaikan kepada semua kita, para pembaca Daily Devotion: "Aku memberikan suatu kesempatan baru untuk engkau kembali bertindak membenahi kehidupan sehari-harimu jadi akurat di hadapan HadiratKu. Aku memberikan firmanKu untuk kembali bekerja dalam hidupmu, Aku curahkan RohKu untuk memampukan engkau membenahi hidupmu. Yang harus engkau lakukan dari pihakmu hanyalah memperkatakan firmanKu ini dan mengimajinasikannya dalam pikiranmu; teruslah berkata-kata dan memotivasi dirimu untuk menjadi pelaku firmanKu sampai engkau bisa merasakan bangkitnya gelora keantusiasan/ semangat untuk jadi pelaku firman dalam hidupmu. Ketika hal itu terjadi dalam dirimu, engkaupun akan mendapati, dapat melihat bagaimana TanganKu bekerja dalam segala sesuatu untuk merealisasikan apa yang memang sudah Aku janjikan dalam hidupmu.

Engkau akan mendapati pintu-pintu kesempatan yang selama ini tertutup, jadi terbuka lebar bagimu; apa yg selama ini menjadi batu sandungan dalam hidupmu, Aku ubahkan menjadi batu loncatan bagimu; apa yang orang banyak katakan mustahil dapat terjadi bagimu, Aku buat semua bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagimu !

Pada hari ini, pada saat engkau mendengar suaraKu, jangan keraskan hatimu. Bertindaklah, melangkahlah, bangun ketetapan hatimu untuk mulai hidup dalam keakuratan ! Firman & RohKu akan menyertai & memampukanmu! (Ps. Steven Agustinus)

Komentar

Postingan Populer