KARAKTERMU MASA DEPANMU 9

"Karakter RENDAH HATI" - 9 -


MENGAKUI BAHWA HASIL PENCAPAIAN PRESTASI YG DIRAIH ADALAH HASIL BANTUAN TUHAN DAN ORG LAIN DLM HIDUP KITA.

Tetapi orang yg rendah hati akan mewarisi negeri dan bergembira karena kesejahteraan yg berlimpah-limpah. (Mazmur 37 : 11).

Kita sering mendengar yg namanya rendsh hati, bahkan kita sering menyanyikan itu di hadapan Tuhan. Tahukah sdr bahwa sebenarnya kerendahan hati itu bisa byk hal ?.
Kerendahan hati bisa dimulai dari :

Mengenal Diri Sendiri.

Pengenalan akan diri, dimulai dari mengerti setiap kelemahan dan kebaikan diri sdr sehingga sdr bisa menjadi org2 yg sembuh dan tahu akan potensi dlm dirimu masing-masing. Kenali setiap keminderan, kecacatan dan kesakitan maupun semua kekuatan dan potensi kita. Sakit itu bisa karena byk hal, sakit karena kejatuhan, sakit karena kegagalsn atau hal lainnya. Hari ini Beresi kesakitanmu karena kalau tdk sdr beresi, kesakitan itu akan infeksi dan menjadi busuk. Setiap sdr hrs kenali dan antisipasi kekuranganmu. Ini baru sslah satunya yg namanya kerendahsn hati.

Bergantung Pada TUHAN.

Yang kedua, Semakin org rendah hati semakin org akan bergantung sama Tuhan. Bagaimana hal itu bisa terjadi ? Orang yg rendah hati akan merasa tdk mampu kalau tdk ada Tuhan di sampingnya utk menolong dan bersama-sama menyelesaikan bagiannya. Bergantung sama Tuhan itu selalu tanya Tuhan setiap kali kita ingin berbuat segala sesuatunya, begitu kita udah tdk bergantung dgn Tuhan maka sesungguhnya kita sdh mulai menjadi sombong.

Sangat Mudah BELAJAR.

Seseorang juga dpt dikatakan rendah hati saat ia punya hati yg sgt mudah dikoreksi, sangat mudah mendengar, sangat mudah belajar dari org lain. Saat kita tahu kalau kita buat kesalahan dan ada org yg memarahi kita, maka ambil didikan dan teguran itu utk bisa menjadi lebih baik. Sekalipun misalnya kita terima masukan dari org yg lebih muda, hargai itu dan biasakan dirimu utk terus belajar dari siapapun. Kalau sdr masih marah atau masih kesal karena kamu ditegur, dimarahi, dikritik, itu artinya sdr belum memiliki kerendahan hati. Cintailah didikan, cintailah teguran sebab proses belajar dlm hidup kita tdk pernah berakhir, jadi mari sama2 jangan pernah berhenti utk belajar.
Disalin dari "Karakter-Mu...Masa Depanmu" oleh : Ev. Mikhael Iin Tjipto W.
Aby Dahlia Fadjarwati

Komentar

Postingan Populer