Rabu, 20 September 2017

SUMUR ISHAK

Sumur Ishak
Daily Devotion

Bahan Renungan :
Kejadian 26:22-25 (TB)  Ia pindah dari situ dan menggali sumur yang lain lagi, tetapi tentang sumur ini mereka tidak bertengkar. Sumur ini dinamainya Rehobot, dan ia berkata: "Sekarang TUHAN telah memberikan kelonggaran kepada kita, sehingga kita dapat beranak cucu di negeri ini."
Dari situ ia pergi ke Bersyeba.
Lalu pada malam itu TUHAN menampakkan diri kepadanya serta berfirman: "Akulah Allah ayahmu Abraham; janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau; Aku akan memberkati engkau dan membuat banyak keturunanmu karena Abraham, hamba-Ku itu."
Sesudah itu Ishak mendirikan mezbah di situ dan memanggil nama TUHAN. Ia memasang kemahnya di situ, lalu hamba-hambanya menggali sumur di situ.

http://www.bibleforandroid.com/v/a7f849d3ec29

Renungan :

Sumur kelegaan (ayat 22)
Sumur yang digali Ishak dalam bahasa Ibrani disebut Rehoboth yang berarti ada kelegaan /kelonggaran.

Sebuah hubungan bisa menjadi sesuatu yang membuat hidup kita menjadi lega kalau ada sikap :

(a) Saling berbagi (sharing)
Kita selalu butuh seorang teman untuk diajak sharing. Penelitian menunjukkan bahwa berbicara/ share kepada orang yang tepat bisa menghilangkan banyak tekanan jiwa.

(b) saling mendukung
Tidak ada superman didunia ini. Semua orang butuh dukungan. Oleh sebab itu menemukan sebuah hubungan yang saling mendukung akan sangat melegakan!

Tuhan ingin memberikan kita Kelonggaran atas masalah yang kita hadapi. Tuhan mengajarkan untuk setiap kita adalah keluarga.

Sebagai keluarga kita harus saling menguatkan, saling tolong menolong.

Sumur Restorasi/pemulihan (ayat 23-33)

Tuhan memberikan Janji Restorasi dalam hidup kita.

Sumur terakhir yang digali Ishak diberi nama Syeba yang dalam bahasa Ibrani berarti tujuh. Pada saat itu musuh-musuh Ishak datang dan meminta maaf. Yang menarik adalah sambutan Ishak :

(a) Ia mengampuni
Pengampunan adalah obat paling mujarab untuk berhasilnya sebuah hubungan yang langgeng. Kenapa demikian ? karena manusia adalah gudangnya kesalahan!

(b) Ia mengadakan pesta
Ini menunjukkan sikap sukacita Ishak atas perdamaian yang terjalin kembali

Karena ke dua sikap baiknya diatas, maka Tuhan memberkati Ishak kali lipat dari sebelumnya!

Kesimpuannya : Hubungan adalah segalanya. Kalau kita mampu membangun hubungan yang baik dengan orang lain, maka Tuhan akan memberkati kita berlipatkali ganda!

Amin

By His Grace


Joshua Ivan Sudrajat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar