Victorious Life

SUPER SUNDAY IFGF PALEMBANG
3 SEPTEMBER 2017

By: Ps. Robert Lie
Victorious Life

Harusnya kita selalu mengalami kemenangan demi kemenangan, karena Tuhan sendiri yang sudah menjaminnya.

The great victory comes from the great battle, karena itu kita bayar harga! Kalau Tuhan di pihak kita dan berjalan bersama kita, siapa lawan kita??

Yesaya 41:10 (TB)
10: janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

1 Yohanes 5:3-4 (TB)
3: Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat,
4: sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.

Matius 11:28-30 (TB)
28: Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
29: Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
30: Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan."

Tuhan tidak pernah memberikan beban yang berat dalam hidup kita! Kuk yang Dia pasang di hidup kita ringan dan enak! Kemenangan yang besar akan terjadi ketika engkau mengalami pergumulan atau peperangan yang besar!

Matthew 11:29
29: Walk with me and work with me--watch how I do it. Learn the unforced rhythms of grace. I won't lay anything heavy or ill-fitting on you.

Kalau engkau berkata bebanmu berat, artinya engkau itu tidak sedang berjalan bersama Tuhan, tidak bekerja seperti yang Tuhan kerjakan, dan tidak melihat bagaimana Tuhan mengerjakan hal tersebut.

Kebanyakan manusia tidak mengikuti apa yang Tuhan mau, sehingga hidupnya mengalami beban yang berat. Seharusnya kita datang ke Tuhan itu bukan karena beban berat, tapi karena Tuhan yang terlalu baik dalam hidup kita. Memang kita masih manusia dan bisa mengalami beban berat, tapi Tuhan itu Tuhan yang baik, tidak mungkin engkau akan mengalami beban berat itu setiap hari.

Apakah engkau berjalan bersama Tuhan?
Apakah engkau bekerja bersama Tuhan?
Apakah engkau melihat apa yang Tuhan kerjakan?

Kalau engkau kerjakan yang engkau mau sendiri, belum tentu breakthrough, karena itu lihat apa yang Tuhan kerjakan, lalu bekerja bersama Tuhan.

Tuhan tidak memberimu beban berat! Kalaupun sepertinya ada beban berat, sebenarnya Dia itu sedang melatih otot kita agar kuat, agar kita kuat di dalam Tuhan.

Dalam bahasa Ibrani, kuk menggunakan kata על (ol).
×¢ = eye, see, look
ל = learn

Tuhan mau agar kita belajar dari melihat! Karena itu di ayat tadi dikatakan lihat bagaimana Tuhan mengerjakan.

Ketika kuk itu dipasang, lembu yang berpengalaman akan diposisikan di sebelah kanan dan yang kurang berpengalaman di sebelah kiri, dengan tujuan agar lembu yang kurang berpengalaman itu bisa belajar dari contoh yang diberikan lembu yang berpengalaman itu. Timotius dan Paulus, Elisa dan Elia, Yosua dan Musa, dll. Karena itu Paulus berkata, "belajar dari teladanku".

1 Korintus 10:13 (TB)
13: Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Filipi 4:13 (TB)
13: Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

3 step yang akan membuat semua bebanmu itu ringan dan enak:
1. Walk with Me
2. Work with Me
3. Watch how I do it

1. Walk With Me
Amos 3:3 (TB)
3: Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?

- Berjalan bersama Tuhan itu tidak mudah, harus menyangkal diri pikul salib (Lukas 9:23)
- Kita harus melepaskan yang paling jahat kalau kita mau berjalan bersama Tuhan, yaitu mamon.

Kenapa paling jahat?
1 Timotius 6:10 (TB)
10: Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

2. Work With Me
Yesus melakukan yang dikehendaki Bapa di surga.

Yohanes 5:19 (TB)
19: Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.

Lukas 22:42 (TB)
42: "Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi."

3. Watch How I Do It
Yohanes 5:19 (TB)
19: Maka Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.

Poin kedua dan ketiga ini sangat berkaitan, karena engkau tidak bisa bekerja tanpa engkau melihat apa yang Tuhan kerjakan.

Janji Tuhan:
- Tuhan berkata bahwa tidak ada yang miskin, tidak akan ada yang kekurangan di gereja ini!
- Setitik lagi akan ada berkat besar untuk gereja ini!

Tuhan beri angka ini: 038
- Angka 0
Clean and empty, mati kedagingan, kerendahan hati
- Angka 3
Kekudusan yang sempurna, komplit / utuh (divine perfection), 3 pemimpun, trinitas (unity, sepakat)
- Angka 8
New beginning

ANGKA 0

Dalam tradisi Yahudi atau Alkitab, tidak dikatakan angka 0, tapi lebih dikatakan sebagai no (tidak), atau nothing (tidak ada).

Bahasa Ibrani angka 0 : עפס (efes) dan jika ditarik garis lurus arti per huruf pembentuknya, kita harus mengetahui bahwa Yesuslah kekuatan kita, Dialah yang pertama, dan dari mulut kita, kita berkata bahwa Dialah tempat sandaran kita dan Dialah yang sebenarnya menolong kita.

Dalam sistem bilangan, angka 0 merupakan batas antara negatif dan positif. Kalau engkau berada di titik 0, hati-hati, karena kalau engkau merespon negatif, engkau akan masuk dalam bilangan negatif, tapi juga sebaliknya, kalau engkau tetap berserah pada Tuhan, percaya pada Tuhan, maka engkau akan masuk dalam area positif, akan terjadi pertumbuhan, breakthrough, kemenangan, keajaiban, promosi, dll.

Contoh tokoh Alkitab yang masuk dalam titik 0 dan meraih kemenangan, adalah Yusuf di penjara, Daud di Gua Adulam. Dan ada 2 raja juga yang masuk dalam titik 0 namun tidak mengalami kemenangan, yaitu Raja Asa dan Saul tidak berubah ketika ditegur, bahkan Saul ditinggal rakyat tapi dia justru tidak bertobat.

ANGKA 3

1 Samuel 14:6-7 (TB)
6: Berkatalah Yonatan kepada bujang pembawa senjatanya itu: "Mari kita menyeberang ke dekat pasukan pengawal orang-orang yang tidak bersunat ini. Mungkin TUHAN akan bertindak untuk kita, sebab bagi TUHAN tidak sukar untuk menolong, baik dengan banyak orang maupun dengan sedikit orang."
7: Lalu jawab pembawa senjatanya itu kepadanya: "Lakukanlah niat hatimu itu; sungguh, aku sepakat."

1 Samuel 14:14 (TB)
14: Kekalahan yang pertama ini, yang ditimbulkan Yonatan dan pembawa senjatanya itu, besarnya kira-kira dua puluh orang dalam jarak kira-kira setengah alur dari sepembajakan ladang.

Ketika dua orang sepakat, hasilnya ajaib, tapi apa yang terjadi kalau tiga orang sepakat?

Pengkhotbah 4:12 (TB)
12: Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.

Kenapa angka 3 harus diletakkan setelah angka 0?
Karena tanpa andanya kerendahan hati, tidak mungkin terjadi kesepakatan antara satu dan banyak orang. Tanpa hati yang bersih dan "kosong", tanpa bejana yang bersih dan kosong, tidak mungkin engkau bisa menerima sesuatu yang baru.

ANGKA 8

Kejadian 17:12, 15 (TB)
12: Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.
15: Selanjutnya Allah berfirman kepada Abraham: "Tentang isterimu Sarai, janganlah engkau menyebut dia lagi Sarai, tetapi Sara, itulah namanya.

Sebelum new beginning, harus ada sunat. Hatimu, pikiranmu, kedaginganmu, semua harus disunat.

Di waktu yang sama ketika Ishak disunat, nama Sarai juga diganti jadi Sara, dan terjadi perubahan destiny dalam kehidupan mereka.

1 Petrus 3:20 mencatat ada 8 orang yang tertolong dalam bahtera Nuh.

Dalam penglihatan Yehezkiel mengenai Bait Allah yang baru, para imam mempersembahkan korban pada hari ke-8.

Yehezkiel 43:27 (TB)
27: Sesudah hari-hari itu berakhir, maka pada hari kedelapan dan seterusnya imam-imam akan mengolah korban-korban bakaranmu dan korban-korban keselamatanmu di atas mezbah itu dan Aku akan berkenan kepada kamu, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

ANGKA 38

Seorang lumpuh yang sakit, dia sakit 38 tahun dan dia menunggu untuk masuk ke kolam Betesda untuk disembuhkan yang pada akhirnya dia disembuhkan langsung oleh Tuhan Yesus.

Ketika Tuhan memberi angka 038, sebenarnya Tuhan juga sedang mengkonfirmasikan bahwa sedikit waktu lagi, setitik lagi, Tuhan akan berkati gereja ini dengan berkat yang besar, yang artinya juga setiap kita akan mengalaminya!

Bobby Hartanto

Komentar

Postingan Populer