KECAPI UCAPAN SYUKUR

*KECAPI UCAPAN SYUKUR*

*Mazmur 118:19*
*Bukakanlah aku pintu gerbang kebenaran, aku hendak masuk ke dalamnya, hendak mengucap syukur kepada TUHAN.*

*1 Tesalonika 5:18 (TB)  Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.*

Kecapi Ucapan Syukur, Ketika kita mengalami hal yang tidak enak, kita mainkan kecapi kita, kita mengucap syukur, dari situ keluar bau yang harum.

Suatu Korban Yang Mengeluarkan bau harum.

Kata bersyukur dalam bahasa Ibrani (Yadah) yang tidak hanya memiliki satu arti saja. Dalam Bahasa Inggris diterjemahkan “I will Praise thee, o LORD…” (Aku mau memuji-Mu ya TUHAN). Dalam bahasa Ibrani memiliki banyak arti, di antaranya adalah;

a.  Praise/Pujian (kepada TUHAN)
b. Give Thanks/Ucapan terima kasih (kepada TUHAN)/ Bersyukur
c.  Confess/ Pengakuan (akan kasih dan kebesaran TUHAN)

Itulah arti kata Yadah dalam Bhs. Ibrani yang diterjemahkan dengan kata bersyukur dalam bahasa Indonesia, namun tidak mengurangi arti dan makna dari kata itu.

Seorang Kristen dituntut untuk selalu mengucap syukur, bahkan mengucap syukur dalam segala keadaan, karena itu merupakan kehendak Allah (1 Tes. 5:18). Kesadaran bahwa mengucap syukur merupakan kehendak Allah, maka seharusnya tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengucap syukur, baik dalam keadaan senang maupun dalam keadaan susah, sebab semuanya pasti akan berakhir indah pada waktunya.

Hampir semua orang Kirsten mengucap syukur pada saat-saat tertentu saja, tetapi ada juga yang sadar betapa pentingnya mengucap syukur, namun tidak tahu bagaimana mengucap syukur dengan baik dan benar, artinya bukan hanya sekedar ucapan saja.


Dalam Mazmur ini Daud mengajar kita bagaiamana mengucap syukur dengan benar di hadapan TUHAN.

Kata Ibrani תּוֹדָה - TODAH merupakan nomina (kata benda) dan berasal dari kata kerja (verba) יָדָה - YADAH :

יָדָה - YADAH, yod-dalet-he:

Definisi aktif: melempar, definisi konkrit: tangan,
Definisi abstrak: syukur, terima kasih.

Sesuai dengan bentuk aksara dari zaman kuno itu, kata יָדָה - YADAH memiliki tiga makna utama, melemparkan sesuatu, mengucap syukur, dan membuat pengakuan.


1. Kata יָדָה - YADAH dengan makna melemparkan sesuatu.


* Ratapan 3:53
LAI TB, Mereka melemparkan aku hidup-hidup dalam lobang, melontari (YADAH) aku dengan batu.
KJV, They have cut off my life in the dungeon, and cast a stone upon me.
Hebrew,
צָמְתוּ בַבֹּור חַיָּי וַיַּדּוּ־אֶבֶן בִּי׃
Translit, TSAMTU VABOR KHAYAY VAYADU (Verb, piel, imperfect, plural, 3mp)-'EVEN BI


2. Kata יָדָה - YADAH dengan makna mengucap syukur.

* Kejadian 29:35
LAI TB, Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sekali ini aku akan bersyukur (YADAH) kepada TUHAN." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Yehuda. Sesudah itu ia tidak melahirkan lagi.
KJV, And she conceived again, and bare a son: and she said, Now will I praise the LORD: therefore she called his name Judah; and left bearing.
Hebrew,
וַתַּהַר עֹוד וַתֵּלֶד בֵּן וַתֹּאמֶר הַפַּעַם אֹודֶה אֶת־יְהוָה עַל־כֵּן קָרְאָה שְׁמֹו יְהוּדָה וַתַּעֲמֹד מִלֶּדֶת׃
Translit, VATAHAR 'OD VATELED BEN VATOMER HAPA'AM 'ODEH (Verb, hif'il, imperfect, 1cs) 'ET-YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) 'AL-KEN QARAH SYEMO YEHUDAH VATA'AMOD MILEDET

Kata תודה - TODAH yang dibentuk dari kata ידה - YADAH memiliki empat makna utama, namun sebagian besar berhubungan dengan ucapan syukur.

1. membuat pengakuan kepada Allah;
2. ucapan syukur dalam puji-pujian terutama dalam ibadah;
3. ucapan syukur dalam paduan suara; dan
4. korban ucapan syukur



1. Kata תּוֹדָה - TODAH yang berarti membuat pengakuan kepada Allah, baik memuji Dia maupun mengakui dosa.

* Yosua 7:19
LAI TB, Berkatalah Yosua kepada Akhan: "Anakku, hormatilah TUHAN, Allah Israel, dan mengakulah (TODAH) di hadapan-Nya; katakanlah kepadaku apa yang kauperbuat, jangan sembunyikan kepadaku."
KJV, And Joshua said unto Achan, My son, give, I pray thee, glory to the LORD God of Israel, and make confession unto him; and tell me now what thou hast done; hide it not from me.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר יְהֹושֻׁעַ אֶל־עָכָן בְּנִי שִׂים־נָא כָבֹוד לַיהוָה אֱלֹהֵי יִשְׂרָאֵל וְתֶן־לֹו תֹודָה וְהַגֶּד־נָא לִי מֶה עָשִׂיתָ אַל־תְּכַחֵד מִמֶּנִּי׃
Translit, VAYOMER YEHOSYUA 'EL-'AKHAN BENI SIM-NA KHAVOD LAYEHOVAH (baca 'ADONAY) 'ELOHEY YISRA'EL VETEN-LO TODAH (Noun Fem. Sing.) VEHAGED-NA LI MEH 'ASITA 'AL-TEKHAKHED MIMENI


2. Kata תּוֹדָה - TODAH, yang berarti puji-pujian terutama dalam ibadah.

* Mazmur 26:7
LAI TB, sambil memperdengarkan nyanyian syukur (TODAH) dengan nyaring, dan menceritakan segala perbuatan-Mu yang ajaib.
KJV, That I may publish with the voice of thanksgiving, and tell of all thy wondrous works.
Hebrew,
לַשְׁמִעַ בְּקֹול תֹּודָה וּלְסַפֵּר כָּל־נִפְלְאֹותֶיךָ׃
Translit, LASYMI'A BEQOL TODAH (Noun Fem. Sing.) ULESAPER KOL-NIFLE'OTEYKHA


3. Kata תּוֹדָה - TODAH yang berarti ucapan syukur dalam paduan suara.

* Nehemia 12:31
LAI TB, Lalu aku mempersilakan para pemimpin orang Yehuda naik ke atas tembok dan kubentuk dua paduan suara (TODAH) yang besar. Yang satu berarak ke kanan di atas tembok ke jurusan pintu gerbang Sampah.
KJV, Then I brought up the princes of Judah upon the wall, and appointed two great companies of them that gave thanks, whereof one went on the right hand upon the wall toward the dung gate:
Hebrew,
וָאַעֲלֶה אֶת־שָׂרֵי יְהוּדָה מֵעַל לַחֹומָה וָאַעֲמִידָה שְׁתֵּי תֹודֹת גְּדֹולֹת וְתַהֲלֻכֹת לַיָּמִין מֵעַל לַחֹומָה לְשַׁעַר הָאַשְׁפֹּת׃
Translit, VA'A'ALEH 'ET-SAREY YEHUDAH ME'AL LAKHOMAH VA'A'AMIDAH SYETEY TODOT (Noun Fem. Sing.)GEDOLOT VETAHALUKHOT LAYAMIN ME'AL LAKHOMAH LESYA'AR HA'ASYPOT


4. Kata תּוֹדָה - TODAH yang berarti korban ucapan syukur.

* Amos 4:5
LAI TB, Bakarlah korban syukur (TODAH) dari roti yang beragi dan maklumkanlah persembahan-persembahan sukarela; siarkanlah itu! Sebab bukankah yang demikian kamu sukai, hai orang Israel?" demikianlah firman Tuhan ALLAH.
KJV, And offer a sacrifice of thanksgiving with leaven, and proclaim and publish the free offerings: for this liketh you, O ye children of Israel, saith the Lord GOD.
Hebrew,
וְקַטֵּר מֵחָמֵץ תֹּודָה וְקִרְאוּ נְדָבֹות הַשְׁמִיעוּ כִּי כֵן אֲהַבְתֶּם בְּנֵי יִשְׂרָאֵל נְאֻם אֲדֹנָי יְהוִה׃
Translit, VEQATER MEKHAMETS TODAH (Noun Fem. Sing.) VEKIRU NEDAVOT HASYEMI'U KI KHEN 'AHAVTEM BENEY YISRA'EL NE'UM 'ADONAY YEHOVIH (baca 'ELOHIM)

Orang-orang yang diberikan Kecapi Ucapan Syukur ini ada Korban, Orang ini melemparkan segala sesuatu nya, ia memainkan kecapi ucapan syukur disaat dia mengalami kejadian yang tidak enak.

Ada Janji Tuhan yang di genapi saat kecapi ucapan syukur dimainkan. Janji dan Cinta Tuhan dilambangkan dengan Mawar Pelangi.

Melalui KECAPI Ucapan Syukur ada nada-nada melodi yang dimainkan, menjadi tetesan demi tetesan memenuhi Cawan Ucapan Syukur kita. Amin

By His Grace
Joshua Ivan Sudrajat

Komentar

Postingan Populer