Senin, 13 November 2017

Bani Korah 1

Ps Victor Purnomo

Bani Korah ( Bagian 1 )

Ps Victor pergi k tempat Ps Benny Hinn. Belajar sesuatu. Ambil urapan jubah dan pembawa hadirat Tuhan yg kuat.

Yohanes 4:21-26  Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.
Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.
Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."
Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami."
Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau."

Yesus mengajar bnyk perkara yg dlm. Wanita itu seorang kafir tapi Yesus berasa dialam roh ada kerinduan kehausan dlm dirinya. Dan Yesus bisa crita bnyk dgn mereka.

Kenapa Yesus tdk crita dgn murid muridnya???
Passion dlm hati wanita itu yg menarik dan membuat Yesus bicara kpdnya. Passion itu membuat hati Tuhan senang dan akan bicara dgn mu,  sekalipun engkau tdk pny banyak. Keinginan hatinya begitu kuat itu yg membuat Tuhan senang.

Dimana murid murid??  Dia sedang cari roti. Mereka lapar,  sedangkan wanita itu berbicara kpd Yesus. Buat Yesus Dia cari yg bisa mengerti dan menangkap hatiNya. Wanita itu bisa menarik hati Tuhan.

Bnyk grja yg membuat Tuhan membosankan. Mari berdoa supaya hidup dan grja kita jng membosankan buat Tuhan. Itu yg menakutkan buat kita dan greja. Tuhan akan cari org org berdosa u berbicara dgnnya. Ada hati yg nyamber sehingga Tuhan suka. Tuhan akan sampaikan kepadanya begitu bnyk sangat dlm perkara dihati Yesus.

Dan wanita itu sadar dan berkata engkau Mesias ada pewahyuan yg dibukakan kpd wanita itu.  ( petrus dan org kafir yg berkata engkau Mesias)
Diroh nya nangkep kalau Dia Mesias. Dan dlm 2 hari itu ada kkr besar dikota sikhar karena wanita itu mengabarkan ada Mesias dikotanya. Dia hanya mencari kerinduan dan kehausan dlm hatimu.
Kerinduan ini yg Tuhan cari dan jng pernah surut dihati kita.

Ada satu bani dlm alkitab yaitu bani korah
Di menulis mazmur 42.

Mazmur 42:1-11 Untuk pemimpin biduan. Nyanyian pengajaran bani Korah. (42-2) Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah.
(42-3) Jiwaku haus kepada Allah, kepada Allah yang hidup. Bilakah aku boleh datang melihat Allah?
(42-4) Air mataku menjadi makananku siang dan malam, karena sepanjang hari orang berkata kepadaku: "Di mana Allahmu?"
(42-5) Inilah yang hendak kuingat, sementara jiwaku gundah gulana; bagaimana aku berjalan maju dalam kepadatan manusia, mendahului mereka melangkah ke rumah Allah dengan suara sorak-sorai dan nyanyian syukur, dalam keramaian orang-orang yang mengadakan perayaan.
(42-6) Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!
(42-7) Jiwaku tertekan dalam diriku, sebab itu aku teringat kepada-Mu dari tanah sungai Yordan dan pegunungan Hermon, dari gunung Mizar.
(42-8) Samudera raya berpanggil-panggilan dengan deru air terjun-Mu; segala gelora dan gelombang-Mu bergulung melingkupi aku.
(42-9) TUHAN memerintahkan kasih setia-Nya pada siang hari, dan pada malam hari aku menyanyikan nyanyian, suatu doa kepada Allah kehidupanku.
(42-10) Aku berkata kepada Allah, gunung batuku: "Mengapa Engkau melupakan aku? Mengapa aku harus hidup berkabung di bawah impitan musuh?"
(42-11) Seperti tikaman maut ke dalam tulangku lawanku mencela aku, sambil berkata kepadaku sepanjang hari: "Di mana Allahmu?"
(42-12) Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!

Isinya ttg kondisi yg berat ketakutan gelisah yg sedang dihadapi.
Korah itu org pemberontak yg menentang musa.

Waktu keputusan itu diambil anak anak korah memilih untuk berdiri dgn musa. Dan mereka memisahkan diri dari orang tuanya. Anak anak korah melihat bapaknya mati dgn cara yg mengerikan dan org israel berkata kaum pemberontak namun anak anaknya tetap hidup. Tapi ada stigma atau cap dlm hidupnya yaitu kelompok pemberontak. Sekalipun dia org org lewi. Ada sesuatu yg dlm yg sedang saling memanggil dari anak anak korah memanggil Tuhan. Dan tiba tiba didlm jiwa yg hancur yg remuk muncul sesuatu yg menarik hati Tuhan. Mereka bersahut sahutan deep call unto deep. Mereka ingin Tuhan seperti rusa yg merindukan sungai yg berair. Itu seperti engkau tdk peduli dgn baju kekayaan jabatan tapi engkau hanya ketemu air yaitu Yesus. Yg dari daging disingkirkan dan hanya ingin Tuhan. Itu sebabnya jadi org org yg hebat menaikan mazmur bagi Tuhan. Dari hati yg lapar dan haus akan Tuhan.

Mazmur korah
Maz 42 44 85 84 87 88

Klo engkau haus akan Tuhan maka cap mu sebagai pendosa dan pemberontak berubah jadi penyembah dan pembawa lawatan. Dia cari org yg inginkan hatinya.

Matius 10:5-6 Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria,
melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.

Yesus berkata dgn jelas kpd muridnya jng masuk kota samaria tapi Yesus melanggar dgn ketemu dgn wanita itu. Kenapa Yesus masuk,  dia break the law karena ada passion ( org yg mengingini Tuhan)  bahkan hukum Tuhan dia langgar karena ada passion. Wanita itu berhasil mengambil hati Yesus.

Hari hari ini kita mau kejar itu.

Lukas 10:25, 30-37  Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, katanya: "Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"
Jawab Yesus: "Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati.
Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan.
Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan.
Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.
Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.
Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.
Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?"
Jawab orang itu: "Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuatlah demikian!"

Samaria itu pny kasih pny passion hatinya baik. Mari pny kasih pny passion untuk mencintai dan mengasihi Tuhan dan sesama.

Tuhan memberkati.

Kotbah tgl 5 November 2017
Hendy F

Tidak ada komentar:

Posting Komentar