Deep Calls Unto Deep Fendy

JKI Hananeel
Minggu, 5 November 2017
Ps. Fendy Ongko


Hasil pembicaraan antara kedalaman dgn kedalaman akan membuahkan hasil. Contoh anda suka tentang burung maka jika ketemu org yg suka burung akan menghasilkan ntah itu pergi ke pasar burung atau perlombaan burung. Begitu juga kalau kita dengan Tuhan, kita mesti tau mood nya Tuhan, maka akan terjadi percakapan 2 arah - tek tokan dgn Tuhan.

Mazmur 42:7 Samudera raya berpanggil-panggilan dengan deru air terjun-Mu; segala gelora dan gelombang-Mu bergulung melingkupi aku. Inginkan yg besar dr Tuhan bkn yg kecil, kita hanyut dlm agenda nya Tuhan. Tenggelam kan aku dlm gelombang Mu.

Face To Face - ngobrol berhadapan muka, eye contact. Kejadian 32:24-31 Lalu tinggallah Yakub seorang diri. Dan seorang laki-laki bergulat dengan dia sampai fajar menyingsing. Ketika orang itu melihat, bahwa ia tidak dapat mengalahkannya, ia memukul sendi pangkal paha Yakub, sehingga sendi pangkal paha itu terpelecok, ketika ia bergulat dengan orang itu.Lalu kata orang itu: "Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing." Sahut Yakub: "Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku."Bertanyalah orang itu kepadanya: "Siapakah namamu?" Sahutnya: "Yakub." Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang."Bertanyalah Yakub: "Katakanlah juga namamu." Tetapi sahutnya: "Mengapa engkau menanyakan namaku?" Lalu diberkatinyalah Yakub di situ.Yakub menamai tempat itu Pniel, sebab katanya: "Aku telah melihat Allah berhadapan muka, tetapi nyawaku tertolong!"Lalu tampaklah kepadanya matahari terbit, ketika ia telah melewati Pniel; dan Yakub pincang karena pangkal pahanya. Arti kata Yakub : curang, menyerobot. Kenapa Tuhan tanya siapa nama Yakub? Krn ada true self, kepribadian. Sebenarnya respon Yakub ialah aku ini cheaters, suka menipu, ngakalin org. Tp Tuhan bilang namamu menjadi Israel. Perjumpaaan dgn Tuhan mengubah jati diri kita.

Pniel itu tempat kita ketemu Tuhan berurusan dgn jati diri kita dan hdp. Adam cari excuse, kain denial. Lukas 18:13 pemungut cukai ini mengakui kebobrokan diri nya / sadar dia org berdosa dan keluar hidup2 dr bait suci. Ketika Tuhan memberikan jati diri yg baru, tangkap itu, imanni dan akan jd sesuatu yg besar. Ingatkan diirmu akan jati diri yg baru.

Tertanam
Mazmur 1:1-3 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Yehezkiel 47:12 Pada kedua tepi sungai itu tumbuh bermacam-macam pohon buah-buahan, yang daunnya tidak layu dan buahnya tidak habis-habis; tiap bulan ada lagi buahnya yang baru, sebab pohon-pohon itu mendapat air dari tempat kudus itu. Buahnya menjadi makanan dan daunnya menjadi obat."

Yeremia 17:8 Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Dr kedua ayat ini kita melihat bahwa tumbuh kuat, daun nya lebat, daun nya menjadi obat. Semua menikmati. Bertumbuh berdaun berbuah dimulai dr tertanam. Hdp kita ketika mengalami dgn Tuhan, spt daun yg berfoto sintesa dgn matahari. Proses jika alami jd hijau maka akan jd hidup. Ketika kita tertanam di suatu gereja pastikan kita ini org bener / bukan org pencemooh / tempat gosip. Kuat dlm Bible teaching / kesukaan nya merenungkan siang dan malam.

Menjadi org yg mengandalkan Tuhan bukan manusia. Ketika ada masalah teriak ke Tuhan dulu, jgn wa ke org dulu. Yg benernya saya ada pergumulan, saya sdh berdoa, kira2 saya dpt ini bener apa ngak? Minta advice, konformasi.

Hidup kita harus kebawah. Siapa yg merendahkan diri maka akan semakin diangkat. Spt pohon korma, akar pohon nya semakin cari sumber air.

Amin

Komentar

Postingan Populer