SYARAT-SYARAT PENGANGKATAN

=SYARAT-SYARAT PENGANGKATAN BAGI MEMPELAI KRISTUS=
DR. IR Niko Njotorahardjo
(Gembala Pembina GBI Pusat Jakarta)


Untuk ikut pengangkatan itu tidak mudah, ada beberapa persyaratan yang harus Saudara lakukan agar Saudara ikut dalam pengangkatan.


1). MILIKILAH ROH YANG MENYALA - NYALA

Melalui kisah 5 gadis bodoh dan 5 gadis bijaksana.
Sepuluh Gadis ini semuanya adalah gambaran dari orang Kristen yang sedang menunggu kedatangan Tuhan.
Yang 5 gadis dibawa tetapi yang 5 gadis tidak di bawa, mengapa? karena 5 gadis bijaksana memiliki pelita yang tetap menyala, karena mereka memiliki persediaan minyak yang cukup.

Hari-hari ini kita harus cek diri kita masing-masing, apakah roh kita masih menyala-nyala kepada Tuhan?
Kalau roh kita sudah mulai tidak menyala, kita harus melakukan intropeksi diri: " Mengapa ya? " Mungkin ada dosa atau sakit hati yang belum diselesaikan, Saudara harus cepat menyelesaikannya supaya Roh Saudara kembali menyala-nyala. Usahakanlah Saudara tidak dalam kondisi yang demikian, karena kalau Tuhan datang dan Saudara belum bangkit, maka Saudara akan seperti 5 gadis bodoh yang ditinggal karena sedang membeli minyak.


2). MELIPAT GANDAKAN TALENTA

Seperti seorang tuan yang memanggil 3 hambanya, ada yang diberi 5 talenta, 2 talenta dan 1 talenta. Talenta-talenta seperti itu juga yang Tuhan berikan kepada kita. Talenta berbicara tentang kemampuan, waktu, sumber daya, kesempatan untuk melayani Tuhan di bumi ini. Jadi bukan masalah dia seorang pendeta/ diaken, tetapi melayani Tuhan selama masih ada kesempatan - waktu - uang yang Tuhan sudah berikan kepada kita. Masalahnya adalah talenta itu kita lipat gandakan atau hanya disimpan saja? Kalau hanya disimpan pasti dia tidak diangkat. Firman Tuhan katakan " Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi." (Mat 25:30)


3). MELAKUKAN KEHENDAK TUHAN

Tuhan Yesus berkata: "Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!" (Mat7:21-23).

Marilah hari-hari ini kita melakukan kehendak Bapa di sorga. Kehendak yang mana? Kehendak Bapa untuk zaman ini. Bagaimana cara kita mengetahui kehendak Bapa pada zaman ini? Melalui Alkitab, karena 22% isi dari Alkitab berbicara tentang petunjuk untuk melakukan kehendak Tuhan pada zaman ini."Dia akan datang segera untuk kali yang kedua!" Tuhan mau kita melakukan bagian kita, yaitu pelipatgandakan Kerajaan Allah di bumi, yaitu dengan pergi dan jadikan semua bangsa murid Tuhan, tanam gereja, pergi dan penuhi marketplace dengan prinsip-prinsip Kerajaan Allah.


4). MENJADI CALON MEMPELAI WANITA KRISTUS

Dia adalah mempelai Pria. Dia akan segera datang dan Dia minta kita untuk hidup intim dengan Dia. Kalau kita hidup intim dengan Dia, maka kita akan mempercayai apa yang dikatakan-Nya. Bagaimana kita bisa mempercayai akan janji Tuhan ini kalau kita tidak hidup intim dengan Tuhan. Realisasinya adalah kita hanya berharap dan hanya mengandalkan Tuhan saja.


5). MENJADI SEPERTI ANAK KECIL DI HADAPAN TUHAN

Mat 18:3-4 " Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga." Tuhan meminta kita untuk menjadi seperti anak kecil.

KARAKTER ANAK KECIL ADALAH :

a. SUKA MENANGIS

Kalau kita berada di dalam hadirat Tuhan maka kita akan sering menangis. Mzm 51:18-19 " Sebab Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan; sekiranya kupersembahkan korban bakaran, Engkau tidak menyukainya. Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah." Tuhan sangat menyenangi hati yang hancur, dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah." Tuhan sangat menyenangi hati yang hancur, seperti Daud berkata: " Tuhan, ampuni aku." Itu yang paling Tuhan senangi. Ini adalah persiapan untuk kita masuk dalam pengangkatan.


b. TIDAK MENDENDAM

Kalau Saudara melihat anak kecil yang sedang bermain kadang-kadang mereka berantem saling pukul dan menangis, tetapi tidak lama kemudian akan main dan akrab lagi. Tetapi kalau kita orang dewasa jangankan dipukul, mendengar satu kata yang tidak enak saja dia akan mendendam seumur hidup. Firman Tuhan berkata: "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan."


c. SANGAT PERCAYA KEPADA ORANG TUANYA

Gembala Pembina pernah melihat sebuah peristiwa kebakaran; banyak orang yang kebingungan pada saat kebakaran itu. Ada seorang bapak menggendong sesuatu yang ditutupi selimut, keluar dari rumah yang terbakar itu. Setelah keluar, ternyata yang digendong itu adalah seorang anak kecil, dan anaknya itu hanya tertawa-tawa di tengah-tengah kobaran api, padahal bapaknya sudah ngos-ngosan. Anak itu sangat percaya kepada bapaknya. Kita memiliki Bapa yang luar biasa, Dia pencipta langit dan bumi.


d. TAAT KEPADA ORANG TUANYA

Tidak ada orang tua yang menngajarkan sesuatu kepada anaknya yang masih berumur 1 1/2 tahun dengan menjelaskan berbagai alasannya. Biasanya orang tua hanya menyuruh ini dan itu tanpa menjelaskan alasannya. Setelah anak itu dewasa baru dijelaskan alasannya. Bapa di sorga pun demikian, Dia banyak menyuruh kita tanpa menjelaskan alasannya. Bagian kita yang diperlukan adalah '' taat ''. Pada saat kita taat maka Tuhan akan memberikan pengertiannya. Kalau Tuhan mengatakan sesuatu biasanya pikiran kita langsung mencerna " logis / tidak ". Kita jangan mencerna pikiran Tuhan, otak kita hanya sebesar bakpao. Bayangkan otak kita yang hanya sebesar bakpao mau mencerna otak-Nya Pencipta langit dan bumi, yang berkata: " Langit adalah takhta-KU dan bumi adalah tumpuan kaki-KU.." ( Yesaya 66 : 1 ).

Tuhan itu besar pikiran-Nya luas - lebar - panjang tidak bisa dicerna. Bagaimana otak kita bisa mencoba mencerna pikiran Tuhan, tidak bisa. Apa yang harus kita lakukan? Hanya taat, karena percaya dan ‘jalan’. Tuhan tidak akan membawa kita masuk '' jurang ''. Biarlah hari-hari ini kita berkata ''Tuhan aku mau taat, meskipun itu tidak masuk akal, tetapi aku mau taat karena aku percaya bahwa Engkau adalah Bapaku.’ Amin

Shalom and God Bless you All

=================================================

PERINGATAN TENTANG HARI PENGANGKATAN
(A WARNING ABOUT THE RAPTURE)


JANGAN SUAM2 KUKU DAN TERTIDUR!

Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku

Yohanes 14 : 3
Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.

Matius 24 : 33, 36
Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu.
Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri."


I). Pertama, Alkitab menjelaskan kepada kita bahwa orang-orang Kristen sejati akan diangkat, diangkat menyongsong Kristus di angkasa.

1 Tesalonika 4 : 16 - 17
Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.


II). Kedua, Alkitab menjelaskan kepada kita bahwa Rapture [hari pengangkatan] akan terjadi dalam sekejab, dalam sekejab mata.

1 Korintus 15 : 51 - 54
Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah,
dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.
Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati.
Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: "Maut telah ditelan dalam kemenangan."


1 Yohanes 3 : 2
Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.


Ayub 19 : 25 - 27
Tetapi aku tahu: Penebusku hidup, dan akhirnya Ia akan bangkit di atas debu.
Juga sesudah kulit tubuhku sangat rusak, tanpa dagingku pun aku akan melihat Allah,
yang aku sendiri akan melihat memihak kepadaku; mataku sendiri menyaksikan-Nya dan bukan orang lain. Hati sanubariku merana karena rindu.


III). Ketiga, Alkitab memperingkatkan kepada kita agar tidak kehilangan Rapture [hari pengangkatan],

Lukas 17 : 34 - 36
Aku berkata kepadamu: Pada malam itu ada dua orang di atas satu tempat tidur, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.

Ada dua orang perempuan bersama-sama mengilang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan."
[Kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.]

Matius 24 : 40 - 41
Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan;
kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain.

Amin

Komentar

Postingan Populer