Sabtu, 12 Mei 2018

BERKILAU

12 Mei

Berkilau

Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu, bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Sebab jika tidak demikian, kamu tidak tahan uji.
(II Korintus 13:5)

Lihatlah sekitar anda, atau lihat diri anda sendiri. Mungkin akan terlihat perbatu atau batu mulia lainnya yang begitu berkilau. Jika sudah dikenakan orang, tampak begitu anggun dan eksklusif bukan. Tetapi bagaimana dengan proses yang harus dilewatinya? Oh seandainya batu mulia itu bisa berteriak, pasti aduh dan keluhnya pun sudah habis. Dan tiap proses itu tidak menjamin dia akan jadi luar biasa. Besarnya potongan, guratannya, bentuknya, cahayanya dsb, ternyata begitu beragam. Sehingga saat dijual ada yang mahal dan ada yang tidak terlihat mahal. Tetapi bagaimana pun, dia disebut batu mulia. Ada lagi benda yang mirip, buatan manusia. Teknologi membuat manusia bisa 'meniru' bentuknya. Batu 'masakan' atau 'imitasi' juga berkilau. Tetapi bukan batu mulia.

Saudara kekristenan kita juga demikian. Kalau kita sekedar ingin berkilau, tanpa proses panjang yang menyakitkan, ternyata bisa. Tapi nilai dan harganya jelas berbeda. Ingin berkilau? Tapi yang mana?

(Disalin Dari Renungan Harian "Dari Hati Sang Raja" by Pdt. Petrus Agung Purnomo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar