Sabtu, 12 Mei 2018

PEMULIHAN SEGALA SESUATU

PEMULIHAN SEGALA SESUATU

*Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu.*
*(Kisah Para Rasul 3:21)*

*Pengertian Pemulihan*
Dalam Perjanjian Lama, Pemulihan atau *Restoration° berasal dari kata *Shalam yang artinya adalah mengembalikan yang tercuri atau membentuk kembali. (Yoel 2:25)*
Dalam Perjanjian Baru, Pemulihan adalah *Apokathistemai* yang artinya membentuk kembali seperti awal, semula, atau yang seharusnya.
Jadi Pemulihan adalah: Pengembalian ke posisi semula dengan memperbaharui atau mengembalikan sesuatu yang sudah diambil atau hilang.

*2. Apa Yang Perlu Dipulihkan*
Begitu banyak orang sudah terbiasa hidup dalam belenggu dan topeng-topeng rohani yang mengerikan, sehingga merasa bahwa tidak memerlukan perubahan dan pemulihah.

Segala sesuatu. Segala sesuatu yang  terhilang atau tercuri. Pemulihan berarti penyusunan kembali. Elia akan datang untuk memulihkan segala sesuatu.

Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu, termasuk pemulihan hati Bapa (Mal. 4:6).

*3. Langkah-langkah Pemulihan*

Pertobatan yang sungguh-sungguh dalam Tuhan Yoel 2:25-27

*Berkatnya adalah:*

*Mata Pencahariannya diberkati (ay 25)*

“Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap dan belalang pengerip, tentaraKu yang besar yang Kukirim ke antara kamu.

*Menikmati berkat Tuhan / Ada kepuasan (ay 26)*

Maka kamu akan makan banyak-banyak dan menjadi kenyang, dan kamu akan memuji-muji nama Tuhan, Allahmu, yang telah memperlakukan kamu dengan ajaib, dan umatKu tidak akan menjadi malu lagi untuk selama-lamanya.

*Mengenal Allah dan Tidak dipermalukan (ay 27)*

“ Kamu akan mengetahui bahwa Aku ini ada diantara orang Israel, dan bahwa Aku ini, Tuhan, adalah Allahmu dan tidak ada yang lain; dan umatKu tidak akan menjadi malu lagi untuk selama-lamanya“.

*Semakin menguatkan kepercayaan kita kepada Tuhan 1 Samuel 30:1-6,
Masalah-masalah yang dihadapi Daud:*

*Daud dalam keadaan terjepit (banyak masalah)*

Kehilangan Isteri dan anak-anaknya
Hendak dilempari oleh orang Israel
Sekalipun demikian Tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN, Allahnya. (ay 6 c)

*Penutup:*

*Yesus sanggup memulihkan apa saja yang telah rusak.*

Ilustrasi Pelaut:
“Seorang Pelaut yang kesukaannya menjelajah negara-negara. Setiap ia mengunjungi negara ia memberi tanda mana-mana saja daerah yang sudah dikunjungi. Tetapi belum sempat semua negara yang dia kunjungi, ia pun meninggal. Tempat-tempat di mana belum pernah dikunjungi, dia kasih tanda begini: di sini ada raksasa, tempat yang lain ditulis di sini ada banyak binatang buas, jadi berdasarkan pengalaman tempat-tempat yang sudah pernah dikunjungi, dan tempat lagi yang lain ditulis di sini ada banyak ular berbisa, di sini ada banyak kalajengking. Dan peta itu (buatan tahun 1525) dipamerkan, lalu pada awal tahun 1800 peta itu dibeli oleh seorang pelaut Kristen namanya John Franklin. Dan pada waktu peta ini pindah tangan kepada Pak John Franklin sebagai seorang pelaut, dan dia juga mau menjalani perjalanan-perjalanan, dia lihat dan dia kaget waktu dia membuka peta dari pelaut yang pertama dengan tanda-tanda yang menyeramkan, ada raksasa, ada ular berbisa, ada binatang buas, ada kalajengking. Yang dilakukan oleh Pak John Franklin sebagai seorang pelaut Kristen, dia mengambil spidol, dan dia mencoret semua tanda-tanda yang menyeramkan. Dan dia ganti dengan kata-kata: di sini ada Tuhan, di sini ada Tuhan, di sini ada Tuhan, di sini ada Tuhan.
Hikmatnya: Bagaimana pun suramnya masa lalumu, percayalah Tuhan sanggup memulihkan keadaanmu, dan mulailah berkata DI DALAM RUMAH TANGGAKU, DI DALAM STUDIKU, DI DALAM PEKERJAANKU ada TUHAN YESUS.

*TUHAN YESUS MEMBERKATI*

Daftar Pustaka : Alkitab
Joshua Ivan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar