Rabu, 02 Mei 2018

JADIKAN YESUS SEBAGAI TUHAN

JADIKAN YESUS SEBAGAI TUHAN
Ev. Indriati Tjipto W


Mazmur 16:2 (MSG)
I say to God, “Be my Lord!” Without You, nothing makes sense.

Mazmur 16:2 Terjemahan Bebas
Aku berseru kepada Tuhan: “Jadilah Tuhan bagiku!” TanpaMu, tidak ada yg masuk akal.

Kata “Dia sebagai Tuhan”, artinya ada dua macam:

1. Artinya Tuhan yg memberi instruksi setiap hari utk kita melakukan apapun secara detail.
2. Dia adalah Tuhan melakukan yg manusia tdk bisa lakukan, beyond human

Waktu kita berseru: “Jadilah Tuhan!” artinya kita berkata: Tuhan silahkan lakukan sesuatu yg tdk mungkin, silahkan buat keajaiban, silahkan ciptakan yg dari tidak ada menjadi ada, silahkan lakukan apa saja karena jadilah Tuhan.

Mungkin kita pernah minta Tuhan peluk, Tuhan jamah hidupku, Tuhan berkati dan semua itu yg kita minta Tuhan sebagai Bapa. Tapi waktu kita minta Dia jadi Tuhan, maka apapun yg Dia katakan pasti jadi dan Tuhan hanya minta bagian kita cukup berkata: “Yes Sir”, sepakat dengan Dia.

Seringkali kita dalam “mencoba membantu Tuhan”, tapi kalau kita percaya Dia adalah Tuhan dan biarkan Dia lakukan dengan caraNya, biarkan Tuhan menunjukan siapa DiriNya, kalau Dia mau merendahkan atau mengangkat, kalau Dia mau lakukan sesuatu yg tidak make sense, yg menurut kita di luar kesopanan… Biarkan, karena Tuhan punya cara, Tuhan punya hak dan wewenang.

Biarkan Dia jadi Tuhan, dan hari ini ayatnya berkata: “Without You, nothing makes sense”…

Apapun di luar Tuhan tidak make sense, tidak masuk akal. Seringkali kita berkata ini tidak mungkin, ini tidak make sense, tapi di dalam Tuhan tetap apapun jadi mungkin, kita berkata ini tidak ada, tapi di dalam Tuhan pasti ada.
Bayangkan bersama Tuhan semua jadi make sense, apapun yg baik sekalipun, kalau di luar Tuhan justru itu tidak make sense. Banyak orang berkata: “Itu susah… Itu tidak mungkin, Tuhan” saat Tuhan suruh anak-anakNya lakukan sesuatu yang sukar. Tapi justru melakukan apapun tapi di luar Tuhan, JUSTRU ITU TIDAK MAKE SENSE.

Jangan coba bantu Tuhan tapi mari taati Tuhan, karena sering kita bantu Tuhan dan sejujurnya itu merepotkan Tuhan. Karena cara kita yg salah. Tapi kalau taat itu artinya kita bantu Tuhan, karena buah ketaatan itu menjadikan Dia Tuhan yg berdaulat.

Psalm 16:3 MSG
“And these God-chosen lives all around-what splendid friends they make!”

Psalm 16:3 Terjemahan Bebas
“Dan jiwa-jiwa yg Tuhan telah pilih/tetapkan utk ada di sekitarku, mereka adalah teman-teman yg luar biasa!”

Saya berdoa, seberapa cacat saudaramu, dia tetap saudaramu. Seringkali kita berfikir: Saya tidak mampu buat apa-apa…

Tapi Tuhan berkata siapapun yg ditempatkan di sekeliling kita itu semua org-org luar biasa. Mari kita pilih utk gandengan tangan, kita tdk pilih menghakimi, kita tdk pilih bersaing, tapi pilih satukan hati, gandengan tangan sampai cawan itu penuh dan semuanya jadi.

Psalm 16:5 MSG
“My choice is You, God, first and only. And now I find I’m Your Choice!”

Psalm 16:5 Terjemahan Bebas
“Pilihanku adalah Engkau ya Tuhan, pilihan pertama dan satu-satunya. Dan sekarang aku dapati bahwa aku adalah pilihanMu”

Kita harus buat pilihan. Ya, keselamatan itu dari Tuhan, dan Dia buka itu utk semua org utk pilih keselamatan atau jalan yg lain. Tapi keselamatan itu pilihan semua orang, dan kalau kita pilih masuk dan terima keselamatan kita harus jadi orang yang BERKETETAPAN HATI.

Org-org yg berkata “My choice is You, first and only”, artinya kita memilih Tuhan jadi nomor 1, Tuhan jadi satu-satunya jalan, satu-satunya yg kita percaya, yg kita dahulukan. Itu dibangun day by day, seberapapun dan apapun yg terjadi di hidup saya, saya pilih berketetapan first, and only Tuhan yg selalu jadi pilihanku.

Org yg berketetapan memilih, mencintai dan memakai cara Tuhan akan mengusir jauh semua kegelapan, suara-suara yg bukan dari Tuhan. Tapi org yg diam dan ragu-ragu, yg biarkan dirinya kecewa karena memakai caranya, pelan-pelan akan disentuh oleh bayang-bayang kejahatan dan semua akan sia-sia dan habis.

Saudara, Tuhan berkata buat hari ini kita berketetapan, jadilah Tuhan buat hidupku, jadilah kehendakMu, jadilah keajaibanMu, ijinkan Dia lakukan apapun, lakukan keajaibanNya karena apapun di dalam Dia make sense.

Mari pilih Tuhan, saya pilih Tuhan daripada marah, saya pilih Tuhan dari setiap keletihan yg ada, saya pilih Tuhan daripada mutung-mutung ga jelas, first and only artinya saya tidak pilih jalan manusia, saya pilih Tuhan dan keajaibanNya.
Seberapapun apapun harganya, first and only.

Psalm 16:9 MSG
“I’m happy from the inside out, and from the outside in, I’m firmly formed”

Psalm 16:9 Mazmur 16 MSG (bagian 3)

Saudara, Tuhan berkata buat hari ini kita berketetapan, jadilah Tuhan buat hidupku, jadilah kehendakMu, jadilah keajaibanMu, ijinkan Dia lakukan apapun, lakukan keajaibanNya karena apapun di dalam Dia make sense.

Mari pilih Tuhan, saya pilih Tuhan daripada marah, saya pilih Tuhan dari setiap keletihan yg ada, saya pilih Tuhan daripada mutung-mutung ga jelas, first and only artinya saya tidak pilih jalan manusia, saya pilih Tuhan dan keajaibanNya.
Seberapapun apapun harganya, first and only.

Psalm 16:9 MSG
“I’m happy from the inside out, and from the outside in, I’m firmly formed”

Psalm 16:9 Terjemahan Bebas
“Aku bahagia dari dalam dan luar, dan dari luar ke dalam aku dibentuk dengan kokoh dan pasti”

Hari ini coba berkata: “Tuhan, mari bentuk aku, dan buat aku punya sukacita dari dalam ke luar dan dari luar ke dalam”.

Banyak org tdk bisa sukacita di dalam dan di luar saat proses Tuhan yg tidak menyenangkan itu datang. Sukacita yg lahir dari dalam saat kita melakukan apapun dengan senyum, menyanyi dan berdoa itu adalah sukacita yg keluar dari dalam.

Tapi biarkan Tuhan membentuk kita, tidak ada pembentukan yg membuat kita merasa enak dan nyaman. Tidak ada yg bisa ‘firm’ kalau Dia tidak dipatok dan dipukul kita kuat ke dalam utk menjadikan kita sebuah pondasi yg ‘firm’, yg kokoh, yg kuat berdiri. Biarkan kita punya pondasi yg kuat, karena kita akan banyak bertemu batu karang, ini yg akan membuat kita bisa bertahan kalau kita ‘firm’, berdiri dengan kuat dan kokoh.

Rewrite Joshua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar