KUASA TUHAN TIDAK TERBATAS

NAZARETH
KUASA TUHAN TIDAK TERBATAS
Pdt Lukas Yoesianto
Selasa, 1 Mei 2018
Ecclesia Sion

Matius 13:53-58 (TB)  Setelah Yesus selesai menceriterakan perumpamaan-perumpamaan itu, Ia pun pergi dari situ.
Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: "Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu?
Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?
Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?"
Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya."
Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ.

Pada awal kedatanganNya kembali ke Nazaret, Ia membuat banyak orang takjub akan pengajaranNya di rumah ibadat. Namun orang-orang Nazaret mulai mempertanyakan siapa Yesus. Dia hanya seorang tukang kayu dan anak Maria tetangga mereka sendiri. Mereka juga barang kali ingat bahwa Maria mengandung ketika masih bertunangan dengan Yusuf. Yesus jangan-jangan anak dari hasil hubungan terlarang, pikir mereka. Dari benih keraguan, ketidak percayaanpun merebak (ayat 6). Yesus sendiri heran bahwa Ia tidak dapat mengadakan mujizat apapun di kota tersebut.

Kegagalan ini telah lama menimbulkan perdebatan di antara banyak orang. Apakah kekuatan Allah yang nyata melalui Tuhan Yesus dapat gagal? Apakah kekuatan Allah kalah oleh ketidak percayaan orang-orang di Nazaret?

Berkebalikan dari kegagalan Yesus mengerjakan mujizat di Nazaret, murid-muridNya, “mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka” (ayat 13). Mereka mampu mengerjakan banyak mujizat. Tentulah kalau kita perhatikan ayat 10-11, kita temukan bahwa para murid hanya bekerja di daerah yang menerima mereka. Daerah-daerah yang menolak mereka boleh mereka tinggalkan saja. Jadi mereka tidak perlu menghadapi ketidakpercayaan dari orang banyak, seperti yang dihadapi Yesus di Nazaret.

=MUJIZAT DI SAMARIA=

Yohanes 4

Pada Jaman Dulu Orang-orang Yahudi tidak mau bergaul dengan Penduduk Samaria, Penduduk Samaria adalah Penduduk kelas dua, mereka disisihkan dari Bangsa Yahudi.

Perempuan ini adalah seorang Samaria, ras orang yang benar-benar dibenci oleh bangsa Yahudi dan dipandang tidak layak bagi Allah, ia adalah seorang perempuan yang dikucilkan dan dipandang rendah bahkan oleh bangsanya sendiri. Hal ini dibuktikan oleh fakta bahwa perempuan ini datang sendirian untuk menimba air dari sumur umum, padahal ketika itu pada zaman Alkitab, menimba air dan mengobrol di sumur adalah titik puncak bersosialisasi bagi para perempuan  di hari itu. Namun, perempuan Samaria ini dikucilkan karena dianggap tidak bermoral, seorang perempuan yang belum menikah tetapi secara terang-terangan hidup bersama dengan enam lelaki berturut-turut.

Kisah perempuan Samaria di sumur ini mengajarkan kepada kita bahwa Allah mengasihi kita terlepas dari kehidupan kita yang maksiat sekalipun. Allah benar-benar berhargai kita hingga Ia secara aktif mencari kita, untuk menyambut kita ke dalam persekutuan yang dekat dengan-Nya, dan agar kita bersukacita dalam ibadah kita kepada-Nya. Sebagai hasil dari percakapannya dengan Yesus,  hanya perempuan Samaria ini, seorang yang dikucilkan oleh bangsanya sendiri, yang dapat mengerti betapa berartinya untuk diinginkan dan dikasihi ketika tak ada seorang pun, bahkan tidak pula dirinya sendiri, dapat melihat nilai apapun dalam dirinya - ini sungguh-sungguh adalah anugerah Tuhan.

Tuhan Yesus tinggal beberapa hari di Samaria dan Mujizat terjadi di Samaria.

MUJIZAT YERIKHO

Markus 10:46
Lalu tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Yerikho. Dan ketika Yesus keluar dari Yerikho, bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan orang banyak yang berbondong-bondong, ada seorang pengemis yang buta, bernama Bartimeus, anak Timeus, duduk di pinggir jalan.

Lukas 19:1-4 (TB)  Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu.
Di situ ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya.
Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek.
Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ.

Lukas 8:43-44 (TB)  Adalah seorang perempuan yang sudah dua belas tahun menderita pendarahan dan yang tidak berhasil disembuhkan oleh siapa pun.
Ia maju mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jumbai jubah-Nya, dan seketika itu juga berhentilah pendarahannya.

TUHAN KITA ADALAH TUHAN YANG MEMPUNYAI KUASA YANG TIDAK TERBATAS.

YERIKHO ADALAH KOTA YANG TERKUAT YANG DIRUNTUHKAN, RERUNTUHAN ITU DIBIARKAN SAMPAI SEKARANG TIDAK DIBANGUN.

YESUS BANYAK MELAKUKAN MUJIZAT DI Yerikho.

KUASA TUHAN YESUS MEMGALIR TANPA BATAS DI YERIKHO, BARTIMEUS DISEMBUHKAN DARI BUTANYA, ZAKHEUS MELIHAT YESUS DAN MENERIMA YESUS DI RUMAH NYA, PEREMPUAN SAKIT PENDARAHAN DISEMBUHKAN DARI SAKIT PENDARAHAN DENGAN MENJAMAH UJUNG JUBAH YESUS.

MUJIZAT TUHAN TIDAK TERJADI DALAM HIDUP KITA KARENA KITA MEMBATASI KUASA TUHAN BEKERJA DALAM HIDUP KITA.

SEMUA MASALAH YANG KITA HADAPI HADAPKAN KE TUHAN SEMUA MASALAH KITA.

ANAK PANAH KEMENANGAN

2 Raja-raja 13:15-19 (TB)  Berkatalah Elisa kepadanya: "Ambillah busur dan anak-anak panah!" Lalu diambillah busur dan anak-anak panah.
Berkatalah ia kepada raja Israel: "Tariklah busurmu!" Lalu ia menarik busurnya, tetapi Elisa menaruh tangannya di atas tangan raja,
serta berkata: "Bukalah jendela yang di sebelah timur!" Dan ketika dibukanya, berkatalah Elisa: "Panahlah!" Lalu dipanahnya. Kemudian berkatalah Elisa: "Itulah anak panah kemenangan dari pada TUHAN, anak panah kemenangan terhadap Aram. Engkau akan mengalahkan Aram di Afek sampai habis lenyap."
Sesudah itu berkatalah ia: "Ambillah anak-anak panah itu!" Lalu diambilnya. Setelah diambilnya, berkatalah Elisa kepada raja Israel: "Pukulkanlah itu ke tanah!" Lalu dipukulkannya tiga kali, kemudian ia berhenti.
Tetapi gusarlah abdi Allah itu kepadanya serta berkata: "Seharusnya engkau memukul lima atau enam kali! Dengan berbuat demikian engkau akan memukul Aram sampai habis lenyap. Tetapi sekarang, hanya tiga kali saja engkau akan memukul Aram."

Nabi Elisa menyuruh kepada Raja Yoas memukulkan anak panahnya ke tanah. Namun Yoas hanya memukulkan anak panah ke tanah hanya sebanyak tiga kali.

Tuhan adalah Maha Pemberi, Dia memberikan Berkat kepada kita, jika ada orang yang memberi kita jangan tolak pemberiannya.

Yang MEMBATASI Yesus BEKERJA adalah KEKUATIRAN DAN KETIDAKPERCAYAAN KITA SEHINGGA MUJIZAT TIDAK TERJADI.

BUKA MULUT MU LEBAR-LEBAR

Mazmur 81:10-11 (TB)  (81-11) Akulah TUHAN, Allahmu, yang menuntun engkau keluar dari tanah Mesir: bukalah mulutmu lebar-lebar, maka Aku akan membuatnya penuh.
(81-12) Tetapi umat-Ku tidak mendengarkan suara-Ku, dan Israel tidak suka kepada-Ku.

TIPE TUHAN YANG KITA SEMBAH ADALAH TUHAN YANG MEMBERKATI KITA DENGAN LIMPAHNYA.

TUHAN KATAKAN BUKA MULUT MU LEBAR-LEBAR ARTINYA TUHAN AKAN MEMBERKATI KITA.

MINTALAH
Yohanes 16:23-24 (TB)  Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku.
Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

TUHAN KATAKAN MINTALAH PADAKU..

Tuhan Memberkati
Joshua Ivan

Komentar

Postingan Populer